J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Apes! 5 Sutradara yang Karirnya Hancur Setelah Menyutradarai 1 Film

Apes! 5 Sutradara yang Karirnya Hancur Setelah Menyutradarai 1 Film

Selasa, 28 Jul 2020, 18:30 WIB
Kesalahan dalam penyutradaraan dapat menyebabkan film yang dibuat gagal dan berujung pada kehancuran karier sang sutradara.

Sebuah film dapat menentukan karier para kru yang terlibat di dalamnya, termasuk sang sutradara. Karier mereka dapat melejit atau justru terjun bebas akibat satu film garapannya.

Sutradara bisa dibilang sebagai pemimpin dalam proses produksi sebuah film, sehingga banyak orang yang menggantungkan karier kepadanya. Jika sutradara mengalami kegagalan, karier orang-orang tersebut juga bisa mengalami kejatuhan.

Beban berat ini dialami oleh sutradara-sutradara berikut yang kariernya jadi hancur akibat satu film buatannya. Kalau kamu ingin tahu alasan di balik kegagalan mereka, simak penjelasan Jaka berikut ini!

5 Sutradara dengan Film Penghancur Karier Mereka

Pembuatan sebuah film hingga tayang di layar lebar tidaklah mudah. Dibutuhkan proses kreatif panjang yang melibatkan banyak orang dari berbagai departemen untuk menghasilkan karya terbaik.

Terlepas dari berbagai usaha yang telah dilakukan, film-film ini tetap mendapatkan rating buruk dari para kritikus dan penonton, hingga menyebabkan karier sutradara yang mengarahkan jalan ceritanya mengalami kehancuran.

1. M. Night Shyamalan

Lady In The Water 7d6b5

Shyamalan terkenal dengan kemampuan teknisnya yang bagus dan naskah yang menawan. Namun, setelah terlibat dalam dua film terkenal, yaitu sebagai penulis naskah Stuart Little (1999) dan sutradara Unbreakable (2001), ia justru mengalami penurunan kualitas karya.

Filmnya yang berjudul Lady in the Water (2006) dinilai oleh para kritikus sebagai film yang tidak terstruktur, tidak fokus, dan terkesan dibuat oleh sutradara amatir. Hal ini menyebabkan karier Shyamalan hancur akibat kritikan bertubi-tubi.

Ia juga berusaha untuk memperbaiki kesalahannya dengan terus merilis film-film baru yang sayangnya tetap tidak mampu membuat orang-orang lupa betapa buruknya film yang dibintangi oleh Bryce Dallas Howard tersebut. Untungnya, kariernya kembali setelah ia menyutradarai Split (2016) dan Glass (2019) yang menjadi sekuel dari Unbreakable.

2. Richard Kelly

Southland Tales B15e0

Richard Kelly terkenal berkat film karyanya yang berjudul Donnie Darko (2001) yang meraih rating tinggi dari para kritikus film. Setelah membuat film tersebut, Kelly memutuskan untuk menyutradarai Southland Tales (2006), sebuah film yang dinilai memiliki alur cerita yang tidak jelas.

Seolah tidak cukup, ia memutuskan untuk menjadikannya sebagai film musikal. Untuk film yang berlatar belakang masa pre-apokalips, para aktor yang bernyanyi justru menghilangkan suasana tegang yang menjadi esensi dari film-film dengan tema serupa.

Mengejutkannya, Southland Tales berhasil tayang di festival film Cannes pada 2006. Padahal, acara film tahunan tersebut terkenal dengan persaingannya yang ketat. Sejak film tersebut, Kelly menyutradarai The Box (2009) dan hingga kini ia tidak lagi mendapat tawaran untuk menjadi sutradara.

3. Rob Reiner

North 541b3

Rob Reiner berjaya dalam industri perfilman selama lebih dari satu dekade. Ia mulai terkenal melalui karyanya yang berjudul This is Spinal Tap (1984), dan mendapat apresiasi luas berkat film When Harry Met Sally... (1989) dan A Few Good Men (1992). Hal ini menjadikannya sebagai salah satu sutradara elit di Hollywood.

Namun, reputasinya malah rusak setelah ia menyutradarai North (1994) yang mengharuskan Bruce Willis untuk berperan dalam kostum kelinci. Film ini mendapatkan banyak kritikan dan enam nominasi Razzie, penghargaan untuk film-film yang dianggap terburuk.

Hingga kini, belum ada filmnya yang masuk kategori box office selain The Bucket List (2007).

4. Michael Cimino

Heavens Gate A18fd

Ironi merupakan kata yang tepat untuk menggambarkan perjalanan karier Michael Cimino. Ketika film karyanya The Deer Hunter (1978) menjadi sebuah masterpiece, justru film lanjutannya yang berjudul Heaven's Gate (1980) menuai kegagalan.

Berbekal kepercayaan diri melalui The Deer Hunter yang sukses dan kebebasan finansial yang diberikan oleh studio, Cimino justru gagal mempersembahkan karya sebaik sebelumnya. Bahkan, ia hampir menyebabkan Partisan Productions sebagai studio yang memproduksi film ini mengalami kebangkrutan.

Namun, ia cukup pintar untuk menulis klausul kontrak yang membuatnya tidak dapat dituntut meski hampir menyebabkan kebangkrutan. Meskipun demikian, nampaknya tidak ada studio lain yang mau mengambil risiko yang sama dengan mempekerjakan Cimino. Sejak menyutradarai Heaven's Gate, Cimino hampir tidak mengambil proyek film sama sekali.

5. Roberto Benigni

Pinocchio 2002 Ba00d

Sebagai seorang pemenang Oscar untuk kategori Aktor Terbaik dan Film Berbahasa Asing Terbaik melalui Life Is Beautiful (1997) yang ia sutradarai, seharusnya kualitas perfilman Roberto Benigni tidak diragukan lagi.

Faktanya, ia menjadi salah satu sutradara dengan karya film terburuk yang mengakibatkan pencapaian besarnya terlupakan. Hal ini dapat dilihat pada live action film Pinocchio (2002), dengan Benigni berperan sebagai bocah boneka kayu tersebut, meskipun umurnya saat itu telah 50 tahun.

Para kritikus menilai film ini sebagai proyek ambisius tentang unjuk diri karena Benigni berperan sebagai sutradara sekaligus aktor di film ini, dan membuat Pinocchio mendapatkan enam nominasi Razzie.

Film ini menjadi akhir perjalanan penyutradaraan Benigni, terlepas dari satu film lain yang berjudul The Tiger and the Show (2005) sebagai upayanya untuk bangkit dari kegagalan.

Akhir Kata

Demikian 5 sutradara yang kariernya hancur akibat satu film buatan mereka. Kesalahan yang mereka lakukan dapat menjadi pelajaran bagi kita, khususnya untuk tahu kapan harus berhenti melakukan sesuatu sebelum semuanya menjadi runyam.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Film Sutradara Saling Benci Fd828

7 Aktor dan Sutradara yang Saling Benci, Bikin Film Gagal Total!

Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8

7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal | Rugi Bandar!

Banner Jadi 7929d

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

Sutradara Salahkan Studio Film 51470

Film Gagal, 7 Sutradara Ini Salahkan Studio | Banyak Intervensi!

Konspirasi Inilah 7 Film Buruk Yang Memenangkan Piala Oscar Sebagai Film Terbaik 7b9aa

Konspirasi! Inilah 7 Film Buruk yang Memenangkan Piala Oscar sebagai Film Terbaik

7 Aktor Yang Sukses Banting Setir Jadi Sutradara Cari Tantangan Baru 71ff4

7 Aktor yang Sukses Banting Setir Jadi Sutradara, Cari Tantangan Baru?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Sutradara yang Membenci Filmnya Sendiri, Film Gagal Semua?

7 Sutradara yang Hengkang dan Dipecat dari Film Marvel, Kenapa?

7 Sutradara yang Hengkang dan Dipecat dari Film Marvel, Kenapa?

7 Film Terburuk yang Disutradarai Sutradara Terkenal, Gak Layak Tonton!

7 Film Terburuk yang Disutradarai Sutradara Terkenal, Gak Layak Tonton!

7 Sutradara yang Membenci Film Superhero, Iri Bilang Bos!

7 Sutradara yang Membenci Film Superhero, Iri Bilang Bos!

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal