J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ngeri! 10 Malware Mengerikan Ini Pernah Mengguncang Dunia

Minggu, 16 Jul 2017, 13:30 WIB
Kali ini Jaka akan membahas beberapa ransomware berbahaya yang sempat membuat dunia geger dari waktu ke waktu. Berikut ini ulasannya.

Ransomware merupakan salah satu bentuk malware yang dibuat dan disebarkan dengan tujuan untuk mengunci atau merusak data pengguna komputer kemudian si penyebar tersebut akan memeras pengguna yang datanya terkunci atau rusak tersebut. Masalah ransomware ini sebenarnya merupakan masalah klasik, namun kembali muncul ke permukaan beberapa waktu belakangan ini semenjak rentetan serangan ransonware yang makin lama makin memprihatinkan.

Berkaitan dengan masalah ransomware, kali ini Jaka akan membahas beberapa ransomware berbahaya yang sempat membuat dunia geger dari waktu ke waktu untuk menyadarkan kalian betapa berbahayanya ransomware itu sendiri. Nah, apa saja ransomware berbahaya yang pernah menggegerkan dunia? Berikut ini ulasannya.

BACA JUGA
  • 5 Tools Anti Ransomware Terbaik Buat Cegah Malware di Komputer
  • Wajib Instal! Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Melawan Ransomware Di Komputermu
  • Ngeri-ngeri Sedap, Malware Ini Nyebar Lewat Instagram Artis!

Ngeri! 10 Malware Mengerikan Ini Pernah Mengguncang Dunia

1. Golden Eye

222763fc76f308e434d6be3dc37f3b7f
Foto: malwarebytes.com

Golden Eye merupakan ransomware terbaru hingga saat ini yang diketahui menyerang berbagai bank, perusahaan besar, bahkan bandara di Kiev pada akhir Juni lalu. Ransomware yang diduga merupakan gabungan dari dua ransomware berbahaya lainnya yaitu Petya dan Mischa ini diketahui mampu membuat seluruh sistem komputer yang terinfeksi tidak dapat melakukan booting sehingga penggunanya tidak dapat mengambil data apa pun dari komputer tersebut.

2. Locky

E7a517082f6e249d71b4bec86d546f73
Foto: malwarebytes.com

Locky dikenal sebagai salah satu ransomware paling jahat sepanjang sejarah karena selain melakukan enkripsi pada berbagai jenis data, ransomware yang satu ini juga melakukan enkripsi pada BitCoin Wallet korban serta file VSS sistem operasi Windows korban untuk mencegah korban melakukan system restore.

3. Petya

1015e754f422706835f58fb988b801c3
Foto: malwarebytes.com

Petya merupakan salah satu ransomware yang paling meresahkan saat ini bagi para pengguna komputer di seluruh dunia. Jika ransomware umumnya menargetkan file untuk dienkripsi, ransomware yang satu ini justru menargetkan sistem komputer pengguna dan dapat menyebabkan blue screen secara terus-menerus pada komputer tersebut jika ransomware ini berhasil mengganti file Master Boot Record (MBR) komputer kalian.

4. HydraCrypt

6d81a6f49757a308d899580b953b9dc8
Foto: malwaretips.com

HydraCrypt merupakan salah satu ransomware yang sempat menjadi perbincangan tahun lalu karena ransomware ini dianggap benar-benar memeras korbannya. Tidak hanya mengenkripsi file kalian, ransomware ini juga memberikan sejumlah ancaman, seperti akan menjual data kalian ke pasar gelap dan menghancurkan satu-satunya kunci dekripsi untuk kalian jika tidak membayar dalam waktu 3 hari. Untungnya, ransomware ini berhasil ditumbangkan oleh seorang ahli bernama Fabian Wosar.

5. Cerber

Fcfef2f6275a98f17e9bd51e2c4ac59e
Foto: malwarebytes.com

Cerber dikenal sebagai ransomware yang cukup cerdas karena ransomware yang satu ini berpura-pura sebagai sebuah layanan aplikasi. Ketika komputer kalian sudah terinfeksi, file yang ada di komputer kalian akan dienkripsi, ditambah dengan munculnya sejumlah peringatan palsu seolah peringatan tersebut berasal dari sistem operasi kalian serta reboot berulang kali.

6. WannaCry

Fd02bf9d405863da4024311bda3641ef
Foto: securelist.com

WannaCry merupakan ransomare yang sempat menyerang seluruh dunia beberapa waktu lalu dan akibat diberitakan terus-menerus ransomware ini pun semakin terkenal. Ransomware ini merupakan ransomware yang dibuat berdasarkan aplikasi hacking NSA yang disebut Eternal Blue. Yang membuat ransomware ini berbahaya adalah karena seringnya ransomware ini menyerang perusahaan-perusahaan besar dan mengenkripsi data perusahaan-perusahaan tersebut sehingga berpotensi menyebabkan gangguan operasional secara global (salah satunya ketika ransomware ini menyerang sistem rumah sakit).

Tentu saja untuk bisa mengakses kembali file yang sudah terenkripsi, ransomware ini mematok harga US$300 dengan jangka waktu pembayaran 3 hari.

7. RAA

A5d6869f0193d54906d2b79021514d46
Foto: softpedia.com

RAA merupakan sebuah ransomwre yang dibuat dengan menggunakan kode javascript dan menyebar dalam format .js. Ransomware ini sendiri memiliki tujuan untuk mengejar berbagai informasi penting dari pengguna dengan menggunakan pencuri password bernama Pony. Sama seperti Locky, ransomware ini juga akan menghapus file VSS sistem operasi kalian untuk mencegah kalian menggunakan system restore.

8. Crysis

201890904262083ed9dd16ec2f3edd57
Foto: spywaretechs.com

Ransomware yang pertama kali terdeteksi tahun 2016 ini merupakan ransomware yang tergolong ganas karena selain melakukan enkripsi pada file-file yang biasa kita gunakan. Crysis juga akan melakukan enkripsi pada file sistem komputer korbannya tanpa pandang bulu. Selain itu, ransoware ini juga akan terus berusaha mengambil hak akses tertinggi dari kalian serta menargetkan mesin virtual VMWare.

9. CryptoLocker

31beb0cadab5594c693483ebe400b07b
Foto: techworm.net

CryptoLocker merupakan ransomware yang terlibat dalam serangan cyber yang terjadi pada 2013 hingga 2014. Sama seperti WannaCry, ransomware ini akan mengenkripsi file korban dengan enkripsi RSA dan meminta sejumlah uang untuk ditukar dengan kunci dekripsinya. Jika korban tidak mau membayar sesuai jangka waktu yang ditentukan, ransomware ini akan mengarahkan kalian ke operator penyebar malware tersebut untuk mendapatkan kunci dekripsi. Tentu saja pilihan kedua ini lebih berbahaya karena bisa saja operator tersebut justru melakukan sesuatu yang lebih buruk.

10. ZCrypt

D43d6b7402cc73152eded5673a4b3d19
Foto: trendmicro.com

ZCrypt merupakan malware yang mampu menyebarkan dirinya sendiri layak virus alias tidak memerlukan pemicu seperti mouseover atau klik. Malware yang satu ini terbilang cerdas karena mampu mendeteksi file-file penting di komputer kalian untuk langsung dienkripsi. Jika ingin file tersebut kembali bisa diakses, pengguna punya waktu 4 hari untuk membayar. Ketika sebuah komputer terinfeksi, ransomware ini hanya perlu waktu kurang dari 5 menit untuk mengunci file-file penting kalian.

Itulah tadi 10 ransomware berbahaya yang sempat menggegerkan dunia, semoga bermanfaat dan dapat menyadarkan kita semua akan pentingnya menjaga keamanan komputer kita dari serangan berbagai jenis malware, terutama ransomware yang belakangan ini semakin ganas. Akhir kata, pastikan kalian meninggalkan jejak di kolom komentar serta share artikel ini ke teman-teman kalian.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Malwarebytes Ransomware
Begini Cara Resmi Kominfo Atasi Serangan Petya Ransomware!
Banner Shutterstock Atasiwannacry
Begini Cara Mengatasi Ransomware WannaCry Yang Mudah
Banner Shutterstock Linuxransom
Setelah Windows dan Linux, Kini MacOS Terancam Ransomware!
Banner Jalantikus Ransomware
Melalui Situs Ini Kamu Bisa Mengatasi Ransomware Gratis
Malware Judy Banner
Hati-hati! Malware Judy Infeksi 36.5 Juta Pengguna Play Store
APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Coc Icon Icon
Clash of Clans 13.576.9
Games Supercell
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Wajib Instal! Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Melawan Ransomware Di Komputermu
Wajib Instal! Ini 5 Aplikasi Terbaik Untuk Melawan Ransomware Di Komputermu
Benarkah Enkripsi Tidak Menjamin Data Kalian Aman Dari Ransomware? Ini Penjelasannya
Benarkah Enkripsi Tidak Menjamin Data Kalian Aman Dari Ransomware? Ini Penjelasannya
Dunia Internet Makin Ganas! Inilah Asal Mula Ransomware yang Kini Sangat Meresahkan
Dunia Internet Makin Ganas! Inilah Asal Mula Ransomware yang Kini Sangat Meresahkan
5 Tools Anti Ransomware Terbaik Buat Cegah Malware di Komputer
5 Tools Anti Ransomware Terbaik Buat Cegah Malware di Komputer

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal