J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Konsol Game Asal Jepang Ini Gagal Tembus Pasar Amerika Serikat, Kalah Saing?

7 Konsol Game Asal Jepang Ini Gagal Tembus Pasar Amerika Serikat, Kalah Saing?

Sabtu, 3 Agt 2019, 21:00 WIB
Meskipun Jepang adalah penghasil konsol tersukses di dunia, nyatanya ada juga beberapa konsol Jepang yang nggak berhasil menembus pasar Amerika Serikat.

Jepang merupakan salah satu negara dengan kontribusi terbesar di dunia teknologi, termasuk dunia game. Konsol beserta game yang mereka produksi pun laris manis di kalangan para gamer.

Konsol game terpopuler saat ini didominasi oleh buatan negara matahari terbit. Sebut saja konsol game terlaris masa kini, PlayStation 4 & Nintendo Switch, semuanya buatan Jepang, geng.

Meskipun begitu, ternyata ada, lho, beberapa konsol game asal Jepang yang nggak berhasil tembus ke pasar konsol Amerika Serikat. Padahal, Amerika Serikat adalah salah satu target penjualan terbesar Jepang.

Konsol apa saja ya, geng? Simak terus artikel Jaka berikut ini, ya.

7 Konsol Game Asal Jepang yang Gagal Menembus Pasar Amerika Serikat

Game pertama di dunia memang diciptakan oleh Amerika Serikat. Namun, tidak makan waktu lama bagi Jepang untuk menggeser dominasi Amerika Serikat dalam game.

Jepang terinspirasi dengan konsol dan game yang diciptakan Amerika tahun 1970-an, lalu mencoba untuk membuat sendiri konsol game mereka. Bahkan konsol mereka saat ini merajai pasar AS.

Sayangnya, ada beberapa konsol Jepang yang nggak berhasil tembus pasar game di AS. Entah karena kalah saing dengan konsol buatan AS atau kalah saing dengan sesama produk Jepang lainnya.

1. Nintendo Color TV-Game 6 (1977)

1 04f64

Siapa yang tahu kalau Nintendo, perusahaan konsol asal Jepang paling inovatif saat ini sempat gagal menembus pasar Amerika Serikat.

Nintendo Color TV-Game 6 merupakan konsol Nintendo yang unik. Saat ini, Nintendo dikenal sebagai penghasil konsol handheld, namun pada tahun '70-an, Nintendo menciptakan konsol standar.

Game yang bisa dijalankan oleh Nintendo Color TV-Game 6 adalah semacam game ping-pong yang ada di konsol Atari. Banyaknya tiruan game tersebut membuat konsol ini nggak laku di Amerika Serikat.

2. Sega SG-1000 (1983)

2 C6003

Tahun 1980-an merupakan masa keemasan konsol Sega di Jepang. Konsol pertama Sega yang bernama Sega SG-1000 dirilis di Jepang pada tahun 1983.

Sega SG-1000 dirilis hampir bersamaan dengan konsol milik Nintendo, yakni Nintendo Famicom. Sayangnya, Nintendo Famicom jauh lebih unggul dibandingkan Sega SG-1000.

Bahkan, Famicom yang laku keras berevolusi menjadi konsol NES. Meskipun Sega SG-1000 nggak masuk ke pasar AS, konsol ke-2 buatan Sega, Master System, berhasil masuk ke AS pada tahun 1986, geng.

3. Fujitsu FM Towns Marty (1993)

3 9d82a

Fujitsu juga pernah merilis konsol game meskipun nggak begitu populer, namanya Fujitsu FM Towns Marty.

Konsol ini memiliki jeroan yang sama dengan PC IBM 386SX meskipun nggak dilengkapi keyboard.

Konsol ini merupakan PC seri FM Towns buatan Fujitsu yang dirilis pada tahun 1989 lalu dikonversikan menjadi konsol game.

Konsol satu ini bisa menjalankan game-game IBM PC yang ada saat itu. Sayangnya, konsol ini nggak mendapatkan respon positif sehingga nggak mampu masuk ke pasar AS.

4. Bandai Playdia (1994)

4 4ba9d

Sebelum menjadi produsen action figure dan game, Bandai juga pernah merilis konsol game pada tahun 1994 bernama Bandai Playdia.

Bandai Playdia hanya dilengkapi oleh 1 buah controller namun menggunakan infrared sehingga tidak menggunakan kabel. Canggih juga ya, geng.

Konsol game ini nggak masuk ke Amerika Serikat karena memang didesain khusus untuk para gamer di Jepang, tertama anak laki-laki. Game-nya pun lebih banyak yang bertema edukasi.

5. NEC PC-FX (1994)

5 5cce5

Dirilis tahun 1994, NEC PC-FX merupakan konsol yang mampu menyaingi konsol milik Nintendo yang terpopuler saat itu, Nintendo Famicom.

Sayangnya, NEC PC-FX tidak berhasil melakukan ekspansi ke pasar Amerika Serikat meskipun memiliki angka penjualan yang sangat baik di negara asalnya.

Pasalnya, konsol ini kalah canggih dengan konsol-konsol yang sudah terlebih dahulu masuk ke pasar Amerika Serikat, seperti PlayStation & Sega Saturn.

6. Casio Loopy (1995)

6 31616

Sama seperti Bandai Playdia, Casio Loopy yang dirilis pada tahun 1995 ini juga memiliki target pemasaran yang spesifik, yakni anak perempuan di Jepang.

Salah satu fitur menarik yang ditawarkan oleh Casio Loopy adalah kemampuan untuk mencetak stiker-stiker berwarna langsung dari konsolnya.

Casio merilis sekitar 11 judul game yang bisa dimainkan di konsol ini. Konsol ini nggak masuk ke pasar AS karena memang nggak ditargetkan untuk dipasarkan di sana, geng.

7. Bandai WonderSwan (1999)

7 Ac3c6

Gunpei Yokoi merupakan salah seorang desainer di perusahaan Nintendo dan mengundurkan diri untuk membentuk perusahaan game, Koto Co. Ltd..

Perusahaaan tersebut mendesain sebuah konsol handheld monokrom yang bertujuan untuk menyaingi Nintendo lalu menjual desainnya kepada Bandai. Begitulah cerita mengenai lahirnya Bandai WonderSwan.

Sayangnya, konsol ini nggak bisa mengalahkan Nintendo Game Boy yang bersinar di Jepang. Karena di Jepang saja sudah kalah, Bandai WonderSwan juga nggak bisa memasuki pasar AS.

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai 7 konsol asal Jepang yang nggak berhasil masuk ke pasar konsol Amerika Serikat.

Memang, sih, kesuksesan domestik harus terlebih dahulu diraih sebelum mencoba terjun ke pasar internasional.

Sampai bertemu di artikel Jaka lainnya ya, geng!

Baca juga artikel seputar Konsol atau artikel menarik lainnya dari Prameswara Padmanaba

ARTIKEL TERKAIT
Konsol Game Terlaris 627eb

10 Konsol Game Paling Laris Sepanjang Masa, PlayStation Menjadi Raja Konsol!

Game Simulator Bus Banner 6a09e

15 Game Simulator Bus Terbaik di Semua Konsol | Bisa VR

Game Dragon Ball Banner2 B10d4

16 Game Dragon Ball Terbaik di Android, PC, dan Konsol

16 Game Balapan Mobil Terbaik 2020 Untuk Android Pc Konsol Memacu Adrenalin Fedf1

16 Game Balapan Mobil Terbaik 2020 untuk Semua Platform, Memacu Adrenalin!

Banner Sega Konsolbatal

4 Konsol Game Keren Ini Pasti Belum Pernah Kamu Mainkan

Fab49eb2fe653e7974e6567eef9f62d9

5 Aksesori Keren Ini Akan Mengubah Smartphone Jadi Konsol Game Canggih

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal