50+ Judul Lagu Wajib Nasional, Pencipta, dan Liriknya | Paling Lengkap!

Default

Lagu wajib nasional adalah lagu yang diciptakan dengan tujuan untuk membangkitkan semangat perjuangan.

Deretan lagu ini masih sering dinyanyikan sampai saat ini, meskipun telah diciptakan berpuluh-puluh tahun lalu dan bahkan di tengah populernya lagu barat yang digandrungi anak remaja.

Jasa lagu ini dalam membakar semangat para pejuang menjadikannya tak usang ditelan zaman.

Buat kalian yang ingin mengingat lagu-lagu nasional untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, pas banget nih karena kali ini Jaka bakal kasih kamu daftar lagu wajib nasional dan penciptanya secara lengkap.

Perbedaan Lagu Wajib & Lagu Nasional

Lagu Wajib Nasional C7304

Jumlah lagu yang tergolong ke dalam lagu wajib nasional Indonesia memang masih menjadi perdebatan. Belum ada sumber resmi yang mengelompokkan lagu-lagu tersebut.

Meskipun begitu, beberapa lagu Indonesia dikategorikan sebagai lagu wajib nasional berdasarkan persepsi umum di masyarakat dan seringnya lagu tersebut dinyanyikan pada momen sakral seperti upacara.

Tapi kamu tau gak, sih? Ternyata, lagu nasional dan lagu wajib adalah hal yang berbeda, lho.

Lagu nasional adalah lagu yang diciptakan untuk menunjukan cinta kepada tanah air, membangkitkan semangat patriotisme, dan mengapresiasi para pejuang.

Beberapa contoh lagu nasional di antaranya: Bagimu Negeri (Kusbini), Garuda Pancasila (Prohor Sudarnoto), dan Halo, Halo Bandung (Ismail Marzuki).

Sementara, lagu wajib atau kebangsaan merupakan lambang negara yang menjadi simbol persatuan dan kebanggaan rakyat Indonesia. Derajatnya setara dengan bendera, geng.

Meskipun sama-sama diciptakan atas dasar yang sama, namun lagu kebangsaan wajib banget dihafalkan dan dinyanyikan dengan khusyuk.

Salah satu contoh lagu wajib adalah Indonesia Raya karangan Wage Rudolf Soepratman yang menjadi lagu kebangsaan Indonesia. Meskipun berbeda, namun sebenarnya lagu wajib masih termasuk dalam lagu nasional, kok.

Daftar 50+ Lagu Wajib Nasional Indonesia dan Penciptanya Terlengkap

Lagu Wajib Nasional D0a13

Kamu lagi dapat tugas sekolah untuk tuliskan lagu wajib nasional beserta penciptanya? Tenang! Jaka bakal kasih kamu list lagu wajib nasional yang telah diurutkan sesuai abjad, geng.

Nggak harus download buku lagu wajib nasional PDF buat tahu apa saja judul dalam daftar. Saran Jaka, gunakan teknik long screenshot supaya kamu bisa menyimpan 50 judul lagu sebagai gambar di galeri.

Setelah mengetahui judul-judul lagu berikut, baru deh kamu bisa download lagu untuk belajar sendiri di rumah.

  1. Andika Bhayangkari (Amir Pasaribu)
  2. Api Kemerdekaan (Joko Lelono / Marlene)
  3. Bagimu Negeri (R. Kusbini)
  4. Bangun Pemudi Pemuda (Alfred Simanjuntak)
  5. Bendera Kita (Dirman Sasmokoadi)
  6. Bungaku (Cornel Simanjuntak)
  7. Bendera Merah Putih (Ibu Soed)
  8. Berkibarlah Benderaku (Ibu Soed)
  9. Bhinneka Tunggal Ika (Binsar Sitompul/A Thalib)
  10. Dari Sabang Sampai Merauke (R Soerardjo)
  11. Di Timur Matahari (Wage Rudolf Soepratman)
  12. Dirgahayu Indonesia (Husein Mutahar)
  13. Gugur Bunga (Ismail Marzuki)
  14. Halo, Halo Bandung (Ismail Marzuki)
  15. Hari Merdeka (Husein Mutahar)
  16. Himne Kemerdekaan (Ibu Soed / Wiratmo Sukito)
  17. Himne Guru (Sartono)
  18. Himne Siswa (Husein Mutahar)
  19. Ibu Kita Kartini (Wage Rudolf Soepratman)
  20. Ibu Pertiwi (Ismail Marzuki)
  21. Indonesia Bersatulah (Alfred Simanjuntak)
  22. Indonesia Jaya (Chaken M)
  23. Indonesia Raya (Wage Rudolf Soepratman)
  24. Indonesia Subur (M Syafei)
  25. Indonesia Pusaka (Ismail Marzuki)
  26. Indonesia Tetap Merdeka (Cornel Simanjuntak)
  27. Indonesia Tumpah Darahku (Ibu Soed)
  28. Jembatan Merah (Gesang)
  29. Kebyar Kebyar (Gombloh)
  30. Ku Pinta Lagi (Cornel Simanjuntak)
  31. Mengheningkan Cipta (Ismail Marzuki)
  32. Maju Indonesia (Cornel Simanjuntak)
  33. Maju Tak Gentar (Cornel Simanjuntak)
  34. Mars Bambu Runcing (Kamsidi / Daldjono)
  35. Mars Harapan Bangsa (Kamsidi / Daldjono)
  36. Mars Pancasila (Sudharnoto)
  37. Melati di Tapal Batas (Ismail Marzuki)
  38. (Hymne Pahlawan) Mengheningkan Cipta (Truno Prawit)
  39. Merah Putih (Ibu Soed)
  40. Merah Putih (Gombloh)
  41. Nyiur Hijau (Maladi)
  42. Pada Pahlawan (Cornel Simanjuntak / Usmar Ismail)
  43. Padi Menguning (Kusbini)
  44. Pahlawan Merdeka (Wage Rudolf Soepratman)
  45. Pantang Mundur (Titiek Puspa)
  46. Rayuan Pulau Kelapa (Ismail Marzuki)
  47. Satu Nusa Satu Bangsa (Liberty Manik)
  48. Selamat Datang Pahlawan Muda (Ismail Marzuki)
  49. Serumpun Padi (Maladi)
  50. Syukur (Husein Mutahar)
  51. Tanah Airku (Ibu Soed)
  52. Tanah Airku (R. Iskak)
  53. Tanah Tumpah Darahku (Cornel Simanjuntak / Sanusi Pane)
  54. Teguh Kukuh Berlapis Baja (Cornel Simanjuntak / Usmar Ismail)
  55. Terima Kasih Kepada Pahlawanku (Husein Mutahar)

Itu dia kumpulan 50+ judul lagu wajib dan penciptanya yang berhasil Jaka kumpulkan buat kamu kali ini. Deretan lagu ini merupakan lagu-lagu yang sering dinyanyikan dan diajarkan pada kurikulum sekolah.

Lagu nasional ini juga memiliki lirik yang kental dengan nuansa perjuangan dan cinta tanah air.

Lirik Lagu Wajib Nasional

Lagu Wajib Nasional Dan Penciptanya 380ec

Salah satu elemen paling penting di dalam lagu-lagu nasional Indonesia adalah liriknya. Lirik lagu nasional menjadi pembeda lagu nasional dengan lagu Indonesia lain pada umumnya.

Pesan yang disematkan pada lirik-lirik lagu nasional berhasil mengobarkan semangat para pejuang kemerdekaan.

Lirik lagu ini pun sekaligus menjadi memento masa perjuangan bagi para pendengarnya di zaman sekarang ini. Berikut ini Jaka sertakan beberapa lirik lagu wajib nasional yang paling sering diperdengarkan.

Lirik Lagu Nasional Indonesia Raya

Siapa yang tidak tahu lagu nasional yang satu ini? Indonesia Raya selalu menjadi lagu pengiring saat bendera merah putih dikibarkan. Berikut ini lirik lagu Indonesia Raya selengkapnya.

Indonesia tanah airku

Tanah tumpah darahku

Disanalah aku berdiri

Jadi pandu ibuku



Indonesia kebangsaanku

Bangsa dan Tanah Airku

Marilah kita berseru

Indonesia bersatu



Hiduplah tanahku

Hiduplah negriku

Bangsaku Rakyatku semuanya

Bangunlah jiwanya

Bangunlah badannya

Untuk Indonesia Raya



Indonesia Raya

Merdeka, Merdeka

Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya

Merdeka, Merdeka

Hiduplah Indonesia Raya



Indonesia Raya

Merdeka, Merdeka

Tanahku negriku yang kucinta

Indonesia Raya

Merdeka, Merdeka

Hiduplah Indonesia Raya

Lirik Lagu Nasional Syukur

Syukur menjadi salah satu lagu nasional dengan lirik emosional yang sangat kuat, menggambarkan bagaimana perasaan rakyat Indonesia ketika dianugrahi kemerdekaan oleh tuhan yang Maha Esa.

Buat kamu yang sudah tahu nada dasar lagu wajib nasional Syukur, biar lebih afdol berikut Jaka kasih lirik lengkapnya.

Dari yakinku teguh

Hati ikhlasku penuh

Akan karuniamu

Tanah air pusaka

Indonesia merdeka

Syukur aku sembahkan

KehadiratMu Tuhan



Dari yakinku teguh

Cinta ikhlasku penuh

Akan jasa usaha

Pahlawanku yang baka

Indonesia merdeka

Syukur aku hanjukkan

Ke bawah duli tuan



Dari yakinku teguh

Bakti ikhlasku penuh

Akan azas rukunmu

Pandu bangsa yang nyata

Indonesia merdeka

Syukur aku hanjukkan

Kehadapanmu tuan

Lirik Lagu Nasional Tanah Airku

Lagu wajib lainnya yang sering diperdengarkan adalah lagu nasional Tanah Airku. Lagu Indonesia ini mengajarkan bagaimana kita harus menyayangi dan bersikap terhadap bumi Indonesia.

Tanah air ku tidak kulupakan

Kan terkenang selama hidupku

Biarpun saya pergi jauh

Tidak kan hilang dari kalbu



Tanah ku yang kucintai

Engkau kuhargai



Walaupun banyak negeri kujalani

Yang masyhur permai dikata orang

Tetapi kampung dan rumahku

Di sanalah ku rasa senang



Tanah ku tak kulupakan

Engkau kubanggakan



Tanah ku yang kucintai

Engkau kuhargai

Lirik Lagu Nasional Bagimu Negeri

Selain lagu daerah yang juga harus kamu hafal, lagu nasional Bagimu Negeri juga sering sekali dinyanyikan pada saat pelaksanaan upacara bendera.

Nah, biar kamu nggak minder karena nggak hafal lirik, berikut Jaka punya lirik selengkapnya buat kamu ungat-ingat, geng.

Padamu negeri kami berjanji

Padamu negeri kami berbakti

Padamu negeri kami mengabdi

Bagimu negeri jiwa raga kami

Lirik Lagu Nasional Indonesia Pusaka

Meskipun bukan lagu pop Indonesia yang sering diperdengarkan di mana-mana, tapi lagu nasional berjudul Indonesia Pusaka ini sering banget lho diputar di TV dan dinyanyikan para penyanyi papan atas dalam negeri.

Berikut adalah lirik lagu Indonesia Pusaka selengkapnya buat kamu resapi maknanya.

Indonesia tanah air beta

Pusaka abadi nan jaya

Indonesia sejak dulu kala

Tetap di puja-puja bangsa



Di sana tempat lahir beta

Dibuai dibesarkan bunda

Tempat berlindung di hari tua

Tempat akhir menutup mata



Sungguh indah tanah air beta

Tiada bandingnya di dunia

Karya indah Tuhan Maha Kuasa

Bagi bangsa yang memujanya



Indonesia ibu pertiwi

Kau kupuja kau kukasihi

Tenagaku bahkan pun jiwaku

Kepadamu rela kuberi

Download Lagu Wajib Nasional Indonesia

Lagu Wajib Nasional Indonesia 24cb3

Buat kamu yang ingin mendengarkan deretan lagu nasional, saat ini download lagu wajib nasional sudah bisa dilakukan di berbagai aplikasi musik online.

Dengan memanfaatkan fitur download yang ada di aplikasi seperti Spotify, kalian bisa mendengarkan lagu nasional kapan saja dan di mana saja.

Namun sebelumnya perlu kamu ketahui bahwa eretan lagu nasional di playlist Jaka kali ini dinyanyikan oleh beberapa musisi tanah air, dan mereka berhasil membawakan lagu nasional ini dengan sangat baik.

1. Bagimu Negri - Harry, lin

2. Bangun Pemudi Pemuda - Netta Kusumadewi

3. Berkibarlah Benderaku - Netta Kusumadewi

4. Bhinneka Tunggal Ika

5. Garuda Pancasila - Surya Children Choir

6. Halo-Halo Bandung - Harry, lin

7. Hari Merdeka - Netta Kusumadewi

8. Ibu Kita Kartini - Bandanaira

9. Ibu Pertiwi - Surya Children Choir

10. Indonesia Raya - Anthems Alliance

11. Maju Tak Gentar - Mas Hans

12. Satu Nusa Satu Bangsa - Surya Children Choir

13. Syukur - Netta Kusumadewi

14. Tanah Airku - Musikimia

15. Dari Sabang Sampai Merauke - Merpati Singers

Akhir Kata

Itu dia beberapa informasi seputar lagu wajib nasional. Lagu-lagu seperti ini bisa menjadi selingan menarik di antara lagu-lagu yang biasa kalian dengarkan untuk menambah semangat.

Selain itu, lagu nasional juga selalu menyelipkan makna mendalam pada setiap lirik-liriknya yang layak untuk ditelaah.

Semoga informasi yang Jaka bagikan kali ini berguna untuk kalian semua ya, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Baca juga artikel seputar Lagu atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Lagu Barat Terbaru F8f3c
100+ Lagu Barat Terbaru dan Terpopuler (Update 2021)
Lagu 90an 34b19
50 Lagu 90an Indonesia dan Barat Terbaik | Bikin Nostalgia!
Lagu Anak Anak Indonesia Bannerx 11629
50 Lagu Anak Anak Indonesia Terbaru 2019| Lagu & Video!
Lagu Indie 1d947
50 Lagu Indie Indonesia dan Barat Terbaik 2020 | Anak Senja Merapat!
Lagu Slow Barat 2bfb4
100+ Lagu Barat Slow Terbaik dan Terbaru 2021, Asyik Buat Santai!
Header 9 6c3f0
20 Lagu Tik Tok Terpopuler Yang Pasti Semua Orang Suka
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal