J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Berapa Banyak Kuota yang Dibutuhkan untuk Main Game-Game Populer? Ini Faktanya!

Berapa Banyak Kuota yang Dibutuhkan untuk Main Game-Game Populer? Ini Faktanya!

Kamis, 5 Sep 2019, 14:00 WIB
Kalian suka khawatir kehabisan kuota ketika bermain game online? Coba cek dulu yang satu ini supaya kamu bisa main game dengan tenang!

Makin ke sini, popularitas game online memang sedang meningkat secara drastis. Sudah tidak banyak game offline yang mampu menyainginya.

Salah satu alasannya adalah kita bisa main game bersama teman dan seluruh pemain dari seluruh dunia, sehingga aktivitas bermain game pun bisa menjadi lebih seru.

Akan tetapi, tentu game online butuh kuota agar bisa memainkannya. Untuk kamu yang sering khawatir kehabisan kuota, Jaka punya ulasan terkait berapa kuota yang dibutuhkan untuk bermain game!

Berapa Banyak Kuota yang Habis untuk Main Game Online?

Jika kita menengok beberapa tahun yang lalu ketika belum ada smartphone, kita harus punya konsol seperti PlayStation (PS) atau setidaknya pergi ke rental untuk bermain game.

Pada masa-masa tersebut, kita tidak pernah merisaukan yang namanya paket data. Paling masalahnya adalah kaset game PS yang rusak atau file save kita di Memory Card rusak.

Dengan game online yang ada di berbagai perangkat, kita bisa main game bersama-sama selama ada koneksi internet.

Supaya enggak boros kuota internet ketika bermain game, yuk langsung aja simak artikel di bawah ini!

Game Online di PC

Kuota Dibutuhkan Bermain Game 1 7c6fd
Sumber foto: YouTube

Sekarang banyak game di PC yang lebih menyenangkan untuk dimainkan secara online. Tentu saja, game online di PC juga lebih boros kuota karena kualitas yang dimiliki juga lebih tinggi.

Jika dibandingkan dengan browsing dan mengirim email, bermain game memang cukup boros kuota. Rata-rata, game online membutuhkan sekitar 40 MB hingga 300 MB tiap jamnya.

Fortnite merupakan game yang cukup populer di antara pemain. Dengan grafis yang menawan, apakah game ini menguras kuota besar? Dilansir dari whistleout, Ternyata hanya 100 MB tiap jamnya.

Apakah itu termasuk ringan? Coba kita bandingkan dengan kompetitor terbesarnya, PUBG. Tiap jamnya, game ini hanya membutuhkan kuota 40 MB.

Untuk lengkapnya, kamu bisa cek dari tabel berikut:

Tabel Data Per Hour Aba62
Sumber foto: whistleout

Dilihat dari tabel di atas, Game MOBA yang sering dilombakan untuk eSports, Dota 2, butuh kurang lebih 120 MB tiap jamnya.

Salah satu game open world terbaik sepanjang masa, GTA V, hanya membutuhkan sekitar 60 MB tiap jamnya.

Game First Person Shooter lainnya, Counter-Strike: Global Offensive, termasuk yang cukup berat dengan menghabiskan data 250 MB tiap jamnya.

Artinya, dengan kuota satu GB akan cukup untuk digunakan bermain game ini selama 4 jam. Ada yang lebih berat? Ada dong. Destiny 2 butuh kuota 300 MB tiap jamnya.

Belum lagi jika ada downloadable content yang mewajibkan kamu mengunduh data-data tambahan untuk meningkatkan pengalaman bermainmu.

Game Online di Smartphone

Kuota Dibutuhkan Bermain Game 3 74450
Sumber foto: Android Central

Itu tadi baru game online PC. Bagaimana dengan game-game yang bisa kita mainkan di smartphone kita? Rata-rata butuh data yang lebih sedikit dibandingkan dengan game PC.

Contohnya adalah PUBG. Di sebuah forum, para pemain game ini mengatakan bahwa mereka membutuhkan sekitar 15 hingga 50 MB untuk setiap 30 menit.

Perbedaaan ini terjadi karena pengaturan yang digunakan para pemain berbeda-beda. Semakin bagus kualitas grafis yang dipilih, tentu semakin besar kuota yang dibutuhkan.

Voice chat cukup memengaruhi penggunaan data yang dibutuhkan. Satu jam bermain tanpa voice chat hanya membutuhkan data kurang dari 30 MB saja.

Bagaimana dengan game Fortnite di Android maupun iOS? Ternyata enggak berbeda jauh. Dalam waktu satu jam, Fortnite membutuhkan data sekitar 50 hingga 60 MB per jamnya.

Game MOBA Mobile Legends juga hanya membutuhkan sekitar 15 MB tiap jamnya, di mana tiap gamenya (kurang lebih 20 menit) hanya butuh sekitar 5 MB saja.

Akhir Kata

Sebagai perbandingan, kamu membutuhkan data sebesar 7 GB untuk streaming video 4K selama satu jam. Untuk streaming audio HQ selama 1 jam, kamu membutuhkan 125 MB.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bermain game membutuhkan kuota yang lebih sedikit jika dibandingkan menonton video 4K dan setara dengan mendengarkan audio HQ.

Mungkin yang agak berat dari game adalah ketika mengunduhnya. Lebih baik kamu download gamenya ketika terhubungan dengan jaringan Wi-Fi aja, geng.

Untuk mengurangi penggunaan kuota, kamu bisa melakukan berbagai cara seperti mengurangi kualitas game, mematikan suara atau voice chat, dan membatasi waktu bermain.

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Menghemat Data Netflix Banner 73414

Cara Menghemat Data Ketika Nonton Netflix, Kuota Gak Bakal Bocor!

Negara Paling Boros Kuota Internet Banner A30b1

Negara Paling Boros Kuota Internet di Dunia, Indonesia Termasuk?

Game Action Offline Terbaik Banner C25f4

10 Game Action Offline Terbaik di Android 2019, Gak Makan Kuota!

Game Bola Offline Banner A7c5c

15 Game Bola Offline Terbaik, Gratis Tanpa Sedot Kuota!

Kota Indonesia Internet Paling Ngebut Banner A2965

Bukan Jakarta, Inilah Daftar Kota di Indonesia dengan Internet Paling Ngebut!

Cara Membobol Wifi Yang Dipassword Banner Efc19

2 Cara Membobol Password WiFi di HP Android Tanpa Root, Internetan Gratis!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal