J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              Lensa Wide Angle vs Telephoto, Mana yang Lebih Dibutuhkan di Smartphone?

              Lensa Wide Angle vs Telephoto, Mana yang Lebih Dibutuhkan di Smartphone?

              00
              Senin, 28 Okt 2019, 21:00 WIB
              Lensa kamera smartphone yang semakin beragam memancing perdebatan untuk memilih mana yang terbaik antara lensa wide angle dengan lensa telephoto

              Fotografi sudah menjadi hobi banyak orang. Dari orang tua hingga anak-anak zaman sekarang, sudah akrab banget dengan hobi yang satu ini.

              Perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadi salah satu faktor mengapa hobi satu ini menjamur. Kamera smartphone kini sudah bisa menyaingi kamera DSLR sekalipun.

              Terlebih dengan hadirnya beberapa jenis lensa kamera profesional yang diadopsi oleh smartphone-smartphone canggih masa kini.

              Lensa Wide Angle vs Telephoto

              Salah satu lensa kamera paling umum yang seringkali digunakan oleh beragam smartphone saat ini adalah lensa wide angle dan juga telephoto.

              Lensa wide angle memungkinkanmu untuk mengambil gambar dengan ruang pandang yang lebih luas. Sedangkan, telephoto memungkinkanmu untuk mengambil foto dari jarak yang ekstrim.

              Seringkali terjadi perdebatan mengenai lensa mana yang lebih dibutuhkan ketika diaplikasikan ke kamera smartphone. Yuk, kita simak perbandingannya!

              Apa itu Lensa Wide Angle?

              1 B741b

              Lensa kamera biasa akan memberikan ruang pandang yang sama dengan mata kamu, yakni sekitar 50mm. Sebuah lensa dengan focal length kurang dari 35mm dianggap sebagai lensa wide angle.

              Wide angle terbagi atas 3 tipe berdasarkan focal length yang dimiliki. Wide angle biasa memiliki focal length 35 - 24mm, Ultra Wide Angle di bawah 24mm, dan juga Fish Eye.

              Dalam ukuran sudut pandang atau angle of view, lensa ultra wide memiliki sudut pandang yang lebih lebar, yaitu sekitar 64 derajat sampai 180 derajat.

              Ketika memotret dengan menggunakan lensa wide angle, gambar akan terlihat lebih lebar dengan objek yang berada di tengah terlihat lebih jauh.

              Sementara, lensa fish eye memiliki ruang pandang yang sangat lebar. Hasil fotonya akan terdistorsi sehingga sisi kiri dan kanan foto bakal terlihat bengkok.

              Saat ini, sudah banyak HP murah yang menggunakan lensa wide angle di salah satu kameranya. Asyik banget buat wefie bareng temen-temen.

              Apa itu Lensa Telephoto?

              2 Ffcdb

              Lensa telephoto memiliki focal length yang lebih panjang dibanding kamera biasa. Kamera profesional biasanya menggunakan lensa telephoto dengan focal length lebih dari 50mm.

              Terdapat 3 jenis lensa telephoto berdasarkan focal length yang dimiliki. Ketiganya memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan.

              Short telephoto memiliki focal length 85 - 135mm, Medium telephoto 85mm - 135mm, sedangkan Super telephoto lebih dari 300mm.

              Sayangnya, semakin panjang focal length yang dimiliki, gambar yang diambil akan menjadi lebih gelap. Untuk mengakali hal ini, biasanya lensa ini dilengkapi dengan aperture yang lebih besar.

              Lensa telephoto kini sudah banyak banget diaplikasikan di smartphone-smartphone yang memiliki 3 kamera atau lebih. Harganya juga mulai Rp1 jutaan kok, geng.

              Kamera dengan lensa super telephoto biasanya digunakan untuk fotografi alam liar, seperti flora dan fauna di habitat aslinya, dan juga pertandingan olahraga.

              Tujuannya, supaya kamu bisa memfoto sebuah objek yang kecil dan jauh dengan sangat detail dan berkualitas tinggi. Nggak mungkin dong kamu memfoto pertandingan sepakbola langsung di belakang pemain?

              1 Bush Sean Molin Concert Music Photography Fstoppers 3c381

              Kalau kamu suka menonton konser, lensa telephoto juga berguna banget untuk mengambil foto dan video dengan kualitas tinggi dari jauh.

              Kalau kamu bukan fotografer resmi dari konser tersebut, kamu nggak bakal diperbolehkan memfoto dari jarak dekat. Saat inilah lensa telephoto bakal berguna buat kamu.

              Medium telephoto bisa kamu manfaatkan untuk memfoto pemandangan keren yang kamu temui. Lensa ini bakal mengambil gambar resolusi tinggi dengan "menjahit" beberapa gambar sekaligus.

              Manakah yang Lebih Dibutuhkan?

              3 753a3

              Setelah mengetahui perbedaan dari lensa wide angle dan telephoto, tentunya kamu sendiri bisa menentukan lensa mana yang lebih kamu butuhkan.

              Lensa wide angle memberikan elemen-elemen unik ke dalam foto yang kamu ambil. Lensa wide angle pas banget kalau kamu ingin menonjolkan objek foto terhadap lingkungan di sekitarnya.

              Meskipun foto yang kamu ambil akan terlihat unik, nggak semua fotografer menggunakan lensa ini akibat distorsi yang dihasilkan. Makanya lensa ini lebih cocok digunakan untuk sehari-hari.

              Lensa wide angle bisa kamu manfaatkan untuk mengambil foto wefie, memfoto gedung tinggi dari jarak dekat, memfoto bagian dalam rumah, dan lain-lain.

              Sementara itu, lensa telephoto berguna banget kalau kamu ingin mengambil foto dari jarak jauh tanpa perlu bergerak.

              Lensa ini lebih sering digunakan oleh orang yang serius menekuni hobi fotografi. Kalau kamu suka nonton konser atau pertandingan juga pas banget, geng.

              Untuk memoles hasil foto dari kedua lensa tersebut, kamu juga bisa menggunakan aplikasi edit foto. Bahkan, ada juga aplikasi kamera yang dijamin mengambil gambar dengan lebih sempurna.

              Nggak ada yang lebih jelek dan lebih bagus di antara keduanya. Semua kembali lagi kepada dirimu sendiri, manakah yang lebih sesuai dengan penggunaanmu.

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai perbandingan lensa wide angle dan telephoto. Menurut kamu, lensa manakah yang lebih pas untuk smartphone-mu?

              Tulis jawabanmu beserta alasannya di kolom komentar yang telah tersedia ya, geng!

              Baca juga artikel seputar Kamera atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Tunggu sebentar...

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal