5 Kasus Zombie di Dunia Nyata | Dari Hewan Hingga Manusia!

Default

Apakah kamu pernah menonton film tentang zombie? Pada film-film tersebut diceritakan mengenai teror dari mayat dan makhluk yang mati lalu hidup kembali karena virus ataupun eksperimen sains.

Membayangkan di film saja sudah mengerikan. Namun tahukah kamu, ternyata ada kasus zombie di dunia nyata yang benar terjadi.

Kasus ini ditemui tidak hanya pada hewan dan tanaman, bahkan pada manusia! Namun tenang saja hal ini bisa dijelaskan secara saintifik. Berbeda dengan eksperimen yang mencoba menciptakan zombie sendiri.

Kalau kamu penasaran tentang kasus zombie di dunia nyata yang benar-benar terjadi, simak terus artikel Jaka berikut ini.!

1. Semut Zombie

Semut Zombie Kasus Zombie Di Dunia Nyata C7b8d

Ophiocordyceps adalah genus jamur yang memiliki lebih dari 200 spesies. Banyak ada banyak spesies jamur bisa berbahaya, tetapi ada satu hal khusus yang membuat Ophiocordyceps sangat menakutkan.

Spesies jamur ini membidik dan menginfeksi berbagai serangga melalui spora mereka. Setelah infeksi terjadi, jamur parasit mengambil kendali pikiran serangga, mengubah perilakunya untuk membuat penyebaran spora jamur lebih luas.

Ophiocordyceps memakan serangga yang menempel, tumbuh masuk, dan keluar dari tubuh mereka sampai serangga tersebut mati.

Salah satu spesies ini, Ophiocordyceps unilateralis sensu lato, secara khusus menginfeksi, mengendalikan, dan membunuh semut kayu (Camponotus castaneus) yang berasal dari Amerika Utara.

Saat Ophiocordyceps unilateralis menginfeksi semut tukang kayu, mereka mengubahnya menjadi zombie.

Semut kayu akan dipaksa memanjat ke puncak tumbuhan yang tinggi, di mana mereka menetap di situ hingga mati. Ketinggian yang tinggi memungkinkan jamur tumbuh dan kemudian menyebarkan spora secara luas.

2. Zombie Laba-laba

Laba Laba Zombie Kasus Zombie Di Dunia Nyata Cd45d

Tahun 2018 lalu, ahli zoologi Philippe Fernandez-Fournier dari University of British Columbia di Vancouver, Kanada dan rekannya mendapati penemuan mengerikan di Hutan Amazon, Ekuador.

Mereka menemukan bahwa spesies tawon Zatypota dapat memanipulasi laba-laba dari spesies Anelosimus eximius. Laba-laba A. eximius adalah hewan sosial yang lebih suka hidup berkelompok, tidak pernah pergi terlalu jauh dari koloni mereka.

Namun, Fernandez-Fournier dan timnya memperhatikan bahwa anggota spesies ini yang terinfeksi larva Zatypota menunjukkan perilaku aneh, mereka meninggalkan koloni mereka untuk menenun jaring seperti kepompong di lokasi terpencil.

Ketika para peneliti membuka "kepompong" buatan ini, mereka menemukan larva Zatypota tumbuh di dalamnya.

Penelitian lebih lanjut mendapati serangkaian peristiwa yang mengerikan. Tawon Zatypota yang bertelur di perut laba-laba A. eximius ketika menetas dan larva tawon muncul, ia mulai memakan laba-laba dan mulai mengendalikan tubuhnya.

3. Menghidupkan Virus Kembali

Virus Zombie Kasus Zombie Di Dunia Nyata 71e92

Pada tahun 2014, para peneliti dari Pusat Nasional de la Recherche Scientifique di Aix, Marseille Universit di Prancis menggali organisme 'menarik' dari lapisan es Siberia.

Temuan tersebut adalah virus raksasa yang berusia sekitar 30.000 tahun, virus raksasa ini diberi nama Pithovirus sibericum. Virus ini disebut raksasa lantaran, meski kecil, mereka mudah terlihat di bawah mikroskop.

Namun, ada hal lain yang membuat P. sibericum menonjol. Virus ini mengandung sejumlah besar gen DNA, tepatnya 500 gen! Hal ini sangat kontras dengan virus DNA lainnya, seperti human immunodeficiency virus (HIV) yang hanya mengandung sekitar 12 gen.

Meskipun sejauh ini tetap aman terkendali, pemanasan global dan tindakan manusia dapat menyebabkan mereka muncul dan hidup kembali yang mungkin membawa ancaman kesehatan yang tidak diketahui.

4. Tanaman Zombie

Tanaman Zombie Kasus Zombie Di Dunia Nyata F2234

Pada tahun 2014, para peneliti dari John Innes Center di Norwich, Inggris Raya, menemukan bahwa bakteri fitoplasma, dapat mengubah beberapa tanaman menjadi "zombie".

Bakteri ini menginfeksi tanaman seperti goldenrods (Solidago) yang berbunga kuning. Infeksi menyebabkan Solidago mengeluarkan 'daun tambahan' di luar daun yang biasanya.

Pertumbuhan daun ini menarik lebih banyak serangga yang memungkinkan bakteri menyebar secara luas dan menginfeksi tanaman lain.

5. Zombie Manusia

Zombie Manusia Kasus Zombie Di Dunia Nyata E2cb0

Bisakah manusia berubah menjadi zombie? Pada 1990-an, Dr. Chavannes Douyon dan Prof Roland Littlewood menyelidiki kebenaran zombie Haiti, apakah memang dihidupkan kembali?

Pada tahun 1997, keduanya menerbitkan makalah studi di The Lancet di mana mereka menganalisis kasus tiga individu dari Haiti yang di komunitasnya dikenal sebagai zombie.

Salah satunya adalah seorang wanita berusia 30 tahun yang diduga meninggal setelah jatuh sakit. Keluarganya mendapati dia berjalan-jalan sebagai "zombie" 3 tahun setelah kematiannya.

Kasus lainnya adalah seorang pria muda yang telah "mati" pada usia 18 dan muncul kembali setelah 18 tahun di lokasi sabung ayam.

Kasus terakhir pada seorang wanita yang telah "meninggal" pada usia 18 tahun tetapi terlihat lagi sebagai zombie 13 tahun setelah kematiannya.

Dr. Douyon dan Prof. Littlewood memeriksa ketiga zombie itu dan menemukan bahwa mereka bukanlah korban mantra jahat. Sebaliknya, alasan medis dapat menjelaskan zombifikasi mereka.

"Zombie" pertama menderita skizofrenia katatonik, suatu kondisi langka yang membuat orang tersebut bertindak seolah-olah sedang dalam keadaan pingsan.

Orang kedua mengalami kerusakan otak dan juga menderita epilepsi. Sedangkan orang ketiga tampaknya mengalami ketidakmampuan dalam belajar.

Namun, ada juga gangguan kejiwaan tertentu yang disebut sindrom Cotard yang dapat menyebabkan orang bertingkah laku seperti zombie. Mereka berada di bawah khayalan yang membuat mereka berpikir sudah mati atau membusuk.

Masih belum jelas seberapa umum kondisi ini, tetapi penelitian menunjukkan bahwa ini adalah kejadian langka. Namun, kasus orang dengan sindrom Cotard terdokumentasi meresahkan.

Akhir Kata

Itu dia tadi sejumlah kasus zombie di dunia nyata yang benar-benar terjadi baik pada hewan maupun tumbuhan hingga manusia.

Simak juga daftar teori konspirasi virus Corona yang masih dipercaya hingga sekarang ini dalam artikel berikut:

Teori Konspirasi Corona Banner 88153
7 Teori Konspirasi Virus Corona Yang Masih Terus Dipercaya, Kok Bisa?
Pandemi Covid-19 akibat virus Corona menyebabkan munculnya info-info palsu yang berbahaya. Simak penjelasan di bawah supaya kamu nggak kena hoax!
LIHAT ARTIKEL

Apakah ada kasus zombie lainnya yang perlu ditambahkan ditambahkan dalam artikel ini? Apakah kamu setuju bahwa ada zombie yang bisa diciptakan manusia?

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Fear Street Trilogy 75a41
30+ Film Horor Terseram dan Terbaru 2021, dari Berbagai Negara!
Film Horor Tanpa Ada Kematian Satupun 320d4
7 Film Horor Mengerikan Tanpa Ada yang Mati Satupun, Kok Bisa?
Film Tempat Mengerikan Lokasi Syuting Horor 649f7
7 Tempat Mengerikan yang Jadi Lokasi Syuting Film Horor, Serem Abis!
7 Adegan Cgi Terburuk Dalam Film Superhero Marvel Untung Filmnya Bagus D1b5b
7 Adegan CGI Terburuk dalam Film Superhero Marvel, Bagusan CGI Film DC?
7 Aktor Yang Jadi Buruk Rupa Akibat Cgi Mirip Karakter Kartun 27165
Kacau! 7 Aktor yang Jadi Buruk Rupa Akibat Efek CGI Amburadul
Cgi 6d9b9
5 Alasan Film Superhero Tanpa CGI Gak Bakal Laku
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal