6 Kasus Peretasan Paling Heboh di Indonesia | Mulai Tokopedia sampai Situs KPU!

Default

Kasus peretasan alias hacking memang cukup mengerikan. Kenapa? Karena bisa saja data pribadi kita yang tersimpannya jadi bocor dan tersebar di jagat maya.

Di Indonesia, pernah terjadi sejumlah kasus peretasan yang menghebohkan. Pembobolan ini bukan hanya melibatkan situs perusahaan, tapi juga instansi pemerintah.

Tentu saja hal ini bikin kita ngeri ya. Bagaimana kalau sampai data-data kita bocor dan malah diperjualbelikan?

Keamanan data memang jadi salah satu hal yang sangat penting di era digital seperti sekarang. Seharusnya, pihak yang memiliki data-data kita itu harus dapat menjaganya dengan baik.

Kalau kamu penasaran apa saja kasus peretasan paling heboh yang pernah terjadi di Indonesia tersebut. Berikut ini Jaka sudah merangkumnya.

1. Pencurian 91 Juta Data Pengguna Tokopedia

Kasus Hacker Yang Menggemparkan Dunia Cbee8

Kasus peretasan di Indonesia yang paling heboh yang pertama tentu saja bocornya data pengguna Tokopedia. Bahkan tidak tanggung-tanggung, ada sebanyak 91 juta data yang dicuri oleh hacker!

Mereka sukses mendapatkan alamat email, nama pengguna, nomor HP, tanggal lahir, jenis kelamin, hingga password hash. Password hash merupakan enkripsi yang berguna untuk menyamarkan password asli pengguna.

Hal ini terungkap melalui cuitan akun Twitter Under the Breach, @underthebreach. Dalam cuitan tersebut menyebutkan ada seorang hacker bernama Whysodank meminta bantuan hacker lain untuk dapat memecahkan enkripsi hash data yang ia curi.

Melalui cuitan itu juga disebutkan ada 91 juta data pengguna Tokopedia yang dijual di Dark Web! Data-data tersebut dihargai 5.000 dollar AS atau sekitar Rp73,4 juta pada waktu itu.

Tokopedia memang mengakui adanya upaya pencurian data di platform marketplace terbesar kedua di Indonesia ini.

Meski begitu, mereka menjamin password dan data pembayaran berhasil dilindungi dan dalam kondisi aman. Sayangnya, hingga sekarang identitas asli pelaku belum diketahui.

2. Peretasan Situs Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI)

10 Kasus Pembobolan Keamanan Jaringan 31539

Situs ICMI juga sempat diretas oleh kelompok Anonymous Indonesia. Hal ini akibat dari permintaan pemblokiran YouTube dan Google oleh Sekretaris Jenderal ICMI, Jafar Hafsah.

Para hacker tersebut menuliskan pesan di situs ICMI yang berbunyi, "Cuma security test ringan. Dear bapak/ibu Cendekiawan ICMI, this is (a) friendly reminder. Improve your security first, baru ngomongin blokir Google. Anonymous."

Tak cuma itu situs pribadi milik Jimly Asshiddique, ketua ICMI juga ikutan diretas oleh para hacker.

3. Satelit Indonesia Diretas Jim Geovedi

Kasus Hacker Di Dunia 93369

Siapa yang tidak mengenal sosok kenamaan dan pakar teknologi asal Indonesia, Jim Geovedi? Ia mengaku pernah meretas dua satelit Indonesia dan China.

Namun, hal ini ia lakukan atas permintaan dari klien. Dalam sebuah wawancara Jim menjelaskan kalau dirinya sukses mengubah dan menggeser orbit satelit, wow!

Hal yang lebih hebat lagi dari sosok Jim adalah dirinya tidak pernah mengenyam pendidikan di bidang ilmu komputer atau sejenisnya. Seluruhnya ia pelajari secara otodidak!

4. Peretasan Situs KPAI

Kasus Peretasan Tokopedia B6d0e

Ternyata Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) juga tidak luput dari sasaran peretasan. Alasannya? Ternyata KPAI sempat meminta pemerintah memblokir beberapa game tertentu yang kemudian menimbulkan amarah para hacker.

Saat itu KPAI menyebut ada sejumlah game yang memiliki unsur seksualitas dan kekerasan yang tak layak konsumsi anak-anak.

Sehingga hal ini mendapatkan penolakan dari beragam pihak. Puncaknya, situs KPAI diretas oleh hacker yang diketahui bernama Skeptix.

5. Perang Hacker Indonesia dan Australia

Kasus Hacker Di Indonesia 2019 E1e06

Masih ingat atau kamu baru tahu jika kelompok Anonymous Indonesia pernah berperang dengan hacker dari Australia di tahun 2013?

Serangan ini dilancarkan ke puluhan situs di Australia yang sukses dibuat down pada waktu itu.

Apa penyebab dari perang antar hacker ini? Ternyata isu spionase terhadap Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) jadi alasan utama perang siber itu.

Kabarnya, Badan Intelijen Australia melakukan spionase ke SBY dan sejumlah petinggi negara lainnya di tahun 2009.

Fakta ini pun diperkuat dengan keterangan mantan pegawai National Security Agency, Edward Snowden.

Kelompok Anonymous Indonesia pun menyerang situs-situs bisnis dan pemerintahan Australia sebagai target peretasan. Tidak terlewat, situs resmi Badan Intelijen Australia ikut tumbang selama beberapa saat.

Namun, tindakan ini diserang balik oleh sekelompok hacker yang mengaku sebagai Anonymous Australia yang membuat situs milik KPK, Polri, dan Garuda Indonesia down.

6. Peretasan Situs KPU

Kasus Peretasan Di Indonesia 7743a

Dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2004, Indonesia dihebohkan dengan kasus peretasan situs Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pelaku peretasan yang akhirnya tertangkap dan diketahui namanya sebagai Dani Firmansyah ini mencoba meretas situs resmi KPU dan mengganti nama serta gambar partai peserta pemilu.

Dani mengaku tindakannya tersebut tidak bermuatan politik, ia hanya ingin menguji keamanan situs KPU yang malah membuat dirinya dijatuhi hukuman penjara 6 bulan 21 hari.

Akhir Kata

Itu dia tadi sejumlah kasus peretasan paling besar di Indonesia. Bahkan sampai ada kebocoran data pengguna!

Ketahui juga perbedaan kelompok hacker dan cracker serta bahaya kedua kelompok tersebut dalam artikel berikut:

Perbedaan Hacker Dan Cracker A1380
Ternyata Inilah Perbedaan Hacker & Cracker, Siapa Yang Lebih Berbahaya?
Masih bingung mengenai istilah hacker dan cracker? Berikut adalah pembahasan tentang persamaan dan perbedaan hacker dan cracker selengkapnya!
LIHAT ARTIKEL

Menurut kamu apakah sebenarnya kelompok hacker ini orang yang menegakkan keadilan bagi orang-orang di dunia?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Linux
10 Alasan Kenapa Hacker Memilih Linux daripada Windows
2b715752efebcc57f0c693ce5af2ae90
10 Grup Hacker Paling Berbahaya di Dunia, Skill-nya Bukan Maen...
MV5BMTk4NTEyMzg5MF5BMl5BanBnXkFtZTgwODg5MDAyOTE V1 SY1000 CR0 0 1499 1000 AL E8277
10 Hacker Paling Pandai dan Berbahaya Sepanjang Masa, Bikin Ngeri!
Header 16 3f16e
10 Kasus Pencurian Terbesar oleh Hacker Sepanjang Masa
Untitled 1 723ea
10+ Bahasa Pemrograman yang Wajib Dikuasi Hacker
Banner Engadget Tokohhack
3 Dari 10 Orang HACKER Pembobol PlayStation Ini Asal Indonesia Loh!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal