J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Sering Pakai, Kamu Tahu Enggak Kepanjangan dari Wi-Fi?

Sabtu, 23 Feb 2019, 11:00 WIB
Di era digital seperti sekarang, kita pasti butuh yang namanya Wi-Fi. Tapi, kamu tahu enggak sih geng apa kepanjangan Wi-Fi? Sini Jaka kasih tahu!

Internet. Satu kata ini menjadi salah satu hal yang paling kita butuhkan di era digital seperti sekarang. Satu hari saja tanpa internet rasanya dunia akan berakhir.

Salah satu teknologi yang membuat kita bisa menikmati internet adalah Wi-Fi. Jaka yakin kalian semua pernah menggunakan Wi-Fi. Tapi, apakah kalian tahu kepanjangan dari Wi-Fi?

Kalau kamu tahu, berarti kamu hebat! Kalau yang belum tahu, jangan berkecil hati. Jaka akan kasih tahu kepanjangan Wi-Fi lengkap dengan fungsi-fungsinya!

Apa Itu Wi-Fi

Wi-Fi adalah teknologi yang memanfaatkan gelombang radio untuk menyediakan konetivitas jaringan. Koneksi Wi-Fi dibuat menggunakan adaptor nirkabel untuk membuat Hotspot.

Apa itu Hotspot? Yang jelas bukan tempat panas . Hotspot adalah area di sekitar router nirkabel yang terhubung ke jaringan sehingga memungkinkan kita untuk mengakses internet tanpa kabel.

Sejarah Wi-Fi

Wi-Fi memiliki sejarah yang cukup panjang. Wi-Fi pertama kali dirilis untuk publik pada tahun 1997 ketika sebuah komite bernama 802.11 terbentuk.

Pembentukan komite ini memicu pembuatan IEEE802.11 yang menjadi seperangkat standar untuk mendefinisikan komunikasi jaringan area lokal nirkabel. Inilah yang menjadi dasar adanya jaringan Wi-Fi.

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk memancarkan sinyal. Wi-Fi berjalan di dua jenis frekuensi, yakni 2.4Ghz dan 5Ghz.

Fungsi Wi-Fi

Selama ini yang kita tahu dari Wi-Fi adalah membuat kita bisa terhubung dengan internet sehingga bisa berselancar di browser media sosial. Padahal, Wi-Fi tidak hanya itu.

Pertama, Wi-Fi bisa menghubungkan beberapa perangkat tanpa kabel. Misalkan dalam satu perusahaan terdapat enam PC. Semua PC tersebut bisa terkoneksi satu sama lain dengan memanfaatkan jaringan Wi-Fi.

Karena terhubungan, maka kita bisa mengirim data secara langsung. Selain lebih cepat, pengiriman data dengan menggunakan Wi-Fi juga lebih praktis dan efisien.

Nah, tadi Jaka sudah menyinggung sedikit tentang Hotspot bukan? Nah, smartphone kita bisa dimanfaatkan menjadi modem dengan menyalakan fitur hotspot tethering pada ponsel kamu. Fitur ini bisa kita gunakan dengan adanya Wi-Fi Geng!

Kepanjangan dari WiFi

Secara mengejutkan, banyak orang yang tidak mengetahui kepanjangan dari Wi-Fi. Padahal, Jaka yakin sudah banyak orang yang menggunakan tekonlogi ini.

Wi-Fi merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity atau dalam bahasa Indonesia menjadi kepercayaan kepada nirkabel.

Mungkin, maksudnya waktu itu adalah kepercayaan bahwa era kabel akan segera berakhir dan digantikan oleh teknologi wireless. Hal itu ada benarnya, karena sekarang sudah banyak teknologi yang wireless.

Karena kata-kata yang tidak lazim inilah yang membuat banyak orang tidak mengetahui kepanjangan dari Wi-Fi.

Bonus: Cara Mempercepat Koneksi Wi-Fi

Nah, kalau kamu termasuk pengguna Wi-FI yang sering mengeluh lemotnya internet, Jaka punya beberapa tips nih geng agar kamu bisa mengakses internet lebih kencang.

1. HP dengan Teknologi Wi-Fi Terbaru

Tentu saja semakin baru sebuah teknologi Wi-Fi, semakin kencang internet yang bisa dijalankan. Biasanya, handphone-handphone terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru.

Jadi, kalau handphonemu termasuk jadul, mungkin udah waktunya kamu ganti HP nih geng! Enggak butuh keluar duit banyak, karena Jaka punya rekomendasi handphone murah yang yahud!

2. Mencari Posisi yang Tepat

Karena nirkabel, tentu kita tidak bisa melihat di mana sinyal Wi-Fi berada. Oleh karena itu, bisa jadi internet kamu lambat karena posisimu tidak tepat.

Carilah posisi terbaik tanpa mengurangi kenyamananmu berinternet. Kalau bisa, carilah tempat yang dekat dengan router Wi-Fi.

3. Hindari Elektronik Lain

Adanya elektronik lain di sekitar kita bisa mengganggu sinyal Wi-Fi lo geng. Sebut saja microwave. Oleh karena itu, usahakan untuk tidak dekat-dekat dengan barang eletronik lain.

4. Menggunakan Aplikasi.

Selain tiga cara di atas, banyak aplikasi-aplikasi yang bisa kamu manfaatkan untuk memperkuat sinyal Wi-Fi. Apa saja? Langsung aja mampir ke tulisan Jaka yang satu ini, dijamin ampuh!

Akhir Kata

Jadi, sekarang udah tahu kan geng apa kepanjangan dari Wi-Fi? Jaka ulangi sekali lagi, Wi-Fi merupakan kepanjangan dari Wireless Fidelity ya geng.

Coba deh kamu tanya ke temenmu, Jaka yakin banyak yang enggak tau. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

Baca juga artikel seputar Wi-Fi atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Cara Daftar Wifi Id Banner 2fce4

3 Cara Mudah Daftar Wifi Id 2019 | SMS, UBM, dan Aplikasi

Cara Melihat Password Wifi Di Hp 514ef

5 Cara Melihat Password WiFi yang Lupa di Android, Bisa Tanpa Root!

Cara Membobol Wifi Dengan Hp F5518

Cara Membobol WiFi dengan HP Tanpa Root & Laptop, Berasa Jadi Hacker!

Untitled 1 30881

Cara Memblokir Pengguna WiFi Ilegal, Biar Gak Dicuri Melulu!

Cara Mengetahui Password Wifi Indihome E1e87

Cara Mengetahui Password WiFi IndiHome | Paling Mudah!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Apa itu Wi-Fi 6? Lebih Ngebut dan Lebih Aman dari 5G?

Apa itu Wi-Fi 6? Lebih Ngebut dan Lebih Aman dari 5G?

Inilah Perbedaan Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz, Mana Lebih Kencang?

Inilah Perbedaan Wi-Fi 2,4 GHz dan 5 GHz, Mana Lebih Kencang?

Daftar Harga Pasang Wi-Fi Terlengkap 2020 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)

Daftar Harga Pasang Wi-Fi Terlengkap 2020 (IndiHome, First Media, Biznet, dll)

Hari Wi-Fi Sedunia, Google Rayakan Internet Cepat Gratis Bersama Semua!

Hari Wi-Fi Sedunia, Google Rayakan Internet Cepat Gratis Bersama Semua!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal