J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Jenis Penipuan di Instagram yang Wajib Kamu Kenali, Jangan Sampai Jadi Korban!

7 Jenis Penipuan di Instagram yang Wajib Kamu Kenali, Jangan Sampai Jadi Korban!

Selasa, 17 Des 2019, 10:00 WIB
Ngeri menjadi korban First Travel dan Binomo? Berikut adalah 7 jenis penipuan di Instagram yang wajib kamu kenali!

Dari jamannya transaksi online masih terbatas di forum jual beli Kaskus, kasus penipuan itu sudah erat banget hubungannya sama jual beli online.

Dulu teman Jaka ada yang pernah menjadi korban. Memang jumlahnya sedikit, hanya Rp350 ribu, tapi sebagai anak kuliah itu bukan jumlah yang sedikit, geng.

Nah, sekarang Jaka paling sering melihat trik-trik penipuan ini di salah satu media sosial paling populer yaitu Instagram.

7 Jenis Penipuan di Instagram yang Wajib Kamu Kenali

Dari semua media sosial yang ada sekarang, Instagram bisa dibilang yang paling sering digunakan untuk keperluan e-commerce, geng.

Dengan fokus di media visual dan dengan fitur yang sangat membantu e-commerce, Jaka pribadi sering menjelajahi Instagram untuk sekadar hedon.

Tapi nggak semua bisnis di Instagram itu berniat baik loh dan di sini Jaka akan membahas 7 jenis penipuan di Instagram yang wajib kamu kenali!

1. Akun Brand Palsu

Brand Palsu 521a2

Ini bukan akun yang menjual barang KW, tapi akun yang menyamar sebagai brand asli padahal hanya menjual harapan palsu!

Brand-brand kelas atas seperti Louis Vuitton dan Chanel sering banget menjadi target penipuan seperti ini di mana akun brand palsu ini menawarkan harga yang sangat miring.

Makanya, kalian harus selalu hati-hati ketika berhubungan dengan akun tanpa centang biru karena biasanya mereka hanya menawarkan barang KW atau hanya berniat menipu, geng!

2. Akun Pribadi yang Mengatasnamakan Brand

Instagram Scam 0229f

Nah, ini tipe penipuan yang biasanya sering muncul ketika mau ada konser di mana tiba-tiba muncul banyak akun yang mengaku sebagai karyawan dari Event Organizer (EO) yang bersangkutan.

Biasanya akun-akun seperti ini menjual tiket meskipun di website EO-nya sendiri sudah habis atau mereka menjual tiket dengan harga miring.

Tapi seperti yang dapat ditebak, akun ini sebenarnya hanya menjual harapan palsu yang menargetkan orang-orang yang sudah putus asa mencari tiket konser.

Yang paling bikin pusing, penipuan seperti ini tercampur sama calo-calo asli, geng, yang membuat akun penipuan seperti ini sangat sulit dideteksi.

3. Akun Agen Travel Palsu

First Travel 3bfb8

Kasus penipuan umroh sekarang sudah banyak banget di negara +62 ini, geng, dan memang jenis penipuan agen travel seperti ini sangat gampang ditemukan.

Di Instagram sendiri, akun-akun penipuan seperti ini yang menjanjikan tiket pesawat murah juga sudah banyak ditemukan.

Teman Jaka juga sudah ada yang menjadi korban penipuan seperti ini jadi buat kalian yang suka traveling, jangan terlalu tergoda dengan harga murah, geng!

Sssssst...kamu tahu gak kalau mbak JT host YouTube JalanTikus aja pernah hilang Rp2 juta lebih karena ketipun agen travel palsu!

4. Pesan yang Mengatasnamakan Instagram

Phishing Scam 90a96

Jenis penipuan yang satu ini nggak cuma bisa ditemukan di Instagram karena Jaka sendiri sudah sering mendapat pesan serupa yang mengatasnamakan Apple, geng.

Metode penipuan ini simpel, di mana kalian mungkin akan mendapat e-mail atau Direct Message (DM) yang mengaku berasal dari Instagram resmi.

Biasanya, mereka akan mengaku kalau akun kalian telah dihack dan kalian akan diberikan link untuk mengonfirmasi e-mail dan password kalian yang tentunya nggak boleh kalian lakukan.

Selalu perhatikan asal-usul pesan seperti ini karena Instagram dan layanan sejenisnya nggak akan pernah meminta informasi login kalian seperti ini.

5. Peluang Investasi Bodong

Investasi Bodong Cd092

Jaka rasa bentuk penipuan yang satu ini sudah nggak usah dijelaskan lagi karena tentunya kita semua sudah kenal dengan sosok Budi Setiawan dan poni ikoniknya.

Akun dan pesan-pesan yang menawarkan peluang investasi bodong seperti ini sudah banyak ditemukan di internet, geng, termasuk di Instagram.

Kalau kalian menerima pesan seperti ini, jangan langsung tergiur dengan jumlah keuntungan yang biasnya sangat nggak masuk akal.

Cek dulu dengan badan resmi seperti OJK atau BAPPEBTI untuk melihat apakah mereka merupakan peluang investasi yang aman, geng!

6. Giveaway Palsu

Giveaway Faa1a

Siapa, sih, yang nggak mau barang gratisan? Sekarang ini yang namanya giveaway sudah banyak banget di Instagram.

Biasanya giveaway seperti ini muncul dari akun resmi atau tokoh publik tapi nggak jarang juga muncul akun nggak jelas yang menawarkan giveaway sendiri.

Sayangnya, biasanya akun nggak jelas ini juga hanya memberikan harapan palsu, geng, yang hanya menawarkan giveaway untuk cari follower atau likes.

7. Akun Kolaborasi Palsu

DM For Collab Dc7c1

Nah, yang satu ini nggak ditujukan untuk khalayak luas tapi lebih ke kalian yang memiliki aspirasi untuk menjadi selebgram.

Di dalam metode penipuan ini, kalian akan menerima pesan dari insan yang mengaku datang dari brand atau mungkin fotografer yang mengajak untuk berkolaborasi di lokasi eksotik.

Kalian mungkin akan diminta untuk membiayai perjalanan kalian sendiri atau mungkin untuk mengeluarkan biaya operasional tapi ini tak lebih hanya sekadar prank, geng!

Makanya, kalian jangan langsung terlena kalau ada brand besar yang mencoba menghubungi kalian karena ada kemungkinan semua itu hanya kedok.

Akhir Kata

Itualh, geng, daftar 7 jenis penipuan di Instagram yang wajib kamu kenali! Memang dunia itu penuh dengan orang yang memiliki niat jahat.

Apakah kalian pernah menjadi korban penipuan di atas? Atau kalian pernah menemukan jenis penipuan lainnya? Share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Aplikasi atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner 2e2c3

7 Fakta Menarik Tentang Fitur Close Friends di Instagram, Cocok Buat Selingkuh?

Banner Jadi 0e7bc

7 Idol KPop yang Jadi Youtuber, Ada yang Subsribernya Lebih dari 2 Juta?

Cara Menambahkan Musik Instagram Stories Banner 3f7e7

Cara Membuat Instagram Music di Instagram Stories 2020, 100% Works!

Youtube Music Rilis Di Indonesia 39f5b

Resmi Rilis di Indonesia, Ini Kelebihan YouTube Music dan YouTube Premium!

Banner 88c43

Kumpulan 7 Prank Gagal di YouTube, Ada Babang Tamvan Keciduk Satpol PP!

Atta Halilintar Melakukan Penistaan Agama E1bd7

Dipolisikan Atas Dugaan Penistaan Agama, Bagaimana Nasib YouTuber Atta Halilintar?

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Ini Ciri-Ciri Akun Palsu di Instagram yang Harus Kamu Hindari!

Ini Ciri-Ciri Akun Palsu di Instagram yang Harus Kamu Hindari!

5 Penyebab Instagram Tidak Bisa Login dan Cara Mengatasinya!

20 Akun Instagram Lucu & Kocak Terbaik 2019 | Auto Ngakak!

20 Akun Instagram Lucu & Kocak Terbaik 2019 | Auto Ngakak!

6 Cara Hack Instagram yang Biasa Digunakan Hacker (Update 2019)

6 Cara Hack Instagram yang Biasa Digunakan Hacker (Update 2019)

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal