J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Cara Mudah Mengatasi Lupa Password pada Windows 7 | Gampang Banget!

Cara Mudah Mengatasi Lupa Password pada Windows 7 | Gampang Banget!

Senin, 3 Agt 2020, 21:00 WIB
Sering lupa password pada komputer atau laptop Windows 7? Berikut ini adalah cara mudah mengatasi lupa password pada Windows 7 yang bisa kamu coba!

Tak hanya smartphone, gadget lain seperti laptop juga membutuhkan keamanan dan proteksi tersendiri. Nggak hanya melalui aplikasi anti virus terbaik, perlindungan keamanan yang paling dasar, termasuk bagi para pengguna Windows 7, yaitu dengan memberi password login saat komputer atau laptop dinyalakan.

Proteksi ini memang bisa melindungi data-data penting kamu dari tangan-tangan jahil yang mungkin ingin mencuri data-data tersebut. Namun, ibarat pisau bermata dua, password login juga bisa menimbulkan masalah baru, khususnya bagi orang yang mudah lupa.

Nah, untuk kamu para pengguna Windows 7 dan kebetulan mengalami masalah ini, berikut ini adalah cara mudah mengatasi lupa password pada Windows 7 yang bisa kamu coba.

Cara Mengatasi Lupa Password pada Windows 7

Setiap kali kamu menginstal Windows, contohnya instal Windows 10 dengan flashdisk, kamu pasti diberikan berbagai macam fitur keamanan maksimal seperti password.

Akan jadi masalah jika kamu melupakan password login tersebut. Lalu kira-kira gimana cara mengatasinya? Tenang aja, Jaka sudah sediakan panduannya di bawah ini.

Panduan Settings Windows untuk Atasi Lupa Password

Cara mengatasi lupa password Windows 7 yang pertama yaitu, kamu bisa menyalakan komputer atau laptop kamu terlebih dahulu. Kalau kamu nggak paham gimana caranya, kamu bisa membaca artikel Jaka tentang Tips dan Cara Belajar Komputer untuk Pemula berikut ini.

Jika komputer atau laptop tersebut sudah dalam keadaan menyala, kamu dapat melakukan restart dahulu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Langkah - 1: Saat komputer atau laptop sudah kembali menyala dan sudah masuk ke dalam proses booting yang ditandai dengan munculnya logo Windows, kamu bisa menekan tombol Ctrl + Alt + Delete secara bersamaan.

Langkah - 2: Setelah itu, akan muncul tampilan Windows Error Recovery. Lalu, pilih Launch Startup Repair (recommended).

1 F0522
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 3: Selanjutnya, ikuti proses repair startup yang sedang berjalan, hingga muncul pop up yang memuat pesan Do you want to restore your computer using System Restore? Lalu, pilih Cancel.

2 9b8fe
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 4: Saat proses ini berlangsung, mungkin akan memakan waktu cukup lama. Hal itu memang sering terjadi, jadi kamu tidak perlu khawatir. Tunggu hingga muncul pop up pesan Startup Repair cannot repair this computer automatically.

3 004b0
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 5: Setelah itu, kamu pilih bagian Views problem details dan scroll ke bawah hingga menemukan link yang mengarah ke X:\windows\system32\en-US\erofflps.txt, kemudian klik.

4 61fa1
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 6: Kemudian, akan muncul Notepad yang memuat informasi mengenai privacy statement di dalamnya. Setelah itu, klik menu File, lalu Open.

5 F09d2
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 7: Lalu, buka Computer > Local Disk C: > Windows > System32, dan pilih Files of Type dari Text Document (*txt) menjadi All Files.

6 0f0e9
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 8: Selanjutnya, cari file dengan nama sethc (file accessibility keys program).

Langkah - 9: Kemudian, rename file tersebut dengan menambahkan beberapa angka atau kata agar tidak terjadi konflik dengan file sethc baru yang akan kita buat. Sebagai contoh, kamu bisa mengubah namanya dengan menambahkan kata old menjadi sethcold.

7 4b0e7
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 10: Jika sudah, carilah file bernama cmd atau command prompt. Lalu, klik kanan pada cmd, kemudian copy dan paste.

Langkah - 11: Kemudian, rename file tersebut menjadi sethc.

Langkah - 12: Setelah itu, pilih Cancel.

Langkah - 13: Lalu, lanjutkan dengan menekan tombol close pada Notepad erofflps.txt.

Langkah - 14: Jika sudah, pilih Don't send.

Langkah - 15: Lanjutkan dengan klik tombol Cancel. Setelah pop up pesan Are you sure you want to exit Startup Repair and restart your computer?, lalu pilih Yes.

8 A3dd5
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 16: Kemudian, komputer akan memulai kembali proses restart. Saat kamu kembali masuk ke menu login, kamu bisa menekan tombol shift di keyboard sebanyak 5 kali. Setelah itu, akan muncul tampilan jendela command prompt.

9 9466a
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 17: Jika sudah, ketik kata net (spasi) user. Setelah itu, akan muncul username Administrator laptop kamu. Username tersebut berada di samping kata Administrator.

Langkah - 18: Selanjutnya, ketik kata net user (spasi) nama atau username Administrator tersebut (spasi) * (logo bintang di atas angka 8).

Langkah - 19: Setelah itu, kamu akan diminta untuk mengetik password baru di baris :Type a password for the user:. Namun, jika kamu takut kembali lupa, kamu bisa mengosongkannya terlebih dahulu dengan langsung menekan tombol Enter pada keyboard, dan tekan Enter kembali pada baris :Retype the password to confirm:.

Langkah - 20: Setelah muncul informasi The command completed successfully, kamu bisa menutup jendela command prompt tersebut. Lalu, kamu bisa menekan tombol panah biru samping kolom password.

10 1c3ae
Sumber foto: 2013Electronics&Computers

Langkah - 21: Tunggu hingga muncul kata Welcome dan kamu pun akhirnya bisa masuk kembali ke menu utama Windows 7 di komputer atau laptop kamu.

Selesai. Kamu pun bisa menggunakan komputer atau laptop kamu kembali.

Nah, untuk kamu yang memang kerap lupa dengan password kamu sendiri, entah itu password laptop, smartphone, atau mungkin yang lainnya, sebaiknya gunakan kombinasi angka dan kata yang mudah kamu ingat, tapi juga jangan yang terlalu umum atau mudah dikenal.

Untuk berjaga-jaga, jika masalah ini terjadi, kamu bisa mencatat password tersebut di smartphone. Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Akhir Kata

Bagaimana? Cara mudah mengatasi lupa password pada Windows 7 kali ini ternyata mudah, bukan?

Baca juga artikel seputar Windows atau artikel menarik lainnya dari JalanTikus.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 3 6b59b

Kumpulan Cara Screenshot di Laptop/PC Terbaru 2020 | Lengkap Semua OS

Cara Aktivasi Windows 10 Di Pc Laptop Secara Permanen Simpel Dan Mudah 5b6aa

Cara Aktivasi Windows 10 di PC / Laptop Secara Permanen | Simpel dan Mudah!

Cara Mengatasi Laptop Lemot Ac1a6

10 Cara Mengatasi Laptop Lemot | Buat Windows 7, 8, 10!

Cara Mematikan Windows Defender Ca03e

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10 (Update 2020)

Cara Mengaktifkan Bluetooth Di Laptop Banner 12653

7 Cara Mengaktifkan Bluetooh di Laptop Windows 7/8/10, Lengkap Semua Merk!

Delete Files 0ec68

Cara Menghapus File & Folder yang Tidak Bisa Dihapus (Windows & Android)

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Melihat Password WiFi di Windows 10, Paling Mudah dan Praktis!

Cara Melihat Password WiFi di Windows 10, Paling Mudah dan Praktis!

Lupa Password Akun iCloud Apple? Begini Cara Mengembalikannya

Lupa Password Akun iCloud Apple? Begini Cara Mengembalikannya

Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dengan Mudah

Penyebab & Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Masuk Windows dengan Mudah

10 Aplikasi dan Situs Password Generator Anti Hack!

10 Aplikasi dan Situs Password Generator Anti Hack!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal