Cara Menggunakan Fitur Komunitas WhatsApp, Beda Jauh dengan WA Group!

Default

Fitur Komunitas WhatsApp (WA) akhirnya masuk Indonesia. Nantinya, kamu bisa memayungi hingga 50 grup dan 5.000 orang dalam 1 komunitas yang sama. Keren banget, bukan?

Sejak dirilis tahun 2009, WhatsApp telah bertransformasi menjadi salah satu aplikasi chat terpopuler. Berbagai macam inovasi dirilis guna memudahkan pengguna, mulai dari video call, voice note, bahkan hingga grup WA.

Kali ini, Jaka akan membahas secara khusus fitur terbaru WhatsApp bernama Community atau Komunitas. Apa itu, dan bagaimana cara menggunakannya? Simak ulasan lengkap Jaka di bawah ini.

Apa Itu Tab Komunitas WhatsApp?

Komunitas Whatsapp 1 74a84

Sumber foto: Kompas - WhatsApp Komunitas

Tab Community atau Komunitas adalah fitur terbaru WhatsApp yang mampu menghubungkan beberapa grup dengan minat dan topik yang sama ke dalam 1 grup besar.

Contoh konkretnya seperti grup kepanitiaan pentas seni. Pastinya masing-masing divisi memiliki grupnya masing-masing. Nah, semua grup WA tersebut bisa disatukan dalam 1 wadah yang sama.

Manfaatnya sangat banyak. Selain mampu memonitor anggota dengan lebih efisien, kamu hanya perlu mengirimkan broadcast message ke seluruh anggota sekali saja. Tidak perlu forward berkali-kali dari grup yang berbeda.

Cara Membuat Komunitas WhatsApp

Komunitas Whatsapp 2 0ee49

Sumber foto: Istimewa - WhatsApp Komunitas

Fitur Komunitas tersedia di WhatsApp versi terbaru. Jika belum muncul di perangkatmu, artinya kamu harus melakukan update pada WA kamu. Untuk panduan lengkapnya, silakan baca artikel Jaka berjudul "Cara Update WhatsApp ke Versi Terbaru".

Berikut cara membuat Komunitas WA:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Tekan simbol Komunitas di bagian kiri menu bar.
  3. Tekan tombol "Start Your Community".
  4. Masukkan nama komunitas, deskripsi, dan foto profil.
  5. Tekan "Create new group" untuk menambah grup baru.
  6. Tekan "Add existing groups" untuk menambah grup yang sudah ada.
  7. Jika sudah selesai, tekan tombol centang hijau di kanan bawah.

Fitur Unggulan Komunitas WhatsApp

Komunitas Whatsapp 3 87d6a

Sumber foto: Gizmologi - Fitur Komunitas WA

Tab Komunitas pada WA menawarkan berbagai fitur unggulan yang sangat membantu pengguna. Penasaran apa saja? Berikut daftarnya!

1. Tambah Anggota Hingga 50 Grup dan 5.000 Orang

Terobosan pertama dari fitur WhatsApp Community adalah mampu menjadi menampung hingga maksimal 50 grup dan 5.000 orang, jauh lebih banyak dibandingkan grup WA biasa yang hanya mampu menampung hingga 512 orang saja.

Fitur ini sangat membantu banyak kelompok dan organisasi yang kebetulan memiliki banyak anggota dan grup WA, contohnya komunitas penggemar artis atau grup perusahaan.

2. Kirim Pesan Sekali lewat Fitur Pengumuman

Dulu, jika admin hendak mengirimkan pengumuman ke grup-grup kantor atau komunitas, admin harus mengirimkannya berulang kali ke grup yang berbeda.

Dengan adanya fitur Komunitas, admin pusat tidak perlu mengirimkan broadcast message satu-satu. Cukup masukkan semuanya dalam 1 tab Komunitas, broadcast message akan langsung terkirim ke semua anggota yang berada di dalamnya.

3. Nomor WhatsApp Tidak Bisa Dilihat Siapapun

Dengan banyaknya jumlah anggota, pastinya kamu khawatir jika nomormu diketahui oleh orang lain. Apalagi, nomor WhatsApp rentan disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Beruntungnya, WhatsApp sudah mengantisipasi hal ini dengan menyembunyikan nomor seluruh anggota Komunitas. Dengan demikian, privasimu tetap terjaga.

4. Atur Keanggotaan Secara Menyeluruh

Admin dalam fitur Komunitas punya peran yang sangat berpengaruh. Tidak hanya mengatur dinamika anggota dengan baik, admin juga bisa mengeluarkan anggota yang dirasa tidak kooperatif dalam grup.

Selain itu, admin Komunitas juga bisa menghapus pesan yang bermasalah atau tidak pantas yang dikirim oleh anggota grup.

5. Panggilan Suara dengan Lebih Banyak Peserta

Kini, WhatsApp mendukung voice call dengan peserta yang lebih banyak. Jika dulu kamu hanya bisa mengundang maksimal 8 orang, kini kamu bisa mengajak hingga 32 orang dalam 1 panggilan.

Rencananya, fitur ini akan dikembangkan lagi secara masif. Harapannya, makin banyak pengguna yang bisa terhubung dalam satu sesi panggilan.

Perbedaan Komunitas WhatsApp dan WhatsApp Group

Pastinya kamu penasaran, apa yang membedakan fitur Komunitas dengan grup WA pada umumnya? Apakah perbedaan tersebut identik layaknya WA Web dan WA Desktop?

Perbedaan paling mendasar adalah jumlah anggota yang bisa masuk di dalamnya. Jika grup biasa hanya mampu memuat maksimal 512 orang saja, fitur Community bisa menampung hingga 5.000 anggota sekaligus. Banyak sekali, bukan?

Untuk mengetahui perbedaan antara WhatsApp Community dengan WhatsApp Group secara lengkap, silakan perhatikan tabel di bawah ini.

WhatsApp Community WhatsApp Group
Anggota maksimal 5.000 pengguna. Anggota maksimal 512 pengguna.
Terdiri dari banyak WA group. Satu grup yang berdiri sendiri tanpa intervensi grup lain.
Admin bisa menambah atau mengeluarkan anggota, admin juga bisa menghapus pesan anggota lain, admin bisa mengatur rules lebih ketat. Admin hanya bisa menambahkan atau mengeluarkan anggota.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan Jaka mengenai tab Komunitas WA. Kehadiran fitur ini sangat membantu pengguna WhatsApp untuk saling terhubung, apalagi jika mereka memiliki minat dan topik yang sama.

Jadi tunggu apalagi, segera buat komunitasmu dan saling bertukar info seputar pekerjaan, hobi, bahkan passion kehidupan!

Baca juga artikel seputar Aplikasi, Apps, Gaming atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal