J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Koneksi Mobile Lambat Mungkin Disebabkan Data Throttling

Koneksi Mobile Lambat Mungkin Disebabkan Data Throttling

Kamis, 28 Nov 2013, 14:00 WIB
Koneksi Mobile Lambat Mungkin Disebabkan Data Throttling yang membatasi kecepatan internet pengguna ketika mencapat kuota tertentu.

Hampir semua operator mobile di dunia menggunakan sistem data throttling untuk pelanggan yang menggunakan paket data unlimited. Data throttling adalah teknik yang digunakan oleh operator untuk membatas bandwith. Bagi pengguna, hal ini menyebabkan koneksi yang lambat.

Jika kamu menggunakan paket data unlimited yang dibatasi kuota, maka ketika kuota habis, kecepatan data akan jauh menurun. Lalu, bagaimana menghindari data throttling?

Alasan Penggunaan Sistem Data Throttling

Pengujian kecepatan broadband bakal menginformasikan jika kamu mengalami throttling. Hal ini dilakukan oleh operator untuk mencegah penggunaan bandwith yang terlalu banyak oleh individu tertentu. Ketika beberapa pelanggan menggunakan bandwith yang banyak, maka hasilnya adalah beban yang berat di jaringan, sehingga koneksi menjadi lambat untuk orang lainnya. Inilah mengapa penggunaan sistem data throttling dilakukan.

Meski alasannya jelas, data throttling menjadi hal yang sensitif dan kontroversial. Di satu sisi, operator berusaha memastikan jaringan secara keseluruhan berjalan dengan cepat tanpa terlalu terbebani, sedangkan di sisi lain, pelanggan ingin dapat menggunakan koneksi sesuai keinginannya karena merasa sudah membayar tarifnya.

Masalahnya, seringkali operator mobile memberikan informasi yang salah. Operator jarang memberikan informasi mengenai kebijakan penggunaan yang dalam kontrak atau perjanjian antara operator dengan pelanggan yang memutuskan untuk membayar layanan data unlimited. Informasi ini biasanya dimasukkan dalam detail kontrak yang panjang dan terdapat di website atau dokumen marketing yang seringkali tidak dibaca oleh pengguna. Tulisan unlimited biasanya disertai dengan tanda bintang yang menyatakan syarat dan ketentuan berlaku. Pelanggan baru menyadari syarat dan ketentuan tersebut setelah kecewa karena mengalami penurunan kecepatan koneksi.

Situasi diatas disebut juga dengan false advertising dan merupakan kondisi yang terjadi di seluruh dunia dan sebagian perusahaan operator mobile menerima banyak tuntutan hukum dari pelanggan. Contohnya pada tahun 2012 lalu, AT&T dituntut oleh pelanggannya berkaitan dengan permasalahan paket data unlimited. Hasilnya, pelanggan tersebut diberikan ganti rugi material dan AT&T dinyatakan telah melakukan ketidakadilan karena memberikan batasan pada produk yang dijual dengan label unlimited alias tanpa batas.

Untuk menghindari kekecewaan, pastikan kamu membaca dan memahami perjanjian pengguna yang diberikan dari operator ketika memutuskan untuk menggunakan layanan paket data unlimited.

Like Facebook Page, Follow Twitter atau add Google + JalanTikus untuk terus mendapatkan informasi terbaru seputar teknologi dan download software terbaru untuk PC dan Apps Android dengan Gratis, Aman dan Cepat.

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Baru Menghemat Kuota Internet Sampai 2 Bulan

Cara Baru Menghemat Kuota Internet Sampai 2 Bulan

Tanya Jaka: Aplikasi Untuk Mengembalikan Data yang Hilang

Tanya Jaka: Aplikasi Untuk Mengembalikan Data yang Hilang

4 Cara Menghemat Penggunaan Data di Android

4 Cara Menghemat Penggunaan Data di Android

Mengenal Fitur Data Encryption dan Smart Lock Android 5.0 Lollipop

Mengenal Fitur Data Encryption dan Smart Lock Android 5.0 Lollipop

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal