J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Kenapa Internet Sering Lemot Saat Libur Lebaran? Ini Jawabannya!

Kenapa Internet Sering Lemot Saat Libur Lebaran? Ini Jawabannya!

Senin, 25 Mei 2020, 19:00 WIB
Internet lemot saat libur Lebaran emang bikin sebel maksimal. Tapi apa sih penyebabnya? Simak ulasan Jaka berikut ini buat tahu jawabannya!

Ada beberapa hal menyebalkan yang bakal kamu temukan saat merayakan Lebaran bersama keluarga besar. Mulai dari ditanya "Kapan lulus?" atau "Kapan nikah?" sampai disuruh membantu membersihkan rumah.

Tapi ada 1 hal yang paling bikin naik pitam. Apakah itu? Nggak lain dan nggak bukan adalah koneksi internet yang sering bermasalah. Nggak lucu kan, ketika kamu mau update momen spesial bersama di media sosial, eh malah lemot!

Sebenarnya, kenapa sih koneksi internet sering lemot saat libur Lebaran? Penasaran, bukan? Nah, Jaka punya jawabannya. Simak ulasan berikut ini!

Penyebab Internet Sering Lemot Saat Libur Lebaran

Momen Lebaran jadi saat yang paling ditunggu tiap tahun. Hal ini mengingat hanya saat inilah, kita bisa berkumpul bersama keluarga besar.

Tentu saja, momen ini bakal dimanfaatkan banyak orang untuk mengunggah aktivitas mudik dan Lebaran mereka di media sosial.

Namun seringkali, hal ini terhambat karena koneksi internet yang lemot bahkan putus-putus. Apa penyebabnya? Berikut jawabannya!

1. Berada di Lokasi yang Sinyalnya Jelek

1 Custom 226a8

Sudah overthinking kalau HP atau sinyalmu bermasalah sehingga harus segera diservis atau menelepon provider internet? Oh, tenang saja geng! Ada banyak penyebab koneksi internetmu jelek.

Salah satunya adalah lokasi tempat kamu berada memang memiliki jangkauan koneksi internet yang buruk, khususnya jika berada di desa atau gunung. Sebagai informasi, koneksi internet bisa terhalang oleh bukit ataupun pepohonan tinggi, loh!

Nah, kalau misalkan lokasimu ada di tanah landai dengan pepohonan jarang tapi masih saja lemot, maka bisa jadi daerahmu belum terjangkau providermu. Kalau sudah begini, kamu perlu mengetahui cara mengatasi internet lemot di HPmu.

2. Cuaca Buruk

2 Custom Ed3cd

Kalau bicara soal konektivitas internet, jangan lupa bahwa kondisi cuaca juga jadi faktor yang sangat memengaruhi. Secara khusus di Indonesia sendiri dengan kondisi cuaca yang nggak pasti, koneksi internet pun jadi ikut nggak jelas.

Apalagi saat hujan deras datang, koneksi internet jadi terhambat dan putus-putus. Untung saja, Lebaran biasanya jatuh pada musim kemarau, sehingga nggak begitu berpengaruh pada jaringan.

Namun tak jarang, hujan pun bisa turun di musim kemarau. Untuk itulah, kamu butuh aplikasi cuaca paling akurat di HP Android mu. Dengan demikian, kamu bisa mengetahui kondisi cuaca di daerah tempatmu merayakan Lebaran nanti.

3. Jaringan yang Terlalu Sibuk

3 Custom E9516

Nah, faktor ini yang jadi salah satu penyebab utama kenapa koneksi internet jadi lemot saat libur Lebaran. Banyaknya orang yang menggunakan koneksi internet di saat bersamaan membuat jaringan terbagi-bagi.

Alhasil, koneksinya mau nggak mau menjadi lambat. Konsep ini sama seperti pengguna WiFi yang terlalu banyak ataupun ada yang mengunduh dengan memakan banyak bandwidth.

Kalau sudah seperti ini kejadiannya, solusi yang bisa dilakukan hanyalah menunggu hingga penggunanya berkurang atau mengusulkan pada pemerintah agar menambah kapasitas bandwidth nasional.

4. Aplikasi yang Mengganggu

4 Custom 7e093

Nggak cuma faktor eksternal aja yang bisa bikin koneksi internet melambat loh, geng! Beberapa aplikasi yang aktif di HP mu bisa jadi alasan koneksi internetmu lambat.

Solusinya gampang kalau ini. Kamu bisa mematikan koneksi seluler pada aplikasi-aplikasi yang menurutmu nggak dipakai di Menu Settings.

Nggak cuma itu aja. Kapasitas memori yang penuh ditambah cache yang menumpuk di HP mu bakal membuat kecepatan internetmu melambat.

Kalau sudah begini, kamu membutuhkan aplikasi pemberih RAM Android terbaik. Dijamin, selain koneksi internetmu jadi cepat, HP mu jadi bebas dari ancaman nge-lag.

5. Sistem di HP Bermasalah

5 Custom E8ea4

Apa yang terjadi kalau semuanya baik-baik saja tapi koneksi internet tetap lemot? Bisa jadi masalah utamanya justru hadir di HP mu sendiri, entah dari sistem atau dari kondisi hardwarenya.

Kalau masalah internet lemot datang dari sistem operasinya, maka cara untuk mengatasi ini hanya dengan melakukan restart, atau kalau masih nggak bisa, mau nggak mau harus reboot HP kembali ke setelan awal.

Jika permasalahan datang dari kartu SIM mu yang nggak mampu menerima sinyal dengan baik, maka kamu hanya bisa membawanya langsung ke galeri providermu untuk diperbaiki.

Akhir Kata

Itulah tadi jawaban kenapa internet lemot tiap kali libur Lebaran. Bagaimana menurutmu? Silakan tulis pendapatmu di kolom komentar bawah ya, geng!

Tetap buka Jalantikus.com untuk melihat berbagai macam informasi menarik selama bulan Ramadhan ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Lebaran atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
10 Handphone Unik Yang Pernah Dijual Banner

10 Handphone Unik yang Dijual dan Laku Keras di Jamannya

10 Hp Teraneh Nokia

10 Ponsel Nokia dengan Desain Paling Nyeleneh

Af6f945bee38949943d45875229a4492

14 Handphone Terlupakan yang Paling Diincar Pada Tahun 2000-an

20130902172407_2128

4 Cara Mengatasi Handphone yang Terkena Air

Cara Daur Ulang Hp 49b16

4 Cara Mudah Daur Ulang Handphone yang Tidak Terpakai

Handphone Jadul2

5 Handphone Jadoel Terpopuler

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cara Mengatasi Internet Lemot di Handphone dan Laptop Paling Ampuh

Cara Mengatasi Internet Lemot di Handphone dan Laptop Paling Ampuh

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC, Laptop & HP Android | Naik 200%

Cara Mempercepat Koneksi Internet di PC, Laptop & HP Android | Naik 200%

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal