J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Kebohongan Sejarah yang Menipu Manusia, Jangan Percaya Dulu!

Jumat, 22 Jan 2021, 10:00 WIB
Sejarah bukan hanya ditulis oleh para pemenang, tapi juga para pembohong! Begini penjelasannya.

Jika dulu kamu pernah mendengar ungkapan, "Sejarah ditulis oleh para pemenang", saat ini Jaka berhasil menemukan fakta mencengangkan lainnya bahwa sejarah juga ditulis oleh para pembohong. Kok bisa?

Seperti yang kamu tahu, nggak semua sejarah peradaban ditulis berdasarkan aslinya. Nggak jarang beberapa sengaja direkayasa demi kepentingan rezim yang sedang berkuasa.

Nggak percaya? Berikut daftar kebohongan sejarah yang berhasil menipu umat manusia. Dijamin bikin kaget setengah mati!

1. Kemenangan Amerika dalam Perang 1812

Mitos1 Custom 722ea

Seperti yang kamu tahu, Amerika berhasil merumuskan konstitusi pertamanya sekaligus mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1776. Tentu saja, Inggris sangat nggak senang dengan hal ini dan bertempur habis-habisan melawan Amerika.

Banyak yang kemudian meyakini bahwa kemenangan Amerika di tahun 1812 sudah merupakan akhir dari perang berdarah tersebut. Kenyataannya tidak.

Sebaliknya, mereka masih harus berurusan dengan banyaknya perang saudara, khususnya dalam menyatukan aneka negara bagian di benua baru.

2. Hitler Cuma Punya 1 Kantung Zakar

Mitos2 Custom Efb7b

Diktaktor jahat yang sering diperankan dalam film-film ini ternyata juga nggak lepas dari gosip dan rumor yang beredar, khususnya selama Perang Dunia II.

Salah satunya, ia dirumorkan memiliki masalah impotensi. Yang paling parah, ia sering digosipkan hanya memiliki 1 kantung zakar saja.

Meskipun begitu, gosip tersebut sampai detik ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah, mengingat jenasahnya, konon, sudah habis terbakar setelah ia bunuh diri.

Usut punya usut, gosip ini berasal dari lagu penyemangat tentara Britania saat melawan Jerman sekaligus sebagai bentuk ejekan untuk Hitler. Tebak judulnya apa? Yap, 'Hitler Has Only Got One Ball'!

3. Napoleon Ternyata Nggak Sependek Itu

Mitos3 Custom Afd69

Selama ini, baik di buku sejarah ataupun penelitian para ahli menyebut bahwa Napoleon adalah pemimpin bertubuh pendek. Namun, hasil temuan terbaru sepertinya bakal mematahkan dugaan ini.

Hal ini bermula saat Napoleon wafat pada 5 Mei 1821. Dokternya memberi pernyataan dalam surat autopsi bahwa tinggi Napoleon adalah 5 kaki 2 inci.

Masalahnya pada saat itu, 1 inci versi Prancis berbeda dengan 1 inci versi Inggris atau internasional. Jika dalam versi Prancis tingginya hanya 157 cm, dalam versi internasional tingginya mencapai 170 cm.

Lalu kenapa tubuh Napoleon terlihat pendek? Itu karena berdasarkan persyaratan utama, tinggi para pengawal dan tentara perang harus jauh melebihi pimpinannya. Nah loh, terus mana yang benar?

4. Perang Amerika - Irak 2003

Mitos4 Custom 59190

Generasi 90an pasti masih mengingat betul bagaimana Amerika Serikat menginvasi Irak dan menggulingkan pemerintahan Presiden Saddam Hussein dengan tragis.

Alasannya, Amerika di bawah Presiden Bush bersikukuh bahwa Saddam Hussein bertanggung jawab terhadap tragedi 9/11 yang menewaskan lebih dari ribuan penduduk sipil.

Perang yang jadi inspirasi film-film Hollywood ini konon malah terjadi gara-gara Bush berambisi merebut pos-pos kilang minyak penting yang ada di Irak demi kepentingan ekonomi Amerika. Jadi mana yang benar, nih?

5. Colombus Bukan Penemu Amerika

Mitos5 Custom 86b94

Christopher Columbus selama ini dikenal sebagai pelaut Eropa yang menemukan Benua Amerika dalam penjelajahan mencari Dunia Baru. Ternyata fakta terbaru malah menunjukkan sebaliknya.

Orang Eropa pertama yang menemukan Benua Amerika adalah Leif Erikson, seorang penjelajah laut asal suku Nordik, yang kini menghuni Skandinavia.

Ia pertama kali mendarat di sebuah pulau yang sekarang bernama Newfoundland, Kanada. Hal tersebut dibuktikan dengan temuan arkeolog di tahun 1960 yang menunjukkan keberadaan peradaban Eropa di sana puluhan tahun sebelum kedatangan Colombus.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai kebohongan sejarah yang menipu umat manusia. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal