• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kenapa Orang Lebih Boros Belanja Online Saat PSBB? Ini Penjelasannya!

Kenapa Orang Lebih Boros Belanja Online Saat PSBB? Ini Penjelasannya!

00
Sabtu, 2 Mei 2020, 20:00 WIB
Sering merasa "khilaf" saat belanja online? Berikut penjelasan ilmiahnya! Dijamin kamu bakal mampu kendaliin dirimu biar nggak makin hedon.

"Kenapa orang cenderung lebih sering belanja online saat PSBB?"

Kalau kamu mendapat pertanyaan seperti di atas, kira-kira apa jawabanmu, geng? Beberapa pasti bakal jawab, "Ya iyalah, kan lagi Corona, mana bisa keluar dan belanja di mana-mana!"

Nah, memang jawaban tersebut nggak salah. Apalagi sejak pandemi Corona (Covid-19) ini melanda seluruh dunia, aktivitas kita di dunia luar jadi sangat dibatasi lewat Pembatasan Sosial Berskala Besar atau disingkat PSBB.

Tapi, kira-kira, ada gak ya penjelasan ilmiah kenapa kok seseorang lebih tergoda buat belanja online secara intens saat PSBB? Ternyata ada, loh! Penasaran apa aja? Ikuti terus pembahasan Jaka berikut ini!

Penjelasan Ilmiah di Balik Seringnya Belanja Online Saat PSBB

Dengan merebaknya virus Covid-19 di seluruh pelosok Indonesia, pemerintah memberlakukan kebijakan physical distancing secara ketat.

Hal ini membuat banyak pegawai dan pelajar terpaksa beraktivitas dan bekerja dari rumah masing-masing menggunakan aplikasi untuk kerja dari rumah (WFH).

Nggak hanya aktivitas belajar dan bekerja aja, aktivitas belanja pun juga dilakukan dari rumah secara online. Tapi repotnya, kita jadi sering khilaf sehingga terjadi perilaku hedon yang nggak terkendali. Kok bisa, ya?

1. Bosan jadi Penyebab Utama

1 Custom 33bdc

Pernah nggak sih kamu membeli sesuatu secara daring, entah itu makanan, baju, atau apapun bukan karena benar-benar butuh atau lapar, tapi karena terhasut perasaan, "Ya udah pengen aja gitu ..."?

Hati-hati, bisa jadi itu bukan sekadar rasa pengen, melainkan bosan. Yap! Kebosanan jadi salah satu penyebab utama kenapa orang jadi sering banget kebablasan buat membeli barang-barang secara online.

Bayangin. Udah di rumah berhari-hari, nggak bisa main atau nongkrong ke mana-mana, gimana nggak bosan? Akhirnya HP jadi pelampiasan utama untuk mencari hiburan.

Repotnya, beberapa mencari hiburan lewat aplikasi jual beli online. Karena bosan lalu klik, beli ini, beli itu, eh auto boros! Tapi kok bisa sih rasa bosan bikin kita jadi khilaf beli barang-barang yang nggak diperlukan?

2. Bosan Timbulkan Perilaku Impulsif

2 Custom Fd964

Ternyata perasaan bosan secara psikologis menimbulkan perilaku impulsif yang berbahaya jika nggak dikendalikan. Hal tersebut dikatakan psikolog Anthony P. DeMaria, Ph.D dalam situs Mashable.

Bagi yang belum paham, perilaku impulsif adalah kondisi di mana seseorang terdorong secara emosional untuk melakukan suatu tindakan tanpa memikirkan konsekuensi yang bakal muncul di kemudian hari.

Itu sebabnya, kamu nggak bakal menyadari tindakan klik-klik -mu di situs belanja online bakal bawa pengaruh mengerikan buat keuanganmu. Kamu baru menyadari dan menyesalinya saat melihat sisa tabunganmu yang menipis. Hayo, loh!

3. Teknik Marketing yang Efektif Bikin Makin "Khilaf"

3 Custom E505d

Hal tersebut makin diperparah dengan teknik marketing yang cerdas dari para penyedia situs layanan jual beli online, geng. Dengan teknik-teknik penjualan yang mereka punya, mereka bakal memanfaatkan rasa bosanmu untuk nge-klik barang yang kamu inginkan.

Secara khusus, karena perilaku impulsif berasal dari perasaan bosan, maka mereka bakal memainkan perasaanmu pula. Aneka strategi persuasif bakal digunakan buat membuaimu jatuh lebih dalam ke "jurang" kehedonan.

Itu sebabnya selama masa PSBB ini, banyak penyedia jasa jual beli online bisa untung besar hingga 3 atau 4 kali lipat, geng! Mereka dapat cuan alias untung, kamu dapat buntung.

4. Sifat Manusia yang Nggak Pernah Puas

4 Custom 13a06

Manusia pada dasarnya nggak akan pernah merasa puas. Ketika seseorang sudah mendapatkan sesuatu, namun melihat kiri-kanannya dapat yang lebih baik, ia bakal berusaha mendapatkan sesuatu yang terbaik itu lebih dan lebih lagi. Paham kan, geng?

Sama halnya saat belanja online. Karena nggak akan pernah puas, orang bakal terus membeli barang-barang yang sebenarnya nggak dibutuhkan banget.

Padahal, jika belanja online dilakukan dengan bijak selama PSBB ini, kamu tetap bisa berhemat , apalagi kalau kamu juga menginstall aplikasi terbaik untuk berburu diskonan. Dijamin hemat banget!

5. Cara Mengatasi: Main Game + Nonton Film Favorit

5 Custom 98b1e

Karena akar permasalahan utamanya adalah rasa bosan, maka kamu harus melakukan banyak hal untuk membunuh perasaan tersebut. Salah satunya adalah bermain game-game keren ini.

Di sana nanti, kamu bakal menemukan game-game simpel yang bisa dimainin siapa aja secara online. Cocok jadi game favorit keluarga atau teman-temanmu, geng!

Selain itu, kamu bisa menghilangkan rasa bosan dengan menonton film-film favorit lewat sederet situs nonton film gratis terbaik berikut ini.

Selain nggak bikin bosan, deretan film lintas genre bakal menambah wawasan dan sudut pandangmu secara luas. Keren banget, kan?

Akhir Kata

Itulah tadi alasan ilmiah kenapa kita gampang jatuh dalam perilaku belanja online berlebihan saat PSBB, lengkap dengan cara mengatasi perilaku tersebut. Sampai sini udah paham ya, geng?

Jika kamu punya uneg-uneg atau pendapat lainnya, silakan tuang semuanya pada kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Belanja Online atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Start Up

10 Tips Cerdas Membangun Relasi Media untuk Startup di Indonesia

Tips Beli Android Untuk Gaming

10 Tips Membeli Smartphone Android Terbaik untuk Gaming

Tips Beli Android Asal Cina Banner

4 Tips Membeli Smartphone Android Asal Cina

Hp Murah Berkualitas 24b1a

10 HP Murah Berkualitas, Spek Tinggi Harga di Bawah 1 Juta!

Hp Android Gaming Satu Jutaan 19956

10 HP Gaming Harga Rp1 Jutaan Terbaik 2020 | Main Game Rata Kanan!

Hp Ram 2gb Murah 70c85

12 HP Murah RAM 2GB Terbaik 2020 | Main PUBG Lancar Jaya!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal