J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kumpulan Lagu Daerah Seluruh Indonesia (34 Provinsi) + Lirik

Kumpulan Lagu Daerah Seluruh Indonesia (34 Provinsi) + Lirik

Selasa, 7 Apr 2020, 12:00 WIB
Dapat tugas suruh menghafal lagu daerah? Nggak usah kahwatir! Nih, Jaka punya kumpulan lagu daerah dari berbagai provinsi di Indonesia.

Meskipun mungkin eksistensinya di kalangan anak muda terkalahkan oleh lagu pop Indonesia, lagu barat, atau bahkan lagu dangdut, tapi lagu daerah tentu saja lebih kental dengan nilai moral dan budaya.

Oleh karena itu, lagu-lagu daerah akan selalu menjadi aset budaya yang harus selalu kita jaga dan lestarikan dari masa ke masanya.

Nah, buat kamu yang ngaku cinta tanah air dan lagi cari 34 lagu daerah dan penciptanya, kali ini Jaka akan kasih kamu kumpulan lagu daerah dari berbagai provinsi di Indonesia lengkap dengan pencipta dan liriknya.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel selengkapnya berikut ini!

Kumpulan Lagu Daerah Dari Berbagai Provinsi di Indonesia

Dapat tugas kesenian dari sekolah untuk menghafal lagu daerah? Terus sekarang kamu mau cari lagu daerah yang pendek dan mudah dihafal saja? Tenang!

Kamu tinggal pilih saja salah satu dari kumpulan lagu daerah di Indonesia selengkapnya berikut ini.

Oh iya, kamu bisa mendengarkan versi full MP3-nya lewat aplikasi streaming musik di HP ya! Selamat mendengarkan!

Note:

Beberapa lagu daerah di bawah ini tidak dinyanyikan oleh penyanyi aslinya karena keterbatasan sumber.

1. Lagu Daerah Nagroe Aceh Darussalam

Lirik Lagu Daerah E65c7

Mau pilih lagu daerah Aceh saja buat dinyanyikan saat karaoke bersama teman-teman? Mending dengarkan dulu beberapa lagu daerah Aceh berikut ini buat latihan!

  • Bungong Jeumpa - Ikhtisar Radja Jeumpa

Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Aceh

Bungong teuleub h, teuleubeh indah lagoe na

Puteh kun ng meujampu mirah

Keumang siulah cidah that rupa

Lam sina buleuen, lam sina buleuen angen peuayn

Ruroh meususon, meususon, nyang mala-mala

Mangat that mubee meunyo tatem com

Leupah that harom si bungong jeumpa

  • - Piso Surit - Depari

Piso Surit Piso Surit

terdilo-dilo terpingko-pingko

lalap la jumpa ras atena ngena

i ja kel kena tengahna gundari

siangna menda turang atena wari

entabeh naring mata kena tertunduh

kami nimaisa turang tangis teriluh

nggo nggo me dagena mulih me gelah kena

bage me nindu rupa ari agi kakana

tengah kesain keri lengetna

remang mekapal turang seh kel bergehna

tekuak manuk ibabo geligar

enggo me selpat turang kite-kite ku lepar

2. Lagu Daerah Sumatera

Lagu Daerah Dan Asalnya 79eb2

Pasti kamu tahu dong kalau Pulau Sumatera punya banyak lagu daerah yang enak-enak banget untuk didengarkan.

Nah, berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa kamu dengarkan, geng.

  • - Sinanggar Tulo - Vicky Sianipar (Sumatera Utara)

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sinanggar tullo tullo a tullo

Sinanggar tullo tullo a tullo

Tu di a ma lu lu an

Da goreng goreng ba hen so ban sa

I tu di a ma lu lu an

Da boru to bing ba hen do ngan

Sinanggar tullo tullo a tullo

  • - Kampuang Nan Jauh di Mato - Oslan Husein (Sumatera Barat)

Kampuang nan jauh di mato

Gunuang Sansai Baku Liliang

Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo

Sangkek Basu Liang Suliang

Panduduknya nan elok nan

Suko Bagotong Royong

Kok susah samo samo diraso

Den Takana Jo Kampuang

Takana Jo Kampuang

Induk Ayah Adik Sadonyo

Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang

Den Takana Jo Kampuang

  • - Dek Sangke - N.Zahara dan A.dahlan (Sumatera Selatan)

Dek sangke aku dek sangke

Cempedak babuah nangke

Dek sangke aku dek sangke

Cempedak babuah nangke

Dek sangke aku dek sangke

Awak tunak ngaku juare

Alamat badan sengsare

Akhirnya masuk penjare

Dek sangke aku dek sangke

Cempedak babuah nangke

Dek sangke aku dek sangke

Cempedak babuah nangke

Dek sangke aku dek sangke

Ujiku gadis tabetanye jande mude

Anaknye lah ade tige

Dek sangke bujang tegile

3. Lagu Daerah Riau

Kumpulan Lagu Daerah Dan Penciptanya Bdcea

Buat kamu yang mau mendengarkan lagu daerah Riau, sayangnya di sini Jaka cuma bisa kasih satu judul lagu saja yang berjudul Soleram. Penasaran?

  • Soleram - anonim

Soleram

Soleram

Soleram

Anak yang manis

Anak manis janganlah dicium sayang

Kalau dicium merah lah pipinya

Satu dua

Tiga dan empat

Lima enam

Tujuh delapan

Kalau tuan dapat kawan baru sayang

Kawan lama ditinggalkan jangan

4. Lagu Daerah Jambi

Sebutkan 10 Lagu Daerah Beserta Asalnya 7d1d3

Selanjutnya ada lagu daerah dari Provinsi Jambi yang nggak kalah keren juga.

Tapi, di sini Jaka cuma bisa kasih satu lagu saja karena sulit untuk mendapatkan judul lagu daerah Jambi lainnya di aplikasi streaming musik yang Jaka gunakan.

  • Injit-Injit Semut - Rinto Harahap

Jalan-jalan ke tanah Deli

Sungguh indah tempat tamasya

Kawan jangan bersedih

Mari nyanyi bersama-sama

Kalau pergi ke Surabaya

Naik perahu dayung sendiri

Kalau hatimu sedih

Yang rugi diri sendiri

Injit-injit semut

Siapa sakit naik diatas

Injit-injit semut

Walau sakit jangan dilepas

Naik perahu ke Pulau Seribu

Sungguh hin

Sungguh malang nasibku

Punya pacar diambil orang

Ramai sungguh bandar Jakarta

Tempat orang mengikat janji

Walau pacar tak punya

Hati senang dapat bernyanyi

5. Lagu Daerah DKI Jakarta

Lagu Daerah Jakarta 11295

Mau mendengarkan lagu daerah Jakarta yang hits? Nih, Jaka punya beberapa lagu daerah Jakarta yang bisa kamu dengarkan!

  • Jali-Jali - Anonim

Ini dia si jali-jali

Lagunya enak lagunya enak merdu sekali

Capek sedikit tidak perduli sayang

Asalkan tuan asalkan tuan senang di hati

Palinglah enak si mangga udang

Hei sayang disayang pohonnya tinggi pohonnya tinggi buahnya jarang

Palinglah enak si orang bujang sayang

Kemana pergi kemana pergi tiada yang m'larang

Disana gunung disini gunung

Hei sayang disayang ditengah tengah ditengah tengah kembang melati

Disana bingung disini bingung sayang

Samalah sama samalah sama menaruh hati

  • Kicir-Kicir - Anonim

Kicir kicir ini lagunya

Lagu lama ya tuan dari Jakarta

Saya menyanyi ya tuan memang sengaja

Untuk menghibur menghibur hati nan duka

Burung dara burung merpati

Terbang cepat ya tuan tiada tara

Bilalah kita ya tuan suka menyanyi

badanlah sehat ya tuan hati gembira

Buah mangga enak rasanya

Si manalagi ya tuan paling ternama

Siapa saya ya tuan rajin bekerja

pasti menjadi menjadi warga berguna

  • Ondel-Ondel - Djoko Subagyo

Nyok kite nonton ondel-ondel

Nyok kite ngarak ondel-ondel

Ondel-ondel ade anaknye

anaknye nandak gel igelan

Mak Bapak ondel-ondel ngibing

Ngarak penganten disunatin

Nyang nonton rame ke girangan

Ikut ngarak iring iringan

Pak pak dung pak dung pak pak pak gendang nyaring ditepak

nyang nonton girang pade surak surak

Tangan iseng jailin pale anak ondel-ondel

Taroin puntungan rambut kebakaran

Anak ondel-ondel jejingkrakan

Palenye nyale bekobaran

Nyang nonton pade kebingungan

Disiramin air comberan

6. Lagu Daerah Jawa

34 Lagu Daerah Dan Penciptanya C5dcf

Sumber foto: Sejarah Lengkap (Bubuy Bulan merupakan salah satu lagu daerah Jawa yang berasal dari Provinsi Jawa Barat).

Seperti yang kita tahu bahwa pulau Jawa memiliki beberapa provinsi di dalamnya. Sehingga nggak heran kalau Jawa juga memiliki jumlah lagu daerah yang cukup banyak, geng.

Nah, kalau kamu mau mendengarkan lagu-lagu daerah Jawa, berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa kamu dengarkan.

  • Manuk Dadali - Sambas Mangundikarta (Jawa Barat)

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang

Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang

Sukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk

Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk

Saha anu bisa nyusul kana tandangna

Gandang jeung pertentang taya bandingannana

Dipikagimir dipikaserab ku sasama

Taya karempan kasieun leber wawanenna

Manuk dadali manuk panggagahna

Perlambang sakti indonesia jaya

Manuk dadali pangkakon carana

Resep ngahiji rukun sakabehna

Hirup sauyunan tara pahiri-hiri

Silih pikanyaah teu inggis bela pati

Manuk dadali ngandung siloka sinatria

Keur sakumna bangsa di nagara indonesia

  • Bubuy Bulan - Benny Corda (Jawa Barat)

Bubuy bulan

Bubuy bulan sangray bentang

Panon poe

Panon poe disasate

Unggal bulan, unggal bulan

Unggal bulan abdi teang

Unggal poe, unggal poe

Unggal poe oge hade

Situ Ciburuy laukna hese dipancing

Nyeredet hate

Ningali ngeplak caina

Duh eta saha nu ngalangkung

unggal enjing

Nyeredet hate

Ningali sorot socana

  • Cing Cangkeling - Danghyang Mughni Pancaniti (Jawa Barat)

Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten

Plos ka kolong bapak satar buleneng

Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten

Plos ka kolong bapak satar buleneng

Dengkleung dengdek buah kopi raranggeuyan

Keun anu dewek ulah pati di heureuyan

Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten

Plos ka kolong bapak satar buleneng

Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten

Plos ka kolong bapak satar buleneng

  • Cublak-Cublak Suweng - Sunan Giri (Jawa Tengah)

Cublak-cublak suweng

Suwenge ting gelenter

Mambu ketudhung gudhel

Pak Gempong lera lere

Sapa ngguyu ndelikake

Sir sir pong dele gosong

Sir sir pong dele gosong

  • Gundhul Pacul - Sunan Kalijaga & R.C. Hardjosubroto (Jawa Tengah)

Gundul gundul pacul cul

Gembelengan

Nyunggi nyunggi wakul kul

Gembelengan

Wakul ngglimpang

Segone dadi sak latar

Wakul ngglimpang

Segone dadi sak latar

  • Rek Ayo Rek - Is Haryanto (Jawa Timur)

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan

Rek ayo rek rame rame bebarengan

Cak ayo cak sopo gelem melu aku

Cak ayo cak dolek kenalan cah ayu

Ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto

Masio mung nyenggal nyenggol ati lego

Sopo ngerti nasib Awak lagi mujur

Kenal anake sing dodol rujak cingur

Jok dipikir angger podho gak duwe sangu

Jok dipikir Angger podho gelem mlaku

Mangan tahu jok dicampur nganggo timun

Malam minggu jok podho digawe nglamun

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan

Rek ayo rek rame rame bebarengan

Cak ayo cak sopo gelem melu aku

Cak ayo cak dolek kenalan cah ayu

7. Lagu Daerah DI. Yogyakarta

Lagu Daerah Dan Asalnya 34 Provinsi A5f22

Selain terkenal dengan makanan khasnya yaitu Gudeg, Yogyakarta juga punya beberapa lagu daerah yang enak buat di dengar saat kamu sudah bosan nonton film, main game, atau lainnya.

Tapi, di sini Jaka cuma bisa memberikan salah satunya saja karena agak sulit untuk mendapatkan lagunya, geng. Berikut adalah lagu daerah Papua yang bisa kamu dengarkan.

  • Suwe Ora Jamu - R.C. Hardjosubroto

Suwe ora jamu

Jamu godhong tela

Suwe ora ketemu

Ketemu pisan gawe gela

Suwe ora jamu

Jamu godhong tela

Suwe ora ketemu

Ketemu pisan gawe gela

8. Lagu Daerah Kalimantan

30 Lagu Daerah Dan Penciptanya Cb594

Sumber foto: Bhaca.com (Lagu daerah ampar-ampar pisang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan).

Kalau kamu berasal dari Kalimantan atau memang suka lagu-lagu daerah dari Provinsi ini, kamu bisa dengar kumpulan lagunya di bawah ini, geng!

  • Ampar-Ampar Pisang - Hamiedan AC (Kalimantan Selatan)

Ampar ampar pisang

Pisangku balum masak

Masak sabigi dihurung bari-bari

Masak sabigi dihurung bari-bari

Mangga lepak mangga lepok

Patah kayu bengkok

Bengkok dimakan api

apinya canculupan

Patah kayu bengkok

Bengkok dimakan api

Apinya canculupan

Jari kaki sintak dahuluakan masak

Ampar ampar pisang

Pisangku balum masak

Masak sabigi dihurung bari-bari

Masak sabigi dihurung bari-bari

Mangga ricak mangga ricak

Patah kayu bengkok

Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang

Nang mana batis kutung dikitip bidawang

  • Cik Cik Periuk - Anonim (Kalimantan Barat)

Cik cik periook bilanga sumping dari jawe

Datang nek krcibook bawa kepiting dua ekook

Cik cik periook bilanga sumping dari jawe

Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook

Cak cak bur dalam bilanga picak iddung gigi rongak

Sape kitawa dolok dipancung raje tunggak hei

  • Indung-Indung - Ilin Sumantri (Kalimantan Timur)

Indung indung kepala lindung

Hujan di udik disini mendung

Anak siapa pakai kerudung

Mata melirik kaki kesandung

Anak siapa pakai kerudung

Mata melirik kaki kesandung

La haula wa la quwwata

Mata melihat seperti buta

Tiada daya tiada upaya

Melainkan tuhan yang maha esa

Tiada daya tiada upaya

Melainkan tuhan yang maha esa

Aduh aduh siti aisyah

Mandi di kali rambutnya basah

Tidak sembahyang tidak puasa

Di dalam kubur mendapat siksa

Tidak sembahyang tidak puasa

Di dalam kubur mendapat siksa

Duduk goyang di kursi goyang

Beduk subuh hampir siang

Bangunkan ibu suruh sembahyang

Jadilah anak yang tersayang

Bangunkan ibu suruh sembahyang

Jadilah anak yang tersayang

Indung indung kepala lindung

Hujan di udik disini mendung

Anak siapa pakai kerudung

Mata melirik kaki kesandung

9. Lagu Daerah Sulawesi

Lagu Daerah Sulawesi 62749

Si patokaan mungkin menjadi salah satu lagu daerah Sulawesi yang paling terkenal, tapi selain itu ada juga lho lagu daerah Sulawesi lainnya yang nggak kalah keren.

  • Si Patokaan - Muhammad Dancek Simanjuntak Siregar (Sulawesi Utara)

Sayang sayang si patokaan

Matego tego gorokan sayang

Sayang sayang si patokaan

Matego tego gorokan sayang

Sako mangemo tanah man jauh

Mangemo milei leklako sayang

  • Anak Kukang - Bora DG Irate (Sulawesi Selatan)

Kukana tuni pela tuni buang ritamparang

Tuni ayukkan rije'ne narampung tau maraeng

Caddi caddi dudu in'ja nana pellaka ammaku

Mantang mama ka'leka'le tu'guru je'nne matanku

Aule sa'resa're na i kukang sayang

Sa're tenama kucini lino empo tenama te'nena

Aule sa'resa're na i kukang sayang

Sa're tenama kucini lino empo tenama te'nena

  • Tope Gugu - Anonim (Sulawesi Tengah)

Tope tope gugu

Lagaligo hointado

Hoinalenga pompiri

Pompiri...

Ane manutina nitu

Tunu bokukande atena

Atena jokulau ampena

Ampena kupakei kupatente lau

Lau ambe jara nipakei tina ala

Ala makancara riasenaitopa

Topamalajong malajong pulo mada

Mada padongkonailawe

Mada padongkonailawe

10. Lagu Daerah Papua

25 Lagu Daerah C9d21

Lagu daerah yang terakhir ada dari Provinsi Papua nih, geng. Kalau kamu mendengarkan lagunya, langsung saja cek berikut ini.

  • Sajojo - David Rumagesan

Sajojo, sajojo

Yumanampo misa papa

Samuna muna muna keke

Samuna muna muna keke

Sajojo, sajojo

Yumanampo misa papa

Samuna muna muna keke

Samuna muna muna keke

Kuserai, kusaserai rai rai rai rai

Kuserai, kusaserai rai rai rai rai

Inamgo mikim ye

Pia sore, piasa sore ye ye

Inamgo mikim ye

Pia sore, piasa sore ye ye

Akhir Kata

Nah, itulah tadi kumpulan lagu daerah dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, geng.

Sayangnya, Jaka belum bisa memasukkan semua lagu daerah dari 34 provinsi di Indonesia karena nggak tersedia di aplikasi musik streaming yang Jaka pakai.

Kalau kamu paling suka lagu daerah yang mana? Coba sebutkan 10 lagu daerah beserta asalnya yang paling kamu suka dan share di kolom komentar bawah ya!

Baca juga artikel seputar Lagu atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Download Lagu 51329

10 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik Android, Lebih Irit Kuota!

Lagu Galau Indonesia D8acf

50+ Lagu Galau Indonesia Terbaik dan Terbaru di Tahun 2020, Baper Maksimal!

Lagu Slow Barat 2bfb4

100+ Lagu Barat Slow Terbaik dan Terbaru 2020, Asyik Buat Santai!

7 Aplikasi Edit Suara Gratis Terbaik 2020 Di Android Pc Bikin Suara Merdu C4487

7 Aplikasi Edit Suara Gratis Terbaik di Android & PC | Bikin Suara Merdu!

10 Situs Download Lagu MP3 Terbaik & Terbaru 2020, Dijamin Gratis!

Lagu Tiktok Terbaru B0ae3

25+ Lagu TikTok Terbaru yang Viral di 2020, Bukan Aplikasi Alay Lagi!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
50 Lagu 90an Indonesia dan Barat Terbaik | Bikin Nostalgia!

50 Lagu 90an Indonesia dan Barat Terbaik | Bikin Nostalgia!

20+ Lagu TikTok Terbaru yang Viral di 2020, Bukan Aplikasi Alay Lagi!

20+ Lagu TikTok Terbaru yang Viral di 2020, Bukan Aplikasi Alay Lagi!

50 Judul Lagu Wajib Nasional, Pencipta, dan Lirik Lagu + Download

50 Judul Lagu Wajib Nasional, Pencipta, dan Lirik Lagu + Download

Cara Memotong Lagu MP3 dengan Mudah, Bisa Buat Ringtone HP!

Cara Memotong Lagu MP3 dengan Mudah, Bisa Buat Ringtone HP!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal