J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Kota dengan Teknologi Paling Canggih di Dunia | Amerika Menang Telak?

              7 Kota dengan Teknologi Paling Canggih di Dunia | Amerika Menang Telak?

              00
              Minggu, 11 Agt 2019, 18:00 WIB
              Teknologi sangat penting bagi kemajuan suatu negara ataupun kota. Simak artikel Jaka mengenai kota dengan kemajuan teknologi terbaik di dunia

              Kota adalah masa depan. Berdasarkan data dari World Health Organization atau WHO, dua per tiga dari seluruh orang di dunia akan tinggal di kota besar dalam kurang dari 35 tahun ke depan.

              Berdasarkan data tersebut, kira-kira akan ada 2,5 miliar tambahan penduduk yang akan ada di kota-kota besar. Kota yang akan paling padat penduduk adalah kota dengan teknologi tercanggih.

              Semakin canggih teknologi di sebuah kota, maka orang-orang yang tinggal di dalamnya akan lebih sejahtera. Contoh saja teknologi kota hijau yang membuat warganya hidup dengan sehat.

              7 Kota dengan Perkembangan Teknologi Paling Canggih di Dunia

              Sebuah perusahaan research bernama 2thinknow meneliti dan menganalisa kota-kota di dunia untuk mencari tahu manakah kota paling inovatif dalam urusan teknologi.

              Perusahaan ini memilih 10 faktor untuk mengukur kecanggihan teknologi yang ada di dalam suatu kota, termasuk jumlah start-up, jumlah investor, inovasi, pengguna smartphone, dan masih banyak lagi.

              Pastinya kamu penasaran, dong? Langsung saja, yah. Berikut adalah 7 kota dengan perkembangan teknologi paling canggih di dunia.

              1. San Fransisco, Amerika Serikat

              1 Eef58

              San Francisco adalah kota yang terletak di negara bagian California, Amerika Serikat. Sebuah distrik di San Francisco yang bernama Silicon Valley seringkali disebut kiblat teknologi seluruh dunia.

              San Francisco, terutama Silicon Valley, merupakan rumah bagi raksasa-raksasa teknologi dunia, seperti Google, Facebook, dan Apple.

              Banyak sekali programer-programer jenius dan seniman-seniman terkenal yang tinggal di San Francisco. Nggak cuma canggih, San Francisco juga artsy banget, geng.

              Nggak cuma itu, banyak banget start-up teknologi yang lahir dan besar di San Francisco. Oleh karena itu, nggak heran kalau inovasi teknologi di San Francisco adalah yang tercanggih di dunia.

              2. New York, Amerika Serikat

              2 7ece2

              Pada posisi ke-2 ditempati oleh kota New York yang ada di Amerika Serikat. Teknologi infrastruktur di New York, seperti subway, terus berkembang pesat setiap tahunnya.

              Kira-kira ada 7000 perusahaan teknologi besar yang mendirikan kantor di New York. Perusahaan-perusahaan tersebut menyediakan hingga 100.000 peluang kerja pada kuartal ke-3 di tahun 2013 lalu.

              Selain itu, New York juga telah meluncurkan teknologi yang terintegrasi ke seluruh kota, yakni LinkNYC. LinkNYC adalah layanan WiFi gratis yang berada di lebih dari 500 spot di seluruh Manhattan.

              3. London, Inggris

              3 Dd568

              Urutan ke-3 kota tercanggih di dunia ditempati oleh kota London. Saat ini, pemerintah Inggris sedang mengerjakan proyek Crossrail di London, proyek transportasi terbesar di Eropa.

              Crossrail merupakan jalur kereta bawah tanah sepanjang 118 kilometer yang menghubungkan London dengan kota-kota lain di sekitarnya. Proyek ini direncanakan akan selesai pada tahun 2020 mendatang.

              Sampai tahun 2018 diperkirakan sudah ada 10 jalur kereta baru yang menghubungkan 30 stasiun baru, terhitung dari 2016.

              Kota London cukup seimbang, geng. Disamping kecanggihan teknologi yang dimiliki, London juga masih melestarikan sejarah melalui bangunan-bangunan tua yang selalu terawat.

              4. Los Angeles, Amerika Serikat

              4 7ca75

              Posisi ke-4 kota tercanggih di dunia masih didominasi oleh Amerika Serikat nih, geng. Los Angeles merupakan kota yang terletak di pantai barat Amerika Serikat.

              Los Angeles memang terkenal dengan industri perfilman yang ada di Hollywood, namun nggak cuma industri perfilman saja yang ada di sana.

              Berdasarkan data, Los Angeles memiliki sektor pekerjaan di bidang teknologi yang terbesar melebihi semua kota di Amerika Serikat.

              Total dana yang dikucurkan sebagai modal untuk perusahaan-perusahaan start-up teknologi di Los Angeles jumlahnya sangat besar, geng.

              5. Seoul, Korea Selatan

              5 667b1

              Siapa yang sangka kalau ibu kota dari Korea Selatan ini mampu menjadi kota tercanggih ke-5 di dunia dan juga ibu kota tercanggih nomor 1 di Asia?

              Seoul sering dianggap sebagai kota masa depan karena kecanggihan teknologi yang dimilikinya. Sistem transportasi di Seoul dianggap lebih baik dibanding di New York yang lebih terkenal.

              Seoul merupakan markas dari produsen smartphone terbesar di dunia masa kini, Samsung. Pantas saja kalau Seoul memiliki reputasi yang sangat baik di bidang teknologi.

              Banyak juga paten-paten teknologi yang didaftarkan oleh perusahaan-perusahaan di Seoul, termasuk sinyal LTE yang digunakan oleh smartphone kita.

              6. Taipei, Taiwan

              6 31142

              Pada posisi ke-6, kota tercanggih di dunia kembali diduduki oleh kota dari benua Asia, yakni Taipei, geng. Taipei merupakan pemimpin dalam inovasi desain industrial.

              Banyak sekali perusahaan teknologi raksasa dunia bermarkas di kota Taipei, Taiwan, seperti ASUS, MSI, Acer, dan lain-lain.

              Selain itu, Taipei juga merupakan salah satu kota yang memiliki jaringan internet tercepat di dunia hingga mencapai 1 Gbps. Kenceng banget ya, geng.

              7. Boston, Amerika Serikat

              7 0f18c

              Nampaknya, predikat negara tercanggih di dunia harus kita berikan ke Amerika Serikat, geng. Wajar saja, 4 dari 7 kota tercanggih di dunia terletak di Amerika Serikat.

              Kota Boston sendiri terletak di negara bagian Massachusetts, Amerika Serikat. Banyak kampus-kampus top dunia yang berada di Boston, seperti Harvard, MIT, dan lain-lain.

              Banyak sekali mahasiswa di kampus-kampus top tersebut yang mengambil jurusan bioteknologi dan robotik. Kebayang, dong, betapa pinternya orang-orang yang ada di Boston?

              Boston memiliki banyak investor yang mendukung mereka, seperti Battery Ventures, Atlas Ventures, Bessemer Venture Partners, dan masih banyak lagi.

              Semua investor tersebut mengucurkan dana untuk riset-riset di Boston.

              Saking pinternya orang-orang di Boston, Facebook dan Amazon mendirikan kantor-kantor Research & Development untuk mendayagunakan orang-orang cerdas di sana. Luar biasa!

              Akhir Kata

              Demikian artikel Jaka mengenai 7 kota dengan perkembangan teknologi paling canggih di dunia.

              Semoga saja kota-kota di Indonesia dapat meniru daripada cuma pasang musik di lampu merah atau membagikan tanaman hias.

              Sampai bertemu di artikel Jaka selanjutnya, ya!

              Baca juga artikel seputar Teknologi atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal