J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              4 Jenis Layar Kaca HP Terbaik, Gorilla Glass Paling Kuat?

              4 Jenis Layar Kaca HP Terbaik, Gorilla Glass Paling Kuat?

              00
              Selasa, 23 Jul 2019, 18:00 WIB
              Salah satu komponen penting pada HP adalah layar. Namun, layar sangat sensitif akan benturan dan goresan. Oleh karena itu, dibutuhkan berbagai jenis kaca yang kuat. Apa saja jenisnya? Simak di artikel ini!

              Layar HP yang kamu gunakan saat ini kurang kuat dan gampang retak? Lalu, jenis layar apa saja yang paling cocok untuk kamu?

              Smartphone saat ini saling beradu untuk menjadi yang terbaik, entah dari kualitasnya ataupun harga yang paling terjangkau. Nah, salah satu komponen yang diperhatikan adalah teknologi layar kaca.

              Kamu dapat menemukan beragam tipe kaca pada layar HP yang masing-masing memiliki kelebihan. Apa saja tipe layarnya?

              Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

              Jenis Layar Kaca HP Terbaik, Ini yang Paling Kuat!

              Smartphone merupakan salah satu gadget yang paling sering dibawa karena fungsinya yang sangat penting. Selain untuk berkomunikasi, kamu juga dapat melakukan fotografi hanya dengan menggunakan HP.

              Hal ini pun berakibat banyaknya kasus HP jatuh atau terbentur, sehingga terjadi kerusakan di sebagian bodinya. Apalagi jika benturan pada bagian layar yang terbuat dari kaca.

              Maka dari itu, dibutuhkan peran teknologi kaca atau pelindung yang tepat untuk melindungi dari masalah benturan atau goresn benda tumpul. Saat ini, sebagian besar kaca yang digunakan pada smartphone merupakan kaca khusus.

              Teknologi kaca ini mampu memberikan pertahanan terhadap goresan hingga benturan tertentu. Jenisnya pun sangat beragam dan dikembangkan oleh perusahaan yang berbeda.

              Apa saja jenis kaca tersebut dan mana yang paling aman? Simak selengkapnya di bawah ini:

              1. Gorilla Glass

              Jenis Layar Kaca HP Terbaik 1 E1f31

              Pertama adalah Gorilla Glass yang dikembangkan oleh Corning. Jenis kaca ini menggunakan teknologi penguat dari bahan kimia yang dipercaya dapat menghasilkan kaca yang tipis dan tahan benturan.

              Pembuatan kaca ini memanfaatkan proses ion-exchange yang akan memperkuat kaca, lalu dipanaskan kembali dengan gabungan garam hingga mencapai suhu 400 derajat Celcius.

              Saat ini, Gorilla Glass sudah berada pada generasi keenamnya yang diluncurkan tahun 2018 lalu. Teknologi pada Gorilla Glass 6 mampu bertahan dari 15 kali jatuh dalam tinggi satu meter.

              Kaca ini juga didesain dengan mengoptimalkan kejernihan layar dan sensitif terhadap sentuhan. Tak lupa juga dengan dukungan untuk pengisian baterai secara wireless.

              Teknologi kaca milik Gorilla Glass ini digunakan oleh dominan smartphone modern seperti Samsung Galaxy S10, Huawei P30, dan lainnya.

              2. Dragontrail Glass

              Jenis Layar Kaca HP Terbaik 2 13b89

              Selanjutnya adalah Dragontrail Glass yang dikembangkan dan diproduksi oleh Asahi Glass Co. Kaca ini diproduksi menggunakan teknologi alkali-aluminosilicate.

              Sama seperti Gorilla Glass, kaca ini tipis dan tahan akan benturan tertentu. Dragontrail Glass memiliki sejumlah varian kaca, di antaranya adalah Dragontrail, Dragontrail X, dan Dragontrail Pro.

              Untuk mengetahui seberapa kuat kaca ini, Jaka berikan perhitungan melalui Vickers hardness test.

              Dragontrail Glass berada pada urutan 595 hingga 673 dari seluruh benda keras di bumi. Walaupun cukup baik dalam penggunaannya di HP, sayangnya teknologi ini sangat jarang digunakan.

              Kamu bisa melihat penerapan kacanya pada HP Google Pixel 3a and Pixel 3a XL.

              3. Tempered Glass

              Jenis Layar Kaca HP Terbaik 3 E494a

              Siapa yang masih asing dengan nama Tempered Glass ini?

              Jaka yakin kamu sering mendengarnya ya, geng. Apalagi saat membeli anti gores untuk perangkat. Teknologi kaca ini juga sempat digunakan sebagai layar kaca HP.

              Tempered Glass memiliki kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan kaca biasa. Walau begitu, jenis kaca ini lebih ringkih dibandingkan dengan teknologi kaca lainnya dalam daftar.

              Tempered Glass lebih dikenal sebagai pelindung tambahan HP yang cukup baik dan memiliki harga relatif terjangkau.

              Namun, menggunakan jenis pelindung tambahan ini berisiko menurunkan sensitifitas sentuhan layar. Terutama penggunaan pada HP yang memiliki sensor fingerprint di layar.

              4. Sapphire

              Jenis Layar Kaca HP Terbaik 4 31d2d

              Terakhir adalah kaca Sapphire atau safir yang digunakan pada berbagai perangkat premium. Jenis kaca ini sangat mahal tapi memiliki ketahanan yang luar biasa akan benturan dan goresan.

              Layar safir dibuat menggunakan gabungan corundum yang dicairkan dengan sejumlah batu safir, lalu dipanaskan hingga suhu 2200 derajat Celcius.

              Hasilnya, kaca ini akan menjadi sangat jernih dan kuat dengan goresan. Bahkan jenis kaca ini merupakan salah satu benda paling keras di dunia selain berlian dan moissanite.

              Kamu dapat menguji durabilitas kaca ini melalui Apple Watch ataupun HP HTC U Ultra.

              Mana Layar Kaca HP yang Paling Kuat?

              Melalui empat macam kaca yang digunakan pada HP, maka kamu bisa mengetahui mana kaca yang paling kuat dan mana yang paling 'tahan banting'?

              Sapphire tentu menjadi jenis yang paling kuat dan tahan dengan goresan. Namun, harga yang ditawarkan untuk menggunakan kaca ini sangat mahal.

              Sedangkan, Gorilla Glass dan Dragontrail Glass saling bersaing untuk menciptakan layar kaca yang terbaik. Keduanya memiliki ketahanan yang baik dan harga relatif terjangkau.

              Teknologi kaca akan terus berkembang dan semakin canggih. Bahkan, kini sudah ada isu bahwa akan ada layar kaca HP yang bisa 'menyembuhkan diri' alias bisa kembali normal setelah terkena goresan.

              Dikutip dari The Guardian, kaca ini dibuat dari polyether-thioureas yang dikembangkan oleh Professor Takuzo Aida dari University of Tokyo.

              Sayangnya, kaca ini masih dalam pengembangan dan belum dirilis secara komersil. Menarik bukan!

              Akhir Kata

              Itu dia jenis layar kaca HP terbaik dan paling kuat dari benturan. Jenis kaca apa yang paling kamu percayai, geng?

              Tuliskan pendapat kamu di kolom komentar, ya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

              Baca juga artikel seputar Layar HP atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal