J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Dapet Uang THR Berlimpah? Hindari 5 Kesalahan Fatal dalam Membeli Smartphone Baru

Dapet Uang THR Berlimpah? Hindari 5 Kesalahan Fatal dalam Membeli Smartphone Baru

Jumat, 15 Jun 2018, 13:00 WIB
Inilah kesalahan fatal dalam membeli smartphone baru. Beberapa dipengaruhi karena persepsi yang keliru dan juga karena terbuai dengan spesifikasi yang mungkin hanya bagus di atas kertas. Yuk, baca terus artikel ini sampai selesai ya!

Membeli smartphone baru memang bukan perkara mudah karena harus melalui banyak pertimbangan. Sering kali kita keliru dalam menilai bagus dan tidaknya karena terpengaruh persepsi yang banyak beredar di masyarakat. Sering kita temui gadget A mendapatkan ulasan yang positif di beberapa tempat, namun di sisi lain kita mungkin akan direkomendasikan gadget B dan harus membayar sedikit lebih mahal dengan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi.

Beberapa hal di bawah ini adalah kesalahan fatal dalam membeli smartphone baru. Beberapa dipengaruhi karena persepsi yang keliru dan juga karena terbuai dengan spesifikasi yang mungkin hanya bagus di atas kertas. Yuk, baca terus artikel ini sampai selesai ya!

BACA JUGA
  • Cara Ganti Background Foto di Android, Mudah Banget!
  • 5 Aplikasi Kamera Yang Mendukung Format RAW di Android
  • 3 Cara Menggabungkan Foto di HP, PC, dan Online | Mudah & Praktis!

Dapet Uang THR Berlimpah? Hindari 5 Kesalahan Fatal dalam Membeli Smartphone Baru

1. Harga Mahal Pasti Bagus

Samsung Mahal Ad37a
Mungkin saja iya! Harga mahal sudah pasti bagus tapi kembali lagi ke penggunanya. Apakah smartphone mahal yang dianggap bagus itu sudah sesuai dengan yang pengguna butuhkan? Misalnya untuk apa membeli smartphone mahal kalau kebutuhan kamu sebenarnya cuma itu-itu aja.

Juga, smartphone mahal biasanya identik dengan brand terkenal. Jadi pertanyaannya, mengapa memilih smartphone yang mahal kalau ada smartphone sejenis yang harganya lebih murah? Jadi jawabannya harga mahal belum tentu itu bagus karena kemungkinan besar itu hanya persoalan gengsi saja.

2. Megapiksel Kamera Harus Tinggi

Resolusi Kamera 88e06
Kembali lagi ya mengenai kebutuhan pengguna dalam memanfaatkan smartphone. Saat ini untuk apa sih memaksakan kamera depan harus memiliki resolusi yang tinggi. Apakah supaya pori-pori terlihat jelas? Tentu tidak bukan.

Juga, sering kali orang mengatakan smartphone bagus tentu memiliki kamera dengan resolusi yang tinggi, ini adalah persepsi yang keliru. Anggapan tersebut lebih salah lagi jika menyebut bahwa megapiksel adalah penentu bagus dan tidaknya kamera pada smartphone.

Nyatanya, megapiksel pada kamera hanyalah menentukan seberapa besar resolusi gambar yang tercipta. Sedangkan faktor untuk menentukan bagus dan tidaknya kamera di smartphone antara lain tipe lensa dan sensor, serta bukaan (diafragma).

Lensa ini berhubungan dengan diameter sehingga diameter yang menentukan batas resolusi dan seberapa banyak cahaya yang terkumpul ke dalam sensor. Semakin besar diameter, maka semakin banyak juga cahaya yang akan masuk. Inilah mengapa lensa dan sensor adalah yang menentukan seberapa detail foto yang akan dihasilkan.

Sementara bukaan atau diafragma adalah untuk mengatur seberapa besar cahaya yang masuk ke dalam sensor. Cara menilai bagus atau tidaknya diafragma pada kamera smartphone juga mudah, jika bilangannya semakin kecil maka cahaya yang masuk juga semakin besar. Misalnya kamera smartphone dengan diafragma f/2.0 akan menghasilkan foto yang lebih baik pada kondisi pencahayaan yang rendah dibandingkan dengan f/5.6. Diafragma ini juga yang membuat hasil foto kamu bisa bokeh dan terlihat profesional. Paham ya?

3. Prosesor Dengan Clock Speed Tinggi Pasti Bagus

Prosesor Smartphone 7d029
Bisa dipastikan bahwa clock speed dan jumlah inti core yang tinggi tidak menjadi penentu performa smartphone bisa melejit. Keduanya memiliki keunggulan dan pertimbangannya masing-masing. Misalnya saja, membandingkan secara angka antara prosesor Quad-core 2.26 GHz Krait 400 dengan Dual-core 1.4 GHz Cyclone. Kira-kira kencang yang mana? Tentu saja jika kita hanya mempertimbangkan jumlah clock speed dan inti core kita akan menganggap prosesor Quad-core yang paling tercepat. Padahal itu salah!

Ada banyak pertimbangan dalam menilai sebuah prosesor pada smartphone. Misalnya saja saat ini kita sering menjumpai banyak smartphone yang menggunakan prosesor octa-core atau menggunakan delapan core inti. Prosesor ini sendiri terdiri dari dua bagian yakni 4 prosesor dengan clock tinggi untuk komputasi cepat, sedangkan 4 prosesor dengan clock rendah untuk efisensi daya.

Hal ini diperuntukan demi mengoptimalkan kinerja smartphone karena terdapat aplikasi yang tidak membutuhkan komputasi tinggi untuk menjalankannya sehingga tugas tersebut akan digantikan oleh inti prosesor dengan clock rendah. Begitupun saat smartphone menjalankan game-game yang membutuhkan prosesor dengan komputasi yang tinggi. Hal ini akan menghindari smartphone bekerja secara tidak efisien seperti cepat panas atau boros daya.

4. Terpengaruh Iklan

Asus Smartphone 745f6
Salah satu kesalahan fatal saat membeli smartphone baru adalah karena percaya dan terpengaruh dengan iklan. Sebagai pembeli kita harus rasional dengan cara tidak percaya begitu saja dengan tayangan iklan. Seperti yang telah kita ketahui bahwa iklan selalu dikaitkan dengan menaikan penjualan sehingga konten iklan sudah pasti akan memberikan ulasan yang positif dan tidak mungkin mengungkapkan kelemahan produk tersebut untuk menarik pembeli. Sebelum membeli smartphone cobalah baca-baca review dari media terpercaya dan bertanya pengalaman pada orang yang sudah membeli smartphone tersebut supaya kalian gak menyesal ketika HP sudah di tangan.

5. Harganya Murah

Smartphone Black Market 68971
Sebelum membeli smartphone kita pasti akan banyak mempertimbangkan beberapa hal, mulai dari harga, komparasi produk, dan beberapa ulasan positif dari pengguna yang telah menggunakannya. Namun, sering kali kita terlalu perhitungan soal harga sehingga salah pilih. Padahal yang terpenting sebelum membeli smartphone adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan kita.

Jangan ragu menyimpan budget yang ada untuk mendapatkan smartphone dengan spesifkasi yang lebih tinggi asalkan itu memang sesuai dengan yang kamu inginkan. Dan jangan tergiur dengan toko yang menjual harga murah karena bisa jadi mereka minus dalam memberikan jaminan garansi atau barang tersebut hasil pameran atau mungkin black market yang tidak diketahui asal-usulnya. Jadi, bijak-bijaklah dalam memilih smartphone ya! Semoga bermanfaat.

ARTIKEL TERKAIT
SampulJT 88ab0

5 Aplikasi Photo Editor di Android yang Setara Dengan Photoshop!

Aplikasi Edit Video Pc 4c49d

10 Aplikasi Edit Video PC Ringan & Terbaik 2020, Banyak yang Gratisan!

Untitled 2 52a9e

5 Cara Download Video YouTube di Android, iPhone, & PC, Bisa Tanpa Aplikasi!

Hashtag Instagram Paling Populer 113d6

5 Hashtag Instagram Terpopuler Untuk Menambah Followers, Wajib Coba!

Cara Share Instagram Story ke Whatsapp dengan Mudah

APPS TERKAIT
Candy Camera Icon
Candy Camera 3.16
Apps JP Brothers
Sweet Selfie Candy New Name Icon
Sweet Selfie Candy New Name 2.20.323
Apps Ufoto
Jalantikuscomcyberlinkyouperfect 102320 Icon
YouCam Perfect - Selfie Cam 5.15.1
Apps CyberLink
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Jangan Dilakukan! Ini 5 Kesalahan Besar yang Sering Dialami Saat Membeli Smartphone

Jangan Dilakukan! Ini 5 Kesalahan Besar yang Sering Dialami Saat Membeli Smartphone

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone di Tahun 2018

7 Hal Paling Penting yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Membeli Smartphone di Tahun 2018

8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

8 Fakta Unik Smartphone yang Belum Kamu Ketahui

#2018GakPerluGantiHP! Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Gonta-Ganti Smartphone

#2018GakPerluGantiHP! Ini 7 Alasan Kenapa Kamu Nggak Perlu Gonta-Ganti Smartphone

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal