• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kumpulan Lagu Daerah Seluruh Indonesia (34 Provinsi) + Lirik

Kumpulan Lagu Daerah Seluruh Indonesia (34 Provinsi) + Lirik

00
Selasa, 7 Apr 2020, 12:00 WIB
Dapat tugas suruh menghafal lagu daerah? Nggak usah kahwatir! Nih, Jaka punya kumpulan lagu daerah dari berbagai provinsi di Indonesia.

Meskipun mungkin eksistensinya di kalangan anak muda terkalahkan oleh lagu pop Indonesia, lagu barat, atau bahkan lagu dangdut, tapi lagu daerah tentu saja lebih kental dengan nilai moral dan budaya.

Oleh karena itu, lagu-lagu daerah akan selalu menjadi aset budaya yang harus selalu kita jaga dan lestarikan dari masa ke masanya.

Nah, buat kamu yang ngaku cinta tanah air dan lagi cari 34 lagu daerah dan penciptanya, kali ini Jaka akan kasih kamu kumpulan lagu daerah dari berbagai provinsi di Indonesia lengkap dengan pencipta dan liriknya.

Penasaran? Yuk, langsung saja simak artikel selengkapnya berikut ini!

Kumpulan Lagu Daerah Dari Berbagai Provinsi di Indonesia

Dapat tugas kesenian dari sekolah untuk menghafal lagu daerah? Terus sekarang kamu mau cari lagu daerah yang pendek dan mudah dihafal saja? Tenang!

Kamu tinggal pilih saja salah satu dari kumpulan lagu daerah di Indonesia selengkapnya berikut ini.

Oh iya, kamu bisa mendengarkan versi full MP3-nya lewat aplikasi streaming musik di HP ya! Selamat mendengarkan!

Note:
Beberapa lagu daerah di bawah ini tidak dinyanyikan oleh penyanyi aslinya karena keterbatasan sumber.

1. Lagu Daerah Nagroe Aceh Darussalam

Lirik Lagu Daerah E65c7

Mau pilih lagu daerah Aceh saja buat dinyanyikan saat karaoke bersama teman-teman? Mending dengarkan dulu beberapa lagu daerah Aceh berikut ini buat latihan!

  • Bungong Jeumpa - Ikhtisar Radja Jeumpa

Bungong jeumpa, bungong jeumpa meugah di Aceh
Bungong teuleub h, teuleubeh indah lagoe na
Puteh kun ng meujampu mirah
Keumang siulah cidah that rupa
Lam sina buleuen, lam sina buleuen angen peuayn
Ruroh meususon, meususon, nyang mala-mala
Mangat that mubee meunyo tatem com
Leupah that harom si bungong jeumpa

  • - Piso Surit - Depari

Piso Surit Piso Surit
terdilo-dilo terpingko-pingko
lalap la jumpa ras atena ngena
i ja kel kena tengahna gundari
siangna menda turang atena wari
entabeh naring mata kena tertunduh
kami nimaisa turang tangis teriluh
nggo nggo me dagena mulih me gelah kena
bage me nindu rupa ari agi kakana
tengah kesain keri lengetna
remang mekapal turang seh kel bergehna
tekuak manuk ibabo geligar
enggo me selpat turang kite-kite ku lepar

2. Lagu Daerah Sumatera

Lagu Daerah Dan Asalnya 79eb2

Pasti kamu tahu dong kalau Pulau Sumatera punya banyak lagu daerah yang enak-enak banget untuk didengarkan.

Nah, berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa kamu dengarkan, geng.

  • - Sinanggar Tulo - Vicky Sianipar (Sumatera Utara)

Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Sinanggar tullo tullo a tullo
Tu di a ma lu lu an
Da goreng goreng ba hen so ban sa
I tu di a ma lu lu an
Da boru to bing ba hen do ngan
Sinanggar tullo tullo a tullo

  • - Kampuang Nan Jauh di Mato - Oslan Husein (Sumatera Barat)

Kampuang nan jauh di mato
Gunuang Sansai Baku Liliang
Takana Jo Kawan, Kawan Nan Lamo
Sangkek Basu Liang Suliang
Panduduknya nan elok nan
Suko Bagotong Royong
Kok susah samo samo diraso
Den Takana Jo Kampuang
Takana Jo Kampuang
Induk Ayah Adik Sadonyo
Raso Mangimbau Ngimbau Den Pulang
Den Takana Jo Kampuang

  • - Dek Sangke - N.Zahara dan A.dahlan (Sumatera Selatan)

Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke
Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke
Dek sangke aku dek sangke
Awak tunak ngaku juare
Alamat badan sengsare
Akhirnya masuk penjare
Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke
Dek sangke aku dek sangke
Cempedak babuah nangke
Dek sangke aku dek sangke
Ujiku gadis tabetanye jande mude
Anaknye lah ade tige
Dek sangke bujang tegile

3. Lagu Daerah Riau

Kumpulan Lagu Daerah Dan Penciptanya Bdcea

Buat kamu yang mau mendengarkan lagu daerah Riau, sayangnya di sini Jaka cuma bisa kasih satu judul lagu saja yang berjudul Soleram. Penasaran?

  • Soleram - anonim

Soleram
Soleram
Soleram
Anak yang manis
Anak manis janganlah dicium sayang
Kalau dicium merah lah pipinya
Satu dua
Tiga dan empat
Lima enam
Tujuh delapan
Kalau tuan dapat kawan baru sayang
Kawan lama ditinggalkan jangan

4. Lagu Daerah Jambi

Sebutkan 10 Lagu Daerah Beserta Asalnya 7d1d3

Selanjutnya ada lagu daerah dari Provinsi Jambi yang nggak kalah keren juga.

Tapi, di sini Jaka cuma bisa kasih satu lagu saja karena sulit untuk mendapatkan judul lagu daerah Jambi lainnya di aplikasi streaming musik yang Jaka gunakan.

  • Injit-Injit Semut - Rinto Harahap

Jalan-jalan ke tanah Deli
Sungguh indah tempat tamasya
Kawan jangan bersedih
Mari nyanyi bersama-sama
Kalau pergi ke Surabaya
Naik perahu dayung sendiri
Kalau hatimu sedih
Yang rugi diri sendiri
Injit-injit semut
Siapa sakit naik diatas
Injit-injit semut
Walau sakit jangan dilepas
Naik perahu ke Pulau Seribu
Sungguh hin
Sungguh malang nasibku
Punya pacar diambil orang
Ramai sungguh bandar Jakarta
Tempat orang mengikat janji
Walau pacar tak punya
Hati senang dapat bernyanyi

5. Lagu Daerah DKI Jakarta

Lagu Daerah Jakarta 11295

Mau mendengarkan lagu daerah Jakarta yang hits? Nih, Jaka punya beberapa lagu daerah Jakarta yang bisa kamu dengarkan!

  • Jali-Jali - Anonim

Ini dia si jali-jali
Lagunya enak lagunya enak merdu sekali
Capek sedikit tidak perduli sayang
Asalkan tuan asalkan tuan senang di hati
Palinglah enak si mangga udang
Hei sayang disayang pohonnya tinggi pohonnya tinggi buahnya jarang
Palinglah enak si orang bujang sayang
Kemana pergi kemana pergi tiada yang m'larang
Disana gunung disini gunung
Hei sayang disayang ditengah tengah ditengah tengah kembang melati
Disana bingung disini bingung sayang
Samalah sama samalah sama menaruh hati

  • Kicir-Kicir - Anonim

Kicir kicir ini lagunya
Lagu lama ya tuan dari Jakarta
Saya menyanyi ya tuan memang sengaja
Untuk menghibur menghibur hati nan duka
Burung dara burung merpati
Terbang cepat ya tuan tiada tara
Bilalah kita ya tuan suka menyanyi
badanlah sehat ya tuan hati gembira
Buah mangga enak rasanya
Si manalagi ya tuan paling ternama
Siapa saya ya tuan rajin bekerja
pasti menjadi menjadi warga berguna

  • Ondel-Ondel - Djoko Subagyo

Nyok kite nonton ondel-ondel
Nyok kite ngarak ondel-ondel
Ondel-ondel ade anaknye
anaknye nandak gel igelan
Mak Bapak ondel-ondel ngibing
Ngarak penganten disunatin
Nyang nonton rame ke girangan
Ikut ngarak iring iringan
Pak pak dung pak dung pak pak pak gendang nyaring ditepak
nyang nonton girang pade surak surak
Tangan iseng jailin pale anak ondel-ondel
Taroin puntungan rambut kebakaran
Anak ondel-ondel jejingkrakan
Palenye nyale bekobaran
Nyang nonton pade kebingungan
Disiramin air comberan

6. Lagu Daerah Jawa

34 Lagu Daerah Dan Penciptanya C5dcf

Sumber foto: Sejarah Lengkap (Bubuy Bulan merupakan salah satu lagu daerah Jawa yang berasal dari Provinsi Jawa Barat).

Seperti yang kita tahu bahwa pulau Jawa memiliki beberapa provinsi di dalamnya. Sehingga nggak heran kalau Jawa juga memiliki jumlah lagu daerah yang cukup banyak, geng.

Nah, kalau kamu mau mendengarkan lagu-lagu daerah Jawa, berikut adalah beberapa di antaranya yang bisa kamu dengarkan.

  • Manuk Dadali - Sambas Mangundikarta (Jawa Barat)

Mesat ngapung luhur jauh di awang-awang
Meberkeun jangjangna bangun taya karingrang
Sukuna ranggaos reujeung pamatukna ngeluk
Ngapak mega bari hiberna tarik nyuruwuk
Saha anu bisa nyusul kana tandangna
Gandang jeung pertentang taya bandingannana
Dipikagimir dipikaserab ku sasama
Taya karempan kasieun leber wawanenna
Manuk dadali manuk panggagahna
Perlambang sakti indonesia jaya
Manuk dadali pangkakon carana
Resep ngahiji rukun sakabehna
Hirup sauyunan tara pahiri-hiri
Silih pikanyaah teu inggis bela pati
Manuk dadali ngandung siloka sinatria
Keur sakumna bangsa di nagara indonesia

  • Bubuy Bulan - Benny Corda (Jawa Barat)

Bubuy bulan
Bubuy bulan sangray bentang
Panon poe
Panon poe disasate
Unggal bulan, unggal bulan
Unggal bulan abdi teang
Unggal poe, unggal poe
Unggal poe oge hade
Situ Ciburuy laukna hese dipancing
Nyeredet hate
Ningali ngeplak caina
Duh eta saha nu ngalangkung
unggal enjing
Nyeredet hate
Ningali sorot socana

  • Cing Cangkeling - Danghyang Mughni Pancaniti (Jawa Barat)

Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos ka kolong bapak satar buleneng
Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos ka kolong bapak satar buleneng
Dengkleung dengdek buah kopi raranggeuyan
Keun anu dewek ulah pati di heureuyan
Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos ka kolong bapak satar buleneng
Cing cangkeling manuk cingkleung cindeten
Plos ka kolong bapak satar buleneng

  • Cublak-Cublak Suweng - Sunan Giri (Jawa Tengah)

Cublak-cublak suweng
Suwenge ting gelenter
Mambu ketudhung gudhel
Pak Gempong lera lere
Sapa ngguyu ndelikake
Sir sir pong dele gosong
Sir sir pong dele gosong

  • Gundhul Pacul - Sunan Kalijaga & R.C. Hardjosubroto (Jawa Tengah)

Gundul gundul pacul cul
Gembelengan
Nyunggi nyunggi wakul kul
Gembelengan
Wakul ngglimpang
Segone dadi sak latar
Wakul ngglimpang
Segone dadi sak latar

  • Rek Ayo Rek - Is Haryanto (Jawa Timur)

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak dolek kenalan cah ayu
Ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto
Masio mung nyenggal nyenggol ati lego
Sopo ngerti nasib Awak lagi mujur
Kenal anake sing dodol rujak cingur
Jok dipikir angger podho gak duwe sangu
Jok dipikir Angger podho gelem mlaku
Mangan tahu jok dicampur nganggo timun
Malam minggu jok podho digawe nglamun
Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak dolek kenalan cah ayu

7. Lagu Daerah DI. Yogyakarta

Lagu Daerah Dan Asalnya 34 Provinsi A5f22

Selain terkenal dengan makanan khasnya yaitu Gudeg, Yogyakarta juga punya beberapa lagu daerah yang enak buat di dengar saat kamu sudah bosan nonton film, main game, atau lainnya.

Tapi, di sini Jaka cuma bisa memberikan salah satunya saja karena agak sulit untuk mendapatkan lagunya, geng. Berikut adalah lagu daerah Papua yang bisa kamu dengarkan.

  • Suwe Ora Jamu - R.C. Hardjosubroto

Suwe ora jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela
Suwe ora jamu
Jamu godhong tela
Suwe ora ketemu
Ketemu pisan gawe gela

8. Lagu Daerah Kalimantan

30 Lagu Daerah Dan Penciptanya Cb594

Sumber foto: Bhaca.com (Lagu daerah ampar-ampar pisang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan).

Kalau kamu berasal dari Kalimantan atau memang suka lagu-lagu daerah dari Provinsi ini, kamu bisa dengar kumpulan lagunya di bawah ini, geng!

  • Ampar-Ampar Pisang - Hamiedan AC (Kalimantan Selatan)

Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi dihurung bari-bari
Masak sabigi dihurung bari-bari
Mangga lepak mangga lepok
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
apinya canculupan
Patah kayu bengkok
Bengkok dimakan api
Apinya canculupan
Jari kaki sintak dahuluakan masak
Ampar ampar pisang
Pisangku balum masak
Masak sabigi dihurung bari-bari
Masak sabigi dihurung bari-bari
Mangga ricak mangga ricak
Patah kayu bengkok
Tanduk sapi tanduk sapi kulibir bawang
Nang mana batis kutung dikitip bidawang

  • Cik Cik Periuk - Anonim (Kalimantan Barat)

Cik cik periook bilanga sumping dari jawe
Datang nek krcibook bawa kepiting dua ekook
Cik cik periook bilanga sumping dari jawe
Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook
Cak cak bur dalam bilanga picak iddung gigi rongak
Sape kitawa dolok dipancung raje tunggak hei

  • Indung-Indung - Ilin Sumantri (Kalimantan Timur)

Indung indung kepala lindung
Hujan di udik disini mendung
Anak siapa pakai kerudung
Mata melirik kaki kesandung
Anak siapa pakai kerudung
Mata melirik kaki kesandung
La haula wa la quwwata
Mata melihat seperti buta
Tiada daya tiada upaya
Melainkan tuhan yang maha esa
Tiada daya tiada upaya
Melainkan tuhan yang maha esa
Aduh aduh siti aisyah
Mandi di kali rambutnya basah
Tidak sembahyang tidak puasa
Di dalam kubur mendapat siksa
Tidak sembahyang tidak puasa
Di dalam kubur mendapat siksa
Duduk goyang di kursi goyang
Beduk subuh hampir siang
Bangunkan ibu suruh sembahyang
Jadilah anak yang tersayang
Bangunkan ibu suruh sembahyang
Jadilah anak yang tersayang
Indung indung kepala lindung
Hujan di udik disini mendung
Anak siapa pakai kerudung
Mata melirik kaki kesandung

9. Lagu Daerah Sulawesi

Lagu Daerah Sulawesi 62749

Si patokaan mungkin menjadi salah satu lagu daerah Sulawesi yang paling terkenal, tapi selain itu ada juga lho lagu daerah Sulawesi lainnya yang nggak kalah keren.

  • Si Patokaan - Muhammad Dancek Simanjuntak Siregar (Sulawesi Utara)

Sayang sayang si patokaan
Matego tego gorokan sayang
Sayang sayang si patokaan
Matego tego gorokan sayang
Sako mangemo tanah man jauh
Mangemo milei leklako sayang

  • Anak Kukang - Bora DG Irate (Sulawesi Selatan)

Kukana tuni pela tuni buang ritamparang
Tuni ayukkan rije'ne narampung tau maraeng
Caddi caddi dudu in'ja nana pellaka ammaku
Mantang mama ka'leka'le tu'guru je'nne matanku
Aule sa'resa're na i kukang sayang
Sa're tenama kucini lino empo tenama te'nena
Aule sa'resa're na i kukang sayang
Sa're tenama kucini lino empo tenama te'nena

  • Tope Gugu - Anonim (Sulawesi Tengah)

Tope tope gugu
Lagaligo hointado
Hoinalenga pompiri
Pompiri...
Ane manutina nitu
Tunu bokukande atena
Atena jokulau ampena
Ampena kupakei kupatente lau
Lau ambe jara nipakei tina ala
Ala makancara riasenaitopa
Topamalajong malajong pulo mada
Mada padongkonailawe
Mada padongkonailawe

10. Lagu Daerah Papua

25 Lagu Daerah C9d21

Lagu daerah yang terakhir ada dari Provinsi Papua nih, geng. Kalau kamu mendengarkan lagunya, langsung saja cek berikut ini.

  • Sajojo - David Rumagesan

Sajojo, sajojo
Yumanampo misa papa
Samuna muna muna keke
Samuna muna muna keke
Sajojo, sajojo
Yumanampo misa papa
Samuna muna muna keke
Samuna muna muna keke
Kuserai, kusaserai rai rai rai rai
Kuserai, kusaserai rai rai rai rai
Inamgo mikim ye
Pia sore, piasa sore ye ye
Inamgo mikim ye
Pia sore, piasa sore ye ye

Akhir Kata

Nah, itulah tadi kumpulan lagu daerah dari berbagai provinsi yang ada di Indonesia, geng.

Sayangnya, Jaka belum bisa memasukkan semua lagu daerah dari 34 provinsi di Indonesia karena nggak tersedia di aplikasi musik streaming yang Jaka pakai.

Kalau kamu paling suka lagu daerah yang mana? Coba sebutkan 10 lagu daerah beserta asalnya yang paling kamu suka dan share di kolom komentar bawah ya!

Baca juga artikel seputar Lagu atau artikel menarik lainnya dari Shelda Audita.

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Download Lagu Terbaik Banner E1c4b

10 Aplikasi Download Lagu MP3 Terbaik untuk Android (Update 2020)

40 Lagu Galau Indonesia Terbaik Dan Terbaru Di Tahun 2020 Baper Maksimal E295c

50 Lagu Galau Indonesia Terbaik dan Terbaru di Tahun 2020, Baper Maksimal!

Top 100 Lagu Barat Slow Terbaik Dan Terbaru 2020 Asyik Buat Santai 5ed69

100+ Lagu Barat Slow Terbaik dan Terbaru 2020, Asyik Buat Santai!

Aplikasi Edit Suara Terbaik 2020 Banner 84ee8

7 Aplikasi Edit Suara Terbaik 2020 untuk Android & Laptop | Suara Jadi Merdu!

10 Situs Download Lagu MP3 Gratis, Terbaik & Terbaru 2020 + Cara Downloadnya

Banner 6cc8e

15 Lagu TikTok Terbaru yang Sedang Viral di 2020, Bukan Aplikasi Alay Lagi!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal