J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Pasang 6 Jenis Aplikasi Berbahaya Di Playstore Ini Demi Keselamatan Smartphone-mu!

Jangan Pasang 6 Jenis Aplikasi Berbahaya Di Playstore Ini Demi Keselamatan Smartphone-mu!

Senin, 10 Jul 2017, 14:00 WIB
Kali ini Jaka akan bahas 6 jenis aplikasi berbahaya di Play Store yang sebaiknya jangan dipasang. Simak yuk!

Dari total jumlah aplikasi di Play Store, rupanya sekitar 15 persen merupakan aplikasi berkualitas jelek. Melihat hal itu, pengguna tentu harus jeli sebelum memilih aplikasi di Play Store.

Bukan tidak mungkin aplikasi-aplikasi tersebut justru berbahaya bia dipasang di perangkat smartphone.

Modus aplikasi yang berbahaya biasanya menawarkan fungsi yang cenderung tidak masuk akal, misalnya menambah RAM supaya ponsel tidak lemot, menambah kapasitas baterai, dan lainnya.

Sayangnya, aplikasi model seperti masih sering kita jumpai di Play Store, fungsinya tak lain adalah untuk kepentingan pribadi seperti iklan banner hingga yang terparah adalah pencurian data.

Nah, untuk itu kali ini Jaka akan bahas 6 jenis aplikasi berbahaya di Play Store yang sebaiknya jangan dipasang. Simak yuk!

BACA JUGA
  • 6 Software Bajakan Paling Populer di Indonesia
  • 5 Kebiasaan Jelek Orang Indonesia Ini Menyebabkan Pembajakan Marak Terjadi! Jahat Banget....
  • Panik! Game Bajakan Ternyata Besok Musnah Karena...

6 Jenis Aplikasi Berbahaya di Playstore

1. Aplikasi Baterai

90233b4a7df84e5f039e8cb88e7e4a6c

Kalau kalian pengguna smartphone, tentu kalian tidak akan asing dengan aplikasi baterai yang bertebaran di Plays Store. Mungkin saja di antara kita ada yang pernah mencoba beberapa aplikasi tersebut, namun yang kita dapat malah smartphone semakin boros dari biasanya dan bertambah lemot.

Aplikasi baterai atau kalibrasi baterai terdengar bisa mengatasi permasalahan baterai pengguna smartphone, tapi nyatanya tidak demikian. Inilah mengapa aplikasi jenis ini bisa dibilang berbahaya.

Pertama, selain tidak jujur, aplikasi kalibrasi baterai biasanya akan menghapus file batterystats.bin untuk memanipulasi indikator baterai.

Kemudian, aplikasi ini didesain dengan tampilan yang menarik dan bekerja pada belakang layar yang justru dapat membebani kinerja smartphone.

2. Aplikasi Memori

18c89b0625997374d3ade92c776efbb0

Ada dua macam jenis aplikasi memori yang berbahaya di Play Store, yang pertama aplikasi yang menawarkan defragmenting memori dan yang kedua adalah aplikasi untuk meningkatkan kapasitas RAM. Kedua aplikasi tersebut sebaiknya kalian hindari.

Alasan mengapa kita tidak membutuhkan aplikasi defragmenting memori di Android adalah karena perangkat Android saat ini telah memiliki fitur controller yang dapat mengatur data di dalam penyimpanan dengan terstruktur dan rapi.

Melalukan defragmenting memori justru hanya akan menurunkan performa dan umur storage. Kita tidak memerlukan sebuah aplikasi untuk mengoptimalkan RAM pada Android karena fungsi built-in pada Android telah melakukannya secara otomatis.

3. Antivirus Fake

2fdcbe1157debb36dec1cd5df2b95a37

Banyak yang mengatakan jika perangkat Android rawan terkena virus, faktanya hal itu tidak seratus persen benar. Secara umum perangkat Android kita akan aman asalkan kita memasang aplikasi yang berasal dari app store resmi seperti Play Store, bukan dari sumber pihak ketiga seperti situs, forum, atau aplikasi toko yang tidak terpercaya.

Mungkin jika kita ingat dulu ada aplikasi Android bernama Virus Shield yang sempat populer, yang menawakan fungsi untuk melindungi perangkat Android dari malware dalam sekali klik. Pada akhirnya, aplikasi tersebut dihapus oleh Google setelah Android Police mengungkapkan kode sumbernya yang tak lain hanyalah berisi fungsi sederhana untuk mengubah ikon.

Mungkin saja hingga kini masih banyak model aplikasi seperti itu yang bertebaran di Play Store, jika kita abai dalam hal ini bukan tidak mungkin aplikasi-aplikasi tersebut bisa membahayakan smartphone kita.

4. Aplikasi X-Ray Scanner

Aa1abf6bd3415f19a68d0d7530701216

Tak sedikit para pengguna yang tertipu dengan aplikasi X-Ray Scanner di Play Store. Pada dasarnya hingga saat ini belum ada smartphone yang mampu melakukan fungsi canggih tersebut.

Namun, karena antusiasme pengguna yang tinggi, tak sedikit pengembang nakal yang memanfaatkan momen tersebut untuk menciptakan aplikasi peniru fungsi X-Ray Scanner.

Tetapi cara seperti ini bisa berbahaya karena tak sedikit pengguna yang terkecoh. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh pengembang tak bertanggung jawab untuk memanfaatkan celah tersebut. Jika sudah begini, maka pengguna awam akan lebih mudah tertipu karena tertarik dengan berbagai macam penawaran fungsi yang tak wajar.

5. Pendeteksi Kebohongan

10d3c7159e371ac0bbcd3d0f3b71652f

Ada banyak aplikasi yang menawarkan fungsi lie Detector ** atau pendeteksi kebohongan. Aplikasi jenis ini termasuk ke dalam **aplikasi yang tidak berguna dan bisa membahayakan ponsel.

Meskipun smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai sensor canggih, bukan berarti sudah mampu berfungsi sebagai pendeteksi kebohongan dengan algoritma penghitungan yang rumit, apalagi aplikasi tersebut ditawarkan secara gratis di Play Store.

Pengguna yang ingin mencoba bagaimana alat tersebut bekerja biasanya akan segera memasang aplikasi tersebut di perangkat mereka. Sialnya, kemungkinan besar aplikasi tersebut malah dimanfaatkan untuk mencuri data pengguna.

6. Aplikasi Internet

Ab089ec3133ac1e917db7dc30d3ca7e0

Kecepatan internet memang kerap menjadi masalah utama bagi masyarakat modern saat ini. Hal ini dimanfaatkan oleh pengembang nakal untuk menciptakan aplikasi tak berguna yang menawarkan fungsi untuk mengatasi kecepatan internet. Aplikasi-aplikasi seperti ini diklaim dapat menguatkan dan meningkatkan kekuatan sinyal.

Kenyataannya, aplikasi tersebut tidak akan berpengaruh apa pun ke perangkat Android, malah justru akan memberatkan dan menambah jumlah file sampah di Android.

Jika terlalu banyak menginstal aplikasi sampah, hal tersebut dapat membebani kinerja smartphone lalu membuatnya cepat panas dan pada akhirnya rusak.

Video: Aplikasi dari Playstore Ini Ternyata Berbahaya untuk Smartphonemu!

Akhir Kata

Nah, itu dia 6 jenis aplikasi berbahaya di Play Store yang sebaiknya jangan dipasang di smartphone. Apakah kalian memiliki daftar lain tentang aplikasi yang berbahaya di Play Store? Jangan lupa share melalui kolom komentar di bawah ini ya.

ARTIKEL TERKAIT
Game Sebabkan Kematian

13 Orang Ini Mati Karena Video Game

Women In Gaming Tweet About Sexist Industry With 1reasonwhy A65761b26f

Cantik Dan Seksi!! 5 Karakter Wanita Di Video Game Ini Ternyata Sangat Mematikan

8dcabca99df3b314f40d36df280def6a

5 Video Game Terbaik Ini WAJIB Kamu Mainkan Paling Tidak Sekali Seumur Hidup!

7777e7690cbe5c38e72d11f671f5f66a

7 Senjata Ini Bakal Jadi Awal Kehancuran Dunia, Untungnya Cuma Ada di Video Game

55c5b970163c8ddbe480b449c606a088

5 Game Simulasi Terbaik di Android 2017

APPS TERKAIT
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Dress Up Diary Icon
Dress Up Diary 1.3.43
Games Maingames
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Cuma Habisin Memori, 5 Aplikasi (yang Dikira) Penting Ini Sebenarnya Gak Berguna

Cuma Habisin Memori, 5 Aplikasi (yang Dikira) Penting Ini Sebenarnya Gak Berguna

Awas Malware! Ini Cara Aman Download Aplikasi Baru di Android

Awas Malware! Ini Cara Aman Download Aplikasi Baru di Android

7 Aplikasi Selain Play Store yang Wajib Kamu Coba, Lengkap Banget!

7 Aplikasi Selain Play Store yang Wajib Kamu Coba, Lengkap Banget!

Cara Mudah Mendapatkan Update Aplikasi Non Play Store Secara Otomatis

Cara Mudah Mendapatkan Update Aplikasi Non Play Store Secara Otomatis

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal