J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Makhluk Raksasa yang Hidup di Laut, Lebih Besar dari Kamar Kamu!

Senin, 8 Feb 2021, 10:00 WIB
Selain paus, masih banyak lagi makhluk laut yang berukuran sangat besar. Ukurannya bisa melebihi bus sekolah dan tinggi bangunan, lho!

Kalau ditanya apa saja makhluk yang hidup di laut, apa saja jawabanmu? Biar Jaka tebak, mungkin jawabanmu seputar ikan nemo, kepiting, ubur-ubur, kuda laut, dan hewan-hewan lain yang cukup umum.

Seringkali kita lupa bahwa laut juga merupakan rumah bagi makhluk-makhluk dengan ukuran super besar dan belum pernah kita lihat sebelumnya.

Hewan-hewan yang hanya bisa ditemukan di lautan dalam telah menginspirasi para ilmuwan berabad-abad hingga mendorong mereka untuk melakukan berbagai penelitian untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai raksasa samudera tersebut.

Kira-kira, sebesar apa sih, makhluk-makhluk laut yang bikin penasaran itu? Langsung saja kita bahas, yuk. Check this out!

1. Hiu Paus

2018 05 09 45618 1525843092 Large D96ac

Jadi dia hiu atau paus, nih? Hihi. Hiu ini diberi nama hiu paus karena ia adalah jenis hiu yang memiliki kebiasaan makan yang mirip dengan kebanyakan jenis paus, yaitu dengan menyaring air laut.

Selain itu, ia juga berukuran besar seperti paus. Yup, hiu paus adalah ikan terbesar di laut (karena paus bukan merupakan jenis ikan) dengan ukuran 18 meter.

Ikan ini tampil dengan bintik-bintik putih yang cantik di atas kulitnya, menjadikannya cukup mencolok di lautan yang dalam. Sayangnya, hiu ini terancam punah!

2. Hiu Berjemur

Say Hello To A Basking Shark Df29f

Tak hanya namanya yang unik, hiu berjemur alias basking shark juga punya penampilan yang anti-mainstream! Tak seperti hiu pada umumnya, ia terlihat lebih friendly.

Ikan terbesar kedua setelah paus biru ini berukuran sekitar 12 meter, mirip-mirip bus sekolah. Tetapi ia tak berbahaya bagi manusia karena hanya memakan plankton.

Selain itu, hiu yang sering terlihat sedang membuka mulutnya ini juga senang bersosialisasi dengan menampakkan diri di permukaan laut, bahkan melompat. Cute banget!

3. Oarfish

5f3c6d3bd8e12 Image 4cc4d

Bentuknya yang dominan panjang membuat oarfish disebut sebagai ular laut atau naga dan hidup di kedalaman 1000 meter.

Akibat tinggal di kedalaman ekstrem itulah, kemungkinan oarfish sangat peka terhadap pergerakan lempeng Bumi di dasar laut.

Mereka terkadang naik ke daratan ketika akan terjadi gempa. Makanya, oarfish disebut sebagai ikan pertanda gempa bumi.

Ikan yang biasa hidup sendiri ini memiliki panjang sekitar 7 meter dan memakan berbagai organisme seperti plankton, udang, ubur-ubur, hingga cumi.

4. Paus Sperma

Aaik Header 2833e

Meski ukurannya yang mencapai 24 meter tak menjadikannya hewan terbesar di lautan, paus sperma merupakan paus bergigi terbesar dan predator bergigi terbesar dari semuanya.

Hewan yang memiliki otak terbesar diantara seluruh satwa di dunia ini diburu dengan kejam selama abad ke 18 hingga 20 karena ia memiliki spermaceti yang digunakan untuk lilin, sabun, kosmetik, dan produk lainnya.

Sebelum perburuan, diperkirakan ada sekitar 1,1 juta paus sperma di dunia, tetapi kini hanya tersisa ratusan ribu saja.

5. Ubur-ubur Surai Singa

146538 Web 32cdb

Sesuai namanya, ubur-ubur surai singa atau lion's mane jellyfish punya penampilan yang cukup mirip dengan surai sang raja hutan dengan warna oranye menyala.

Hewan ini memiliki ribuan tentakel yang panjangnya bisa mencapai 36,6 meter. Banyaknya tentakel yang dimiliki ini seringkali membuatnya nyangkut di puing-puing laut atau dengan tentakel lainnya. Kasihan, ya :(

Makhluk menakjubkan ini umumnya hidup di air dingin dengan suhu sekitar 20 derajat celsius. Karena tak punya anus, ia makan dan buang air dari lubang yang sama!

6. Gurita Pasifik Utara

Untitled Design 73 42672

Gurita pasifik utara berhabitat di sekitar California, Oregon, Washington, British Columbia, Alaska, Rusia, Jepang, dan Semenanjung Korea.

Untuk menemukan gurita yang besarnya bisa mencapai 9,8 meter ini, kita perlu menyelam ke kedalaman 2 kilometer di bawah laut.

Gurita merupakan makhluk invertebrata paling cerdas, bahkan mereka dapat menyelesaikan teka-teki sederhana dan membuka botol. Meski ukurannya besar, gurita jenis ini hanya hidup sekitar 3-5 tahun saja. Sayang banget!

7. Paus Biru

MA 00925211 Gwnvzd B60f9

Bisa dibilang paus biru adalah rajanya samudera. Bagaimana tidak, hewan ini adalah hewan terbesar yang pernah ada sepanjang sejarah, bahkan mengalahkan dinosaurus!

Berat seekor paus biru bisa mencapai 181 ton dengan tubuh sepanjang 33 meter atau bahkan lebih dan bisa hidup hingga 90 tahun lamanya.

Karena spesies ini hampir punah pada abad ke-20, kebijakan larangan perburuan paus global segera diberlakukan.

Meski demikian, paus biru tetap terancam punah dan menghadapi ancaman serius akibat benturan kapal dan dampak perubahan iklim.

Akhir Kata

Itulah hewan-hewan berukuran raksasa yang hidup di laut. Jika ingin menemukan mereka, tentu kita harus menyelam sangat dalam.

Tujuh spesies di atas hanyalah sebagian kecil yang disimpan oleh laut dalam. Mungkin saja, masih ada jenis makhluk lain yang belum ditemukan oleh peneliti dan berukuran jauh lebih besar. Percaya, nggak?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Fenomena Mencengangkan Di Bawah Laut Yang Masih Jadi Misteri Banner B4ddf
5 Fenomena Mencengangkan di Bawah Laut yang Masih Jadi Misteri
Hewan Laut Dalam Paling Mengerikan 96067
7 Makhluk Paling Mengerikan yang Hidup di Laut, Dianggap Alien Saking Seremnya!
Maxresdefault Picsay 95b8a
NGERI! 7 Legenda Monster Laut Paling Mengerikan di Dunia
Gambar Kengerian Lautan Luas Ok Oke
Tragis! 10 Gambar Ini Tunjukan Kegerian Lautan Luas
Film Hewan Buas Da4c5
10 Film Paling Mengerikan Tentang Teror Hewan Buas, Bikin Jantung Copot!
Foto Tanpa Photoshop Buktikan Dunia Gila Banner
10 Foto Tanpa Photoshop yang Buktikan Dunia Itu Keren dan Gila
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal