J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Koruptor Terkorup di Dunia | Ada yang dari Indonesia!

Senin, 22 Feb 2021, 10:00 WIB
Para koruptor paling korup di dunia ini ternyata ada yang dari Indonesia. Bahkan nilai uang yang mereka gelapkan mencapai triliunan Rupiah!

Korupsi merupakan masalah serius di banyak negara, termasuk di Indonesia. Bahkan kasus korupsi terjadi sejak masa kolonial Belanda.

Berita mengenai penangkapan orang-orang terlibat dalam pencurian uang tersebut, selalu menjadi berita besar.

Bahkan tak henti-hentinya setiap media memberitakan mengenai penangkapan orang-orang yang terlibat dalam kasus korupsi di seluruh dunia.

Berikut ini Jaka sudah merangkum sejumlah koruptor paling parah di dunia. Bahkan salah satunya, tokoh terkenal di Indonesia.

1. Sani Abacha

Kasus Korupsi Terbesar Di Indonesia 50847

Skandal korupsi yang ini melibatkan mendiang Sani Abacha, presiden Nigeria dari 1993 hingga wafatnya pada 1998.

Rezim Abacha diwarnai oleh skandal korupsi yang baru kemudian terbongkar setelah wafatnya. Ia diketahui mengambil uang rakyat sekitar 3-5 miliar dolar AS atau sekitar Rp42-70 triliun dalam kurs sekarang.

Tahun 2014, Departemen Kehakiman AS membekukan dana gelap lebih dari 458 juta dolar AS atau lebih dari Rp6,4 triliun yang disembunyikan Abacha dan komplotannya di seluruh dunia.

Selama bertahun-tahun, Nigeria telah berjuang untuk mengembalikan uang tersebut, tetapi perusahaan komplotan keluarga Abacha memperkeruh suasana dengan terus memperjuangkan uang haram tersebut di pengadilan selama lima tahun.

Namun pada 2019, lelah menerima tekanan publik, lembaga rahasia penyelundupan pajak di Jersey, Inggris, mengumumkan telah memasukkan 268 juta dolar AS atau Rp3,8 triliun ke dalam dana pemulihan aset yang pada akhirnya akan dikembalikan ke Nigeria.

2. Alberto Fujimori

Korupsi Soeharto 05ff3

Politik di Peru sering kali diwarnai oleh korupsi dan masalah hak asasi manusia (HAM). Salah satunya terjadi pada Alberto Fujimori.

Menjadi Presiden Peru dari 1990 hingga 2000, politisi Peru keturunan Jepang ini menyelewengkan lebih dari 75 persen anggaran Badan Intelijen Nasional tanpa menyuap politisi, hakim, dan media.

Sehingga Fujimori memberikan citra "bersih" kepada publik selama masa kepresidenannya.

Sementara ia memerintahkan pasukan rahasia untuk membunuh gerilyawan dan diduga menggelapkan uang rakyat senilai 600 juta dolar AS atau Rp8,4 triliun.

Setelah melarikan diri ke Jepang pada tahun 2000 dan ditangkap di Cile pada 2005, Fujimori menjadi kepala negara pertama yang diekstradisi ke negara asalnya, diadili, dan dijatuhi hukuman minimal 30 tahun penjara.

Tuduhan yang ditimpakan padanya adalah korupsi dan pelanggaran HAM. Sempat diberi grasi pada 2017 oleh Pedro Pablo Kuczynski, mantan presiden peru dari 2016 - 2018, Fujimori kembali ke penjara pada 2019.

3. Ramzan Kadyrov

Kasus Korupsi Di Indonesia 646da

"Setiap orang harus membayar pajak untuk bisa tetap bekerja." Peraturan yang aneh, bukan? Tetapi, itulah yang dialami rakyat Republik Chechnya.

Tiap bulannya, rakyat Chechnya membayar "pajak" kepada sang presiden sejak 2007, Ramzan Kadyrov.

"Pajak" tersebut merenggut setengah dari pendapatan rakyat Chechnya, 648 - 864 juta dolar AS per tahun atau hampir Rp12 triliun!

Meskipun sebagian dana tersebut digunakan untuk kemanusiaan seperti bantuan untuk Somalia dan membangun tempat tinggal serta rumah ibadah, presiden nyentrik yang gemar bermain media sosial ini juga sempat kedapatan menggunakan dana tersebut untuk berfoya-foya.

Selain membelikan motor gede (moge) untuk geng biker yang pro-Kadyrov, sang presiden pernah bertinju dengan Mike Tyson, bermain bola dengan Diego Maradona, memelihara anak harimau, hingga menggelar pesta ulang tahun ke-35 besar-besaran dari uang rakyat!

Menurut para pengamat politik Eropa, bagi Presiden Rusia, Vladimir Putin, Kadyrov sudah seperti "anak" sendiri.

Sedangkan bagi Kadyrov, Putin adalah "tokoh panutan". Dengan kata lain, Putin juga menganggap Kadyrov sebagai perpanjangan tangannya menghilangkan orang-orang yang berusaha menjatuhkan citranya.

4. Ferdinand dan Imelda Marcos

Negara Korupsi Terbesar Di Dunia 36bbc

Pria ini pernah menjabat sebagai presiden Filipina dari tahun 1965-1986, sebelum diberhentikan lewat revolusi yang dilakukan rakyat Filipina.

Selama masa kediktatorannya, utang negara telah tumbuh dari 1 miliar dolar AS menjadi 25 miliar dolar AS atau lebih dari Rp350 triliun!

Ia menggunakan rekening bank di luar negeri untuk menyalurkan dana pemerintah ke rekening pribadinya.

Laporan menyatakan bahwa ia telah mencuri 5-10 miliar dolar AS dari kas Filipina atau Rp140 triliun dalam kurs sekarang.

5. Mobutu Sese Seko

Korupsi Di Somalia Bc1e5

Ia pernah menjabat sebagai presiden Republik Kongo dari tahun 1965-1997. Sementara ia berkuasa, ia mengubah nama Kongo menjadi Zaire pada tahun 1971.

Selama rezim diktatornya, ia dikenal karena nepotisme, berbelanja ke Paris, dan menggelapkan dana pemerintah. Dilaporkan bahwa ia telah menggelapkan 4-15 miliar dolar AS atau Rp211 triliun!

Negara tersebut telah mengalami inflasi yang tinggi, utang berlebihan, dan devaluasi mata uang.

Pada tahun 1991, kerusahan dan masalah ekonomi menyebabkan ia berbagi kekuasaan dengan pemimpin oposisi, tapi dia menggunakan tentara untuk mencegah perubahan tersebut.

Pada bulan Mei 1997, ia dilempar dari kekuasaan oleh pasukan pemberontak. Ia kemudian meninggal di Maroko.

6. Slobodan Milosevic

Negara Korupsi Terbesar Di Dunia 2020 3451b

Slobodan Milosevic merupakan presiden Serbia dari tahun 1989-1997 dan presiden Republik Federal Yugoslavia dari tahun 1997-2000. Pada tahun 2001, ia ditangkap karena korupsi dan penyalahgunaan kekuasaan.

Milosevic diserahkan ke pengadilan kejahatan perang PBB di Den Haag di mana ia didakwa melakukan kejahatan terhadap kemanusiaan.

Bahkan ia diduga melakukan penggunaan ilegal dana pemerintah senilai 2,1 miliar dolar AS atau Rp29,5 triliun. Ia meninggal sebelum persidangan berakhir.

7. Saddam Hussein

20 Negara Terkorup Di Dunia 3dd33

Saddam Hussein dikenal sebagai presiden Irak dari tahun 1979-2003. Pada tahun 2003, beberapa jam sebelum invasi Amerika Serikat.

Ia memerintahkan Bank Sentral Irak untuk mentransfer 1 miliar dolar AS atau Rp14 triliun dari kas pemerintah ke rekening pribadinya.

Menurut penyelidikan Senat AS, Saddam Hussein telah menggelapkan sekitar 21 miliar dolar AS atau Rp295 triliun dari penjualan minyak dan program bantuan makanan.

8. Viktor Yanukovych

Peringkat Korupsi Indonesia Fcb6c

Diangkat sebagai presiden Ukraina pada 2010, Viktor Yanukovych mengakhiri masa jabatannya dengan kehinaan dan kabur ke Rusia pada Februari 2014.

Ia meninggalkan rumah sebesar 140 hektar lengkap dengan lapangan golf, peternakan burung unta, kebun binatang pribadi, "roti emas", dan replika kapal perang Spanyol di Mezhyhirya.

Pada 2019, pengadilan Ukraina secara in absentia menjatuhkan hukuman 13 tahun pada Yanukovych atas tuduhan pengkhianatan.

Dengan menggunakan perusahaan cangkang, Yanukovych menyelewengkan uang rakyat demi keuntungan pribadi.

Media publik Swedia, SVT, membocorkan bahwa Yanukovych menerima suap sebesar 3,7 juta dolar AS (Rp52 miliar) pada 2011 dan melakukan dua transaksi pada 2007 dan 2018 dengan total 18 juta dolar (Rp253 miliar).

Totalnya, mantan presiden Ukraina tersebut menggelapkan uang Ukraina sebesar 40 miliar dolar AS (Rp562 triliun) dan baru 1,5 miliar dolar (Rp21 triliun) saja yang kembali.

9. Najib Razak

Koruptor Paling Korup Di Dunia D3bd6

Tahukah kamu film "The Wolf of Wall Street" buatan tahun 2013 besutan sutradara kawakan Martin Scorsese dan aktor Leonardo DiCaprio?

Ternyata, di balik film ini, terdapat kontroversi bahwa sebagian dananya datang dari "uang kotor" yang berasal dari Malaysia!

Pada 2015, Malaysia sempat diguncangkan oleh skandal korupsi besar yang dilakukan oleh mantan Perdana Menterinya, Najib Razak.

Bermula sejak 2009, pemerintah Malaysia saat itu menyusun anggaran pembangunan bernama 1Malaysia Development Berhad (1MDB).

Anggaran 1MDB diselewengkan oleh berbagai oknum, termasuk sang Perdana Menteri sendiri.

Total 4 miliar dolar AS (Rp56,2 triliun) diselewengkan dalam program 1MDB, menjadikannya salah satu korupsi paling parah dalam sejarah ASEAN dan dunia!

Sempat mengaku mendapat hadiah dari pangeran Arab Saudi, Razak sendiri akhirnya mengaku telah mengambil 731 juta dolar AS (Rp10,2 triliun) ke rekening pribadinya.

10. Soeharto

Presiden Terkorup Di Dunia 34a33

Soeharto merupakan presiden Indonesia dari tahun 1967 sampai 1998. Rezimnya dianggap paling korup pada abad ke-20.

Transparency International memperkirakan bahwa Soeharto telah menggelapkan 15-35 miliar dolar AS atau bernilai Rp492,3 trliun dalam kurs sekarang!

Pada Desember 2010, Makhamah Agung Indonesia telah mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh 307 juta dolar AS dari salah satu badan amal yang didirikan oleh Soeharto.

Akhir Kata

Itulah dia sejumlah koruptor yang terkenal paling korup dalam sejarah di dunia. Jumlah uang yang digelapkan pun tak tanggung-tanggung jumlahnya.

Apakah kamu setuju dengan daftar ini? Bagikan pendapat dan pemikiranmu dalam kolom komentar, yuk!

Baca artikel mengenai Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Mengenal Ikan Aligator Yang Banyak Muncul Di Sungai Yogyakarta Banner 9efc8 B6dfe
Mengenal Ikan Aligator yang Banyak Muncul di Jogja, Apakah Berbahaya?
Bill Gates Ingin Mengharamkan Daging Sapi Banner 58436
Bill Gates Ingin Mengharamkan Daging Sapi, Apa Alasannya?
Samsung Galaxy A02 Rilis Di Indonesia Banner 2c28b
Samsung Galaxy A02 Resmi Rilis di Indonesia, Berapa Harganya?
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Vivo Banner Aad20
5 Merek HP Terlaris di Indonesia, Nomor Satu Bukan Oppo atau Xiaomi!
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Hp Nfc Murah Banner D6e25
7 Rekomendasi HP NFC Paling Murah, Lengkap Harga dan Spesifikasi!
Hp Realme Ram 3 Gb Banner 8edae
7 HP realme RAM 3GB Terbaik & Terbaru, Performa Ngebut!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal