11 Konsol Game Paling Laris Sepanjang Masa, Manakah yang Terbaik?

Default

Apa sih konsol game paling laris sepanjang masa? Dengan begitu banyaknya jenis konsol dari berbagai merk, pastinya kamu penasaran, kan?

Konsol terkenal memiliki nilai nostalgia tersendiri. Buktinya, hingga kini masih banyak orang-orang yang memainkan konsol jadul meskipun konsol game zaman ini sudah jauh lebih canggih. Bahkan ada juga konsol jadul yang dirilis kembali untuk menyenangkan penggemar setia mereka.

Pada artikel ini, Jaka akan merangkum 11 konsol game dengan penjualan tertinggi hingga saat ini beserta beberapa judul game terlaris yang bisa dimainkan pada konsol tersebut.

Kalau kamu penasaran, yuk simak 11 konsol game terlaris sepanjang masa berikut. Apakah kamu pernah memiliki salah satunya?

1. PlayStation 2

Playstation 2
Sumber foto: Foto: Wikipedia

PlayStation 2 (PS2) adalah konsol game yang dibuat oleh Sony. PlayStation 2 dipublikasikan pertama kali pada tahun 1999 dan dirilis ke seluruh dunia pada tahun 2000.

Hingga saat ini, penjualan PS2 sudah mencapai lebih dari 159 juta unit di seluruh dunia. Dengan angka penjualan yang fantastis ini, PS2 berhasil merajai konsol terlaris sepanjang masa.

Beberapa judul game paling populer yang dimainkan di PlayStation 2 antara lain Tony Hawk's Pro Skater 3, Grand Theft Auto San Andreas, dan masih banyak lagi.

2. Nintendo DS

Nintendo Ds
Sumber foto: Foto: Wikipedia

Nintendo DS adalah konsol game portable yang dibuat oleh Nintendo. Konsol game dengan layar dual screen ini pertama kali dijual pada 21 November 2004 dan diberhentikan penjualannya pada 2014.

Selama 10 tahun, Nintendo mengklaim berhasil menjual seluruh varian Nintendo DS lebih dari 154,02 juta unit di seluruh dunia. Gokil, ya, geng.

Beberapa judul game paling populer yang dimainkan di Nintendo DS adalah Pokemon series, Chrono Trigger, dan masih banyak lagi. Saat ini, kamu juga bisa memainkan game Nintendo DS di smartphone-mu, lho.

3. Game Boy

Game Boy
Sumber foto: Foto: Wikipedia

Salah satu konsol game portable buatan Nintendo kembali menjadi salah satu konsol game paling laris di dunia sepanjang masa.

Berdasarkan data dari Nintendo, Total penjualan Game Boy yang pertama kali dirilis pada tahun 1989 dan Game Boy Color yang dirilis pada tahun 1998 mencapai 118,69 juta unit.

Beberapa judul game populer yang sering dimainkan pada konsol Game Boy adalah Metal Gear Solid series, Super Mario Bros. Deluxe, dan The Legend of Zelda: Oracle of Ages.

4. PlayStation

Playstation
Sumber foto: Foto: Wikipedia

PlayStation atau yang biasa dikenal sebagai PS1 dan PSX juga menjadi salah satu konsol game buatan Sony yang paling laris di dunia hingga saat ini.

Dirilis mulai 1994 hingga 2005, PlayStation sudah berhasil terjual lebih dari 102,49 juta unit. Konsol ini merupakan alasan mengapa banyak sekali anak-anak yang bolos sekolah. Ckckck..

Beberapa judul game PlayStation 1 terbaik pada masanya antara lain: Crash Team Racing, Winning Eleven, Resident Evil 3: Nemesis, Harvest Moon: Back to Nature, dan masih banyak lagi.

5. Wii

Nintendo Wii
Sumber foto: Foto: Wikipedia

Wii adalah salah satu konsol game yang dibuat oleh Nintendo. Konsol game generasi ke-7 ini pertama kali dirilis pada 19 November 2006.

Wii merupakan salah satu konsol game pertama yang memelopori motion sensor. Kamu nggak cuma duduk diam ketika memainkan Wii.

Kamu harus bergerak untuk memainkan mayoritas game yang diproduksi untuk Nintendo Wii.

Hingga saat ini, Nintendo Wii berhasil terjual lebih dari 101.63 juta unit. Judul game di Wii yang paling populer pada zamannya adalah Super Mario Galaxy, Super Mario Galaxy 2, dan The Legend of Zelda: Twilight Princess.

6. PlayStation 4

Konsol Game Terlaris 6 B9198

PlayStation 4 merupakan konsol yang berhasil mendominasi penjualan seluruh konsol generasi 8 mengalahkan saingannya, XBOX One dan Nintendo Switch.

Grafis yang indah dan pengalaman bermain game anti lemot berhasil menobatkan konsol teranyar Sony yang dirilis pada tahun 2013 ini untuk menduduki peringkat 6.

Berdasarkan data yang dirilis oleh Sony, PlayStation 4 terjual hingga 91 juta unit di seluruh dunia. Mantap banget ya, geng.

Beberapa game populer PS4 adalah Red Dead Redemption 2, Grand Theft Auto V, The Last of Us Remastered, dan masih banyak lagi.

7. PlayStation 3

Konsol Game Terlaris 7 05341

PlayStation masih memimpin angka penjualan konsol nih, geng. PlayStation 3 juga ikut bertengger di posisi 7 konsol terlaris sepanjang masa.

Konsol yang dirilis pada tahun 2006 ini dikabarkan sudah terjual hingga 88 juta unit di seluruh dunia. Meskipun sudah nggak diproduksi, nyatanya konsol ini masih populer hingga kini.

Beberapa game PS3 terpopuler di masanya adalah Grand Theft Auto IV, Grant Theft Auto V, Uncharted 2: Among Thieves, dan lain-lain.

Lainnya . . .

8. XBOX 360

Xbox360 048fb

XBOX 360 merupakan konsol game yang diproduksi oleh Microsoft dan dirilis pada tahun 2005. XBOX 360 ini adalah rival terbesar dari PS3, lho.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Microsoft, XBOX 360 berhasil terjual hingga 85 juta unit di seluruh dunia.

Meskipun begitu, hingga kini masih terjadi perdebatan mengenai konsol manakah yang terjual lebih banyak antara XBOX 360 dan PS3.

Beberapa judul game terpopuler di XBOX 360 pada masanya adalah Grand Theft Auto IV, Grand Theft Auto V, BioShock, dan lain-lain.

9. Game Boy Advance

Konsol Game Terlaris 9 1becd

Jaka inget banget konsol game handheld yang satu ini sangat populer ketika zaman Jaka masih di SD. Hampir semua anak di sekolah Jaka memainkan konsol ini kecuali Jaka. Sedih banget, geng.

Game Boy Advance dirilis pertama kali oleh Nintendo pada tahun 2001. 18 tahun telah berlalu, namun penjualan Game Boy Advance hingga kini mencapai 81,51 juta unit.

Beberapa game terpopuler Game Boy Advance pada masanya adalah The Legend of Zelda: A Link to the Past, Tony Hawk's Pro Skater 2, dan masih banyak lagi.

10. PlayStation Portable

Konsol Game Terlaris 10 9c08e

PlayStation Portable atau PSP merupakan konsol game handheld pertama yang dirilis oleh Sony. Sepertinya, saat itu Sony ingin merambah ke platform handheld untuk mengalahkan saingannya, Nintendo.

Konsol yang dirilis pada tahun 2004 ini terbukti bisa mengalahkan saingan-saingannya, geng. Penjualan PSP hingga kini mencapai 80 juta unit. Gokil banget nggak, tuh?

Beberapa judul game terpopuler PSP pada masanya adalah God of War: Chains of Olympus, Grand Theft Auto: Chinatown Wars, dan Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable.

11. Nintendo Switch

Konsol Game Terlaris Nintendo Switch 05d8f

Hadir dengan inovasi baru, Nintendo Switch memberikan pemainnya sensasi gameplay yang jauh lebih seru berkat kedua joysticknya yang bisa dilepas dan game-gamenya yang bisa dimainkan di layar yang lebih besar.

Tak heran kalau Switch berhasil meraup penjualan sebanyak 28,83 juta unit hingga Maret 2021. Ditambah kondisi pandemi, konsol ini semakin diminati masyarakat karena banyak gamenya yang sangat menarik.

Di antaranya adalah Animal Crossing: New Horizons, Ring Fit Adventure, Super Smash Bros, The Legend of Zelda: Breath of the Wild, dan masih banyak lagi. Banyak penggemar konsol jadul yang beralih ke Nintendo Switch demi bernostalgia dengan game lama yang telah diremake menjadi jauh lebih bagus.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 10 konsol game terlaris sepanjang masa. Apakah kalian punya kenangan unik dengan konsol-konsol game di atas?

Tulis jawaban kalian di kolom komentar ya, geng!

Baca juga artikel seputar konsol Game atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba.

ARTIKEL TERKAIT
Banner Sega Konsolbatal
4 Konsol Game Keren Ini Pasti Belum Pernah Kamu Mainkan
Fab49eb2fe653e7974e6567eef9f62d9
5 Aksesori Keren Ini Akan Mengubah Smartphone Jadi Konsol Game Canggih
Banner Unsplash Konsolgamebaik
5 Alasan Kenapa Konsol Game Lebih Baik Daripada PC Gaming
C933e3afb1215ea6b65b2a06d16218b5
5 Konsol Game Berbasis Android, Gamer Wajib Tahu!
Konsol Game Klasik Remake Banner 08e6a
5 Konsol Game Klasik yang Dibuat Versi Remakenya, Bikin Kangen Masa Kecil!
Chinese 62537
5 Konsol Game Plagiat Buatan China yang Kebangetan Nirunya
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal