5 Level Programmer Berdasarkan Kemampuannya (Skill) Miliknya

30 May 2017

Programer merupakan seseorang yang mempunyai skill untuk membuat suatu program. Namun, tak hanya itu saja, programer juga bisa mengubah dan menyempurnakan suatu program.

Di dunia ini, level seorang programmer dibagi menjadi 5 bagian tergantung dengan skill atau kemampuan yang dimilikinya. Setiap level programmer pun memiliki ciri-ciri tersendiri.

Nah, jika kamu programer, kamu wajib tahu dong akan tergolong yang mana? Mau tahu jenis macam-macam programer? Ini dia Jaka ulas 5 level programmer berdasarkan kemampuan miliknya. Simak yuk!

Level Seorang Programmer Berdasarkan Skill

1. Novice Programmer

Novice programmer artinya programer yang pemula. Jika diistilahkan dalam game online, ya disebut dengan newbie. Sebutan novice programmer biasanya diberikan untuk pelajar-pelajar yang ingin menjadi programer.

Novice programmer baru sedikit memiliki wawasan tentang pemrograman, dan biasanya novice programer sering mencari tutorial-tutorial di internet, lalu mempraktikkannya atau membuat sesuatu, tapi belum bisa mengeditnya atau mengubahnya. Ya, hanya sebatas mengikuti tutorial saja dan belum tahu lebih dalam.

2. Advance Beginner Programmer

Advance beginner programmer merupakan programer yang satu level di atas novice programer. Begitu juga skill-nya yang juga lebih tinggi dibanding novice programer. Seorang programer yang berada pada level advance beginner programmer biasanya sudah cukup mahir dalam mengedit suatu program.

Namun, saat advance beginner programemr menggunakan suatu tool, ia biasanya tidak berminat untuk mempelajari cara kerja tool tersebut, atau hanya menjalankan apa yang ia butuhkan saja tanpa mempelajari secara keseluruhan.

3. Competent Programmer

Competent programmer merupakan programer yang dibilang sudah cukup mahir dalam pemrograman. Programer jenis ini sudah memiliki pengalaman yang lumayan banyak.

Selain itu, seseorang yang berada pada level competent programmer sudah bisa menyelesaikan troubleshooting sendiri berkat pengalamanya. Jika kalian bisa memecahkan troubleshooting sendiri tanpa mencari solusi di internet, itu tandanya kalian termasuk competent programmer.

4. Proficient Programmer

Jenis programer ini merupakan programer yang makin atau mendekati master. Proficient programmer memiliki skill menemukan kesalahan sebuah kode tanpa menjalankan kode tersebut karena sudah memiliki wawasan dan pengalaman yang lumayan banyak. Selain itu, programer jenis ini memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan sering mempelajari suatu hal hingga mendalam.

5. Expert Programmer

Nah, inilah programer yang sesungguhnya. Programer jenis ini sudah memiliki wawasan yang luas dan pengalaman yang banyak. Dari merekalah muncul karya-karya yang membantu dunia teknologi.

Tak hanya itu, expert programmer biasanya membuat tools yang dapat membantu programer lain, bahkan novice programmer. Jika kalian sudah ada pada tahapan ini, kalian bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah dengan gaji yang tinggi, minimal 20 jutaan deh.

Nah, itulah 5 jenis programer menurut skill-nya. Jika kalian ingin menjadi expert programmer, kalian harus melewati masa novice programmer. Selain itu, jika ingin menjadi expert programmer, kalian harus berusaha keras untuk belajar. Punya pengalaman tentang belajar programer? Share ya pengalamanmu di kolom komentar di bawah ini.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar