• NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Kasus Kematian yang Diakibatkan Oleh Game, No. 4 Harusnya Bisa Selamat!

7 Kasus Kematian yang Diakibatkan Oleh Game, No. 4 Harusnya Bisa Selamat!

00
Jumat, 15 Nov 2019, 20:00 WIB
Main game berlebihan memang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian. Kali ini, Jaka akan kasih beberapa kasus kematian yang diakibatkan oleh game!

Bermain game memang menjadi aktivitas yagn menyenangkan dan bisa menghilangkan penat. Apalagi, main game bisa dilakukan di berbagai platform.

Akan tetapi, jika dilakukan secara berlebihan main game bisa memberikan efek negatif. Banyak kasus kecanduan yang jelas tidak baik.

Bahkan, ada beberapa kasus kematian yang diakibatkan oleh game! Kali ini, Jaka akan kasih kamu beberapa daftar kasusnya sebagai pelajaran bersama untuk kita.

Kasus Kematian Karena Game

Kecanduan bermain game sudah menjadi sesuatu yang kerap terjadi. Tidak hanya melanda orang dewasa, anak-anak pun menjadi korbannya.

Secara umum, bermain game selama berjam-jam akan memberikan efek sakit kepala, punggung, hingga merusak mata.

Kasus-kasus di bawah ini lebih menyedihkan karena nyawa sang pemain harus melayang karena kebanyakan bermain game!

1. Jeff Dailey

Kasus Kematian Game 1 E4ce8
Sumber foto: Indie Retro News

Kasus kematian karena game pertama yang ada di daftar ini (sekaligus pertama di dunia) adalah kasus Jeff Daeley yang terjadi pada awal tahun 80-an.

Ia bersama temannya, Peter Burkowski, kecanduan bermain game arcade Berzerk dan berusaha untuk mengalahkan skor tertinggi yang mereka buat sendiri.

Secara tiba-tiba, Jeff menderita gagal jantung ketika sedang bermain. Kawannya, Peter, juga meninggal sekitar satu tahun kemudian.

Menurut ahli jantung, penyebab kematian mereka adalah bukan karena video gamenya, melainkan karena tekanan yang diakibatkan oleh game tersebut.

2. Rustam

Kasus Kematian Game 2 4eaf5
Sumber foto: Gaming Tools

Karena patah kaki yang dialaminya, seorang remaja berusia 17 tahun bernama Rustam menjadi keranjingan bermain game.

Game yang ia mainkan adalah Defense of The Ancients atau lebih dikenal sebagai DOTA. Selama satu setengah tahun, ia menghabiskan lebih dari 2000 jam bermain.

Awalnya, ia hanya bermain selama 6 jam perhari. Lantas, ia ketagihan hingga bermain selama 22 hari tanpa henti.

Orang tuanya menemukan ada yang salah dan mereka membawanya ke rumah sakit. Sayang, mereka sudah terlambat.

Ia hanya berhenti bermain game untuk tidur siang, ke toilet, dan makan, sehingga ia meninggal karena Deep Vein Thrombosis yang diakibatkan terlalu banyak duduk.

3. Tim Eves

Kasus Kematian Game 3 121d3
Sumber foto: Amazon

Kebanyakan kasus kematian diakibatnya karena kurangnya aktivitas fisik. Akan tetapi, kasus yang satu ini justru kebalikannya.

Tim Eves bermain Wii Fit dari Nintendo yang sejatinya mendorong gamers untuk tetap bergerak sembari bermain game.

Sayangnya ketika memainkannya ini bersama teman-temannya, Tim mendadak jatuh. Ia langsung dilarikan ke rumah sakit tetapi tim medis tidak bisa menyelamatkannya.

Hasil otopsi menyatakan bahwa Tim kemungkinan terkena sindrom Sudden Arrhythmia Death yang merupakan sejenis kelainan jantung.

4. Zhang

Kasus Kematian Game 4 Da058
Sumber foto: World of Warcraft

Game MMORPG dari Blizzard, World of Warcraft, terkenal sangat adikif. Salah satu pecancunya adalah Zhang yang berasal dari China.

Karena kecanduannya dengan game ini, Zhang mendapatkan berat badan lebih dari 145kg karena jarang melakukan aktivitas fisik.

Ia memanfaatkan waktu liburan Tahun Baru Imlek untuk berman game favoritnya tersebut selama tujuh hari berturut-turut.

Hal tersebut membuatnya tak sadarkan diri dan tim medis gagal menolongnya. Hasil otopsi mengatakan ia mengalami gagal jantung.

Penyebab kematian lainnya adalah berat badannya yang berlebihan, sirkulasi darah yang buruh, dan kekurangan oksigen karena duduk di satu tempat yang sama terlalu lama.

Andai Zhang tidak terlalu berlebihan dalam memaksimalkan liburannya dan tetap beraktivitas normal, mungkin nyawanya bisa terselamatkan.

5. Chuang

Kasus Kematian Game 5 94c02
Sumber foto: Polygon

Tidak hanya laki-laki yang mengalami kasus kematian karena bermain game. Perempuan pun pernah ada yang tewas karena ketagihan bermain game.

Seorang wanita asal Taiwan bernama Chuang baru berusia 18 tahun. Ia sedang ketagihan bermain game populer dari Blizzard, Diablo 3.

Ia bermain game ini selama 40 jam berturut-turut tanpa istirahat sama sekali, baik untuk makan ataupun istirahat.

Setelah 40 jam bermain, ia bangkit dari tempatnya dan tiba-tiba jatuh tersungkur. Sempat dibawa ke rumah sakit, Chuang harus menghembuskan napas terakhirnya.

Dokter setempat meduga bahwa kematian Chuang terjadi akibat penggumpalan darah karena ia duduk di satu tempat selamat hampir dua hari.

6. Brian Vigneault

Kasus Kematian Game 6 B06f3
Sumber foto: World of Tanks Asia

Berawal dari niat baik untuk melakukan kegiatan amal, Brian Vigneault harus meregang nyawa setelah bermain game selama 22 jam tanpa henti.

Ia bermain game World of Tanks demi mengumpulkan uang untuk Make a Wish Foundation. Ia juga melakukan streaming di Twitch.

Sebenarnya, teman-temannya sudah mengingatkan Brian untuk beristirahat. Nasihat tersebut didengar olehnya, namun setelah 22 jam bermain.

Para penonton yang tidak melihat ia kembali segera menjadi khawatir. Benar saja, ia jatuh pingsan dan meninggal karena serangan jantung.

7. Hsieh

Kasus Kematian Game 7 69f51
Sumber foto: Pinterest

Warung internet alias warnet tidak hanya di Indonesia, di Taiwan pun ada banyak. Warnet-warnet ini biasanya disewa oleh para pemain untuk memainkan game favoritnya.

Seorang pelanggan bernama Heish sangat sering berkunjung ke warnet setelah ia kehilangan pekerjaannya.

Pria berusia 32 tahun tersebut bisa pergi berhari-hari hingga menginap di warnet hingga keluarganya telah terbiasa dengan hal tersebut.

Setelah bermain tiga hari berturut-turut, seorang karyawan menemukan Heish terbaring di mejanya dan tidak mendapatkan respon.

Ternyata, Hsieh terkena serangan jantung dan meninggal. Dari CCTV terlihat bahwa ia sempat terlihat menderita nyeri dada sebelum tak sadarkan diri.

Akhir Kata

Kita tidak boleh sampai dikuasai game. Harusnya, kita bisa mengendalikan diri sendiri dan tidak bermain game secara berlebihan.

Banyak aktivitas lain yang sejatinya bisa lebih bermanfaat untuk kehidupanmu dibandingkan sekadar bermain game hingga lupa waktu.

Semoga kasus-kasus kematian yang diakibatkan oleh game di atas bisa menjadi pelajaran berharaga untuk kita semua.

Baca juga artikel seputar Game atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah.

ARTIKEL TERKAIT
Game Yang Menyebabkan Kematian Banner 215a2

HATI-HATI! 7 Game Terkenal Ini Telah Menyebabkan Kematian di Dunia Nyata!

5 Perusahaan Game Yang Bangkit Dari Kematian Kesempatan Kedua Para Raksasa Industri Game 424ee

5 Perusahaan Game yang Bangkit dari Kematian, Nggak Cuma Telltale Games!

Kematian Terjadi Live Tv Banner 1a951

7 Kematian yang Terjadi Secara Live di TV, Ada yang Malah Ditertawakan

Nada Dering Terlarang 24b73

7 Nada Dering Terlarang Untuk Digunakan | Bisa Dikejar Kematian?

Kasus Kematian Bunuh Diri Di Perusahaan Teknologi Cd5e7

7 Kasus Bunuh Diri dan Kematian Tragis di Perusahaan Teknologi, Ngeri Abis!

Penyebab Kematian Bos Teknologi 939c3

4 Kematian Mengerikan Para Bos Teknologi, Ada yang Dibunuh Keluarga Sendiri!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal