J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Jenis Penipuan di WhatsApp yang Wajib Kamu Kenali, Taruhannya Nyawa Loh!

Rabu, 25 Des 2019, 12:00 WIB
Nggak di stasiun kereta atau di dunia digital, dunia banyak diisi orang jahat, geng! Di sini Jaka mau share 7 jenis penipuan di WhatsApp yang wajib kamu kenali!

Salah satu aplikasi yang hampir pasti bisa ditemukan di HP semua penduduk Indonesia adalah aplikasi chatting WhatsApp yang sangat populer di sini.

Entah itu buat keperluan profesional, sekadar ghibah antar teman kantor, atau untuk update urusan keluarga, Jaka pribadi bisa dibilang sangat tergantung dengat WhtasApp, geng!

Sayangnya, seperti stasiun kereta yang sarat penumpang, banyaknya pengguna WhatsApp di dunia membuat aplikasi WhatsApp jadi sarang aktivitas kriminal.

7 Jenis Penipuan di WhatsApp yang Wajib Kamu Kenali

Setelah sebelumnya Jaka sempat membahas tentang jenis penipuan yang ada di media sosial Instagram, sekarang kita pindah fokus ke aplikasi WhatsApp, geng.

Sebagai salah satu dari sedikit aplikasi chatting yang memiliki fitur end-to-end encryption, WhatsApp dianggap sebagai salah satu aplikasi chatting paling aman.

Tapi aplikasi ini tetap saja nggak sepenuhnya aman, geng, dan kalian harus selalu berhati-hati ketika membagikan nomor HP kalian karena banyakan penipuan di aplikasi ini,

Untuk membantu menjaga keamanan kalian, di sini Jaka akan membahas 7 jenis penipuan di WhatsApp yang wajib kamu kenali!.

1. Banyaknya Berita Hoax

Fake News 21268

Dengan meluasnya penggunaan internet, menyebarluaskan berita palsu dan kebohongan publik lainnya menjadi sangat mudah dan salah satunya adalah dengan WhatsApp.

Memang berita hoax seperti ini bukan jenis penipuan yang dapat menyebabkan kerugian finansial tapi bisa lebih berbahaya loh, geng.

Dilansir dari The New York Times, kasus berita hoax di WhatsApp dianggap menjadi penyebab kematian setidaknya dua puluh orang di India.

Makanya, setiap kali kalian menerima berita heboh dari WhatsApp, ada baiknya kalian memverifikasi sumber dari berita tersebut.

2. Permintaan Verifikasi Palsu

WhatsApp Verification 55d28

Sekarang banyak banget jenis layanan yang menggunakan kode OTP untuk memverifikasi identitas pengguna dengan dalih untuk meningkatkan keamanan, geng.

Nggak sedikit juga kode OTP ini yang dikirim melalui WhatsApp dan tren ini sering dimanfaatkan untuk aksi jahat.

Sudah ada beberapa kasus penipuan di mana penipu yang bersangkutan mengirim pesan dan meminta pengguna untuk mengunjungi sebuah link untuk verifikasi identitas.

Tapi link ini sebenarnya adalah trik hacker untuk mengambil kendali akun WhatsApp kamu jadi kalian jangan asal mengecek link yang dikirimkan ke kamu, geng!

3. Pesan Dari Teman Palsu

Olivia Hoax 17d43

Nah, yang satu ini sangat penting untuk orang tua yang anaknya menggunakan WhatsApp, geng, karena ada jenis penipuan yang menargetkan anak kecil.

Dilansir dari Tech Advisor, penipuan ini dikenal dengan nama Olivia Hoax di mana penipu yang bersangkutan menggunakan nama 'Olivia'.

Pertama-tama 'Olivia' akan mengirimkan pesan ke anak anda mengaku sebagai teman atau temannya teman anak anda yang bernama 'Olivia'.

Setelah berhasil meyakinkan anak tersebut, 'Olivia' akan mulai mengirimkan link yang penuh dengan gambar tidak senonoh yang tentunya berbahaya bagi anak-anak.

4. Promosi Giveaway Palsu

WhatsApp Giveaway E835d

Cara paling mudah untuk menarik perhatian manusia adalah dengan iming-iming barang gratisan dan setelah muncul di Instagram, penipuan ini juga ada muncul di WhatsApp.

Dilansir dari Times of India, banyak pengguna WhatsApp di India yang melaporkan telah menerima pesan yang menjajikan sepatu Adidas gratis.

Dengan dalih ulang tahun ke 70 dari Adidas, pesan ini menganjurkan pengguna untuk mengunjungi sebuah link dan memberikan informasi pribadi mereka.

Sayangnya, promosi ini hanyalah kebohongan belaka dan pengguna malah diminta untuk menyebarkan pesan tersebut dan mencari korban lainnya, geng!

5. Konfirmasi Penggantian Nomor

WhatsApp New Number 97127

Bagi kalian yang sudah beberapa kali ganti nomor WhatsApp mencari paket internet yang lebih hemat, kalian harus selalu berhati-hati, geng..

Di tipe penipuan ini, pengguna akan menerima pesan yang menyatakan bahwa nomor yang mereka gunakan di WhatsApp akan digantikan ke nomor baru.

Untuk membatalkan proses ini, pengguna akan diminta menelepon ke sebuah nomor tertentu dan penipuan tipe ini masih tergolong baru, geng.

Tentunya, pengguna yang cepat panik akan segera menelepon nomor tersebut yang biasanya bersifat premium dan akan menguras pulsa kalian.

6. Attachment dan Dokumen Palsu

WhatsApp Documents 2044e

Dengan terintegrasinya WhatsApp dengan beberapa layanan seperti Google Drive, sharing dokumen menjadi sangat mudah tapi ini juga bisa berbahaya, geng!

Dilansir dari The Independent, banyak pengguna di India yang melaporkan bahwa mereka menerima pesan yang berisi attachment dokumen yang dipenuhi virus.

Masalahnya, pesan berikut terlihat datang dari instansi pemerintah resmi tapi ternyata malah berisi virus yang langsung mengambil informasi pribadi pengguna.

Makanya, kalian harus selalu waspada sebelum membukan attachment apapun yang muncul di HP kalian meskipun attachment tersebut datang dari nomor kenalan kalian.

7. Promosi WhatsApp Premium Palsu

WhatsApp Gold Scam Bd83c

Berbeda dengan aplikasi streaming musik Spotify yang terbagi menjadi layanan Basic gratis dan Premium berbayar, WhatsApp sepenuhnya gratis, geng!

Tapi sepertinya banyak pengguna yang tidak mengetahui hal ini seperti yang dapat dilansir dari Tech Radar dalam hoax yang dinamakan WhatsApp Gold.

Di penipuan ini, pengguna menerima pesan undangan untuk mencoba versi WhatsApp premium yang dinamakan WhatsApp Gold yang sebenarnya hanya muslihat.

Dengan iming fitur yang lebih langkap seperti membuat status selalu online, pengguna dirayu untuk mendownload aplikasi ini padahal hanya berisi virus saja, geng!

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar 7 jenis penipuan di WhatsApp yang wajib kamu kenali. Memang kehidupan jaman sekarang dipenuhi oleh orang jahat dan kalian harus selalu berhati-hati.

Mau itu di dunia nyata atau di dunia digital, kalian harus selalu waspada dan selalu menjaga keselamatan kalian.

Apakah kalian pernah menjadi korban penipuan di atas? Atau malah kalian memiliki contoh penipuan WhatsApp lainnya? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Aplikasi Chatting Selain Wa 6b833

13 Aplikasi Chatting Selain WA Terbaik | Alternatif WhatsApp Down!

Untitled 4 93b0a

10 Aplikasi Stiker WA (WhatsApp) Terbaik 2020 | Bikin Stiker Sendiri!

Whatsapp Mod Apk D48d5

13 WhatsApp MOD APK dengan Fitur Terbaik 2020, Anti Banned!

100 Status Whatsapp Keren Bijak Lucu Terbaru 2020 Paling Update 262b3

100+ Status WhatsApp Keren, Bijak, Lucu & Terbaru 2020 (Paling Update!)

Tips Whatsapp Banner

14 Tips WhatsApp Ini (Mungkin) Belum Kamu Ketahui Hingga Saat Ini

Cara Melihat Status Wa Tanpa Diketahui B15ff

4 Cara Melihat Status WA Tanpa Diketahui Pemiliknya | Bisa Buat Kepo!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
WhatsApp Diblokir Sementara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

WhatsApp Diblokir Sementara? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

WhatsApp MOD Diblokir Sementara? Ini Cara Mengatasinya (Plus Rekomendasi WA MOD Anti Blokir!)

WhatsApp MOD Diblokir Sementara? Ini Cara Mengatasinya (Plus Rekomendasi WA MOD Anti Blokir!)

Hati-hati! Akun Whatsapp Bisa Diblokir Akibat Gonta Ganti HP

Hati-hati! Akun Whatsapp Bisa Diblokir Akibat Gonta Ganti HP

3 Tips Aman Agar Terhindar dari Modus Penipuan Uang Lewat WhatsApp

3 Tips Aman Agar Terhindar dari Modus Penipuan Uang Lewat WhatsApp

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal