5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pemula Saat Main Game RPG, Pasti Kamu Pernah Lakuin!

23 May 2017

RPG atau Role Playing Game merupakan salah satu genre game yang menarik minat banyak penggemar di seluruh dunia. Model permainan yang mengajak para pemainnya berimajinasi, berperan sebagai salah satu tokoh di dunia virtual.

Bagi para pemain yang telah terbiasa dengan genre ini, mereka dengan mudah dapat beradaptasi dengan permainan RPG model apa pun. Namun, untuk pemula atau yang sering disebut newbie, dengan banyaknya sistem serta elemen dalam permainan, tentu hal ini sangat membingungkan. Banyak dari mereka melakukan kesalahan di awal-awal permainan. Nah, berikut Jaka ulas 5 kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula saat bermain game RPG. Simak ya!

5 Kesalahan Ini Sering Dilakukan Pemula Saat Main Game RPG, Pasti Kamu Pernah Lakuin!

1. Skip Tutorial

skip tutorial

Ya, meski terkesan sepele, tutorial adalah hal yang wajib diikuti jika kamu bermain game RPG. Banyak dari para newbie memilih untuk skip tutorial, hanya karena tidak sabar untuk langsung bermain. Padahal, dengan mengikuti tutorial, dari situ kita akan belajar mengenai sistem yang ada dalam permainan. Bahkan di beberapa game RPG, tutorial membuat karakter kita dapat naik beberapa level dan mendapatkan item secara gratis.

2. Asal Menaikkan Status

stats rpg

Setiap karakter memiliki status yang bisa kita naikkan secara berkala. Namun, biasanya pemula melakukan sebuah kesalahan, di mana mereka asal menaikkan status tanpa memikirkan apakah itu sesuai dengan karakter yang mereka mainkan. Setiap karakter tentunya memiliki kombinasi tersendiri dan tak harus menaikkan semua status. Misalnya, pada karakter Fighter, status yang dinaikkan biasanya HP dan strength.

3. Boros Gold dan Gems

gold dan gems

Gold dan gems, tentunya adalah sebuah elemen penting dalam setiap permainan, apalagi dalam game RPG. Biasanya diperlukan untuk membeli item-item dan juga senjata. Namun biasanya kesalahan yang dilakukan newbie adalah menghambur-hamburkan gold dan gems di awal permainan. Padahal meski untuk alat pembayaran, gold dan gems seharusnya dihemat untuk membeli barang yang benar-benar berguna dan kita butuhkan.

4. Grinding yang Melelahkan

grinding

Grinding atau kegiatan menaikkan level dengan melawan musuh tanpa terikat misi, memang sangat penting agar kekuatan karakter kita terus meningkat. Tapi grinding juga harus memakai strategi agar kita tak terlalu menghabiskan tenaga.

Biasanya dilakukan dengan kita memilih monster atau musuh yang menghasilkan banyak EXP dan mengombinasikan dengan item-item yang bisa meningkatkan presentasi pendapatan EXP. Biasanya kesalahan yang dilakukan pemula, yaitu dengan menghabiskan banyak waktu untuk grinding namun hasilnya tak sebanding.

5. IAP

iap

Pada game RPG online, ada fitur penjualan barang-barang seperti item atau senjata yang dapat dibeli dengan menggunakan uang sungguhan. Biasanya jika menggunakan In App Purchase, kita akan mendapatkan gelar VIP, di mana gelar tersebut memiliki manfaat dan privilege khusus.

Pada umumnya dalam hal ini pemula terbagi dua, di mana ada yang memilih langsung membeli banyak IAP dan ada juga yang memilih untuk tidak menggunakan IAP. Hal ini tentu salah, seperti halnya gold dan gems, IAP kita harus gunakan sesuai dan tepat pada waktunya.

Ya itulah 5 kesalahan yang sering dilakukan pemula saat main game RPG. Bagaimana menurutmu? Pernahkah kamu melakukan salah satu kesalahan itu? share ya kalau kamu punya pengalaman penting tentang kesalahan dalam game RPG ini. Semoga bermanfaat!

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar