J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Banyak Banget Masalah! Ini Alasan Sebaiknya Jangan Pakai Google Lagi!

Jumat, 9 Jun 2017, 17:00 WIB
Siapa yang tak mengenal **Google**? Perusahaan startup yang sudah menjadi raksasa teknologi saat ini. Ada banyak produk yang mereka ciptakan. Salah satunya yang paling sering kita pakai adalah mesin pencari Google.

Siapa yang tak mengenal Google? Perusahaan startup yang sudah menjadi raksasa teknologi saat ini. Ada banyak produk yang mereka ciptakan. Salah satunya yang paling sering kita pakai adalah mesin pencari Google. Mungkin istilah Mbah Google yang kemudian muncul bukan suatu berlebihan, istilah tersebut menggambarkan betapa hebatnya produk ini.

Namun, di sisi lain Google dianggap memiliki kelemahan, yaitu dari segi privasi. Tiap saat Google selalu melacak setiap penelusuran yang kita lakukan, dengan melakukan hal tersebut Google berdalih ingin menciptakan sistem periklanan yang sesuai dengan minat masing-masing individual. Lalu apa yang dikhawatirkan kemudian? Tentu saja, dalam hal ini Google akan menjadi lebih banyak tahu kebiasaan penelurusan setiap penggunanya lebih dari yang bisa kita bayangkan.

BACA JUGA
  • Apa, Google Search Ditutup?! Google Bangkrut?
  • Waspada Google Palsu! É¢oogle.com Bukanlah Google.com
  • Wow! Tampilan Google Earth Terbaru Tampak Lebih Nyata

Alasan mengapa kita jangan lagi menggunakan Google Search

1. Privasi

665ddf543a0ed104995b250f88dbbb62
Tadi sudah disinggung ya mengenai masalah privasi. Ya, di mana-mana Google selalu mengumpulkan informasi untuk keperluan meningkatkan sistem iklan mereka. Tanpa disadari, Google selalu melacak setiap pengguna di Internet, mereka berdalih ingin menciptakan sistem iklan yang lebih baik.

Sistem periklanan yang lebih user-friendly dan tepat sasaran. Mungkin setiap pengguna tidak keberatan karena belum menyadarinya. Kita tahu selama ini kemunculan iklan selalu menganggu, maka dari itu mereka menganggap langkah Google ini hanya suatu hal yang biasa dan tidak mengganggu privasi mereka, itu salah besar.

Faktanya, Google mengumpulkan informasi bukan hanya melalui data pencarian atau penelurusan. Melainkan mereka juga mengumpulkannya melalui beberapa layanan yang mereka miliki. Selengkapnya lihat berikut ini.

  • Email yang dikirim dan diterima melalui layanan GMAIL
  • Kontak dan daftar acara di Kalender
  • Foto yang diunduh dan diunggah
  • Google dokumen, spreadsheet, dan slide yang tersimpan di layanan Drive.
  • Video yang ditonton.
  • Browser, Android, Lokasi GPS, Wi-Fi

2. Ambil Kembali Privasi yang Diambil

Bb1834a32a7ece4576a68ef62273c02f
Mungkin saat ini Google sudah mendarah daging dalam diri kita. Sulit melepas kebiasaan tersebut mengingat banyak sekali layanan Google yang sudah kita gunakan saat ini. Meskipun begitu, apakah kita tidak bisa lagi kemudian mengambil privasi yang telah diambil tersebut? Tentu saja bisa.

Pertama bagi pengguna browser Chrome, tentu mulai sekarang kita jangan lagi menggunakannya. Ada banyak beberapa pilihan alternatif populer yang bisa kita pilih. Kemudian, jangan lagi gunakan pencarian Google. Sebagai alternatif pilihlah mesin pencari yang tidak melacak penelurusan penggunanya, seperti DuckDuckGo. Mesin pencari tersebut telah mengklaim jika mereka tidak akan menyimpan informasi pribadi pengguna, menampilkan iklan, atau memata-matai pengguna. Selain itu ada banyak kelebihan lain yang bisa kita temukan di dalamnya. Coba saja!

Terakhir, berhenti menggunakan layanan email dari Google atau GMAIL. Sebagai alternatif gunakan layanan email yang memberikan alternatif keamanan dan data enkripsi yang sama canggihnya seperti ProtonMail.

3. Masalah Teknis

5f9e0d97b599121f66b0f8924a1c432c
Tidak dipungkiri, layanan Google Search memang sangat ampuh memberi hasil kueri pada setiap penelurusan. Secara teknis algortima Google Search selalu disempurnakan agar selalu cocok dalam memberikan permintaan penelurusan secara organik. Tetapi terkadang, tidak semua yang kita butuhkan selalu ada jawabannya. Tidak semua yang kita minta selalu bisa Mbah Google berikan!

Sebagai alternatif dari masalah itu, ada mesin pencari yang bisa kita gunakan, yakni menggunakan WolframAlpha. Mesin pencari tersebut fokus pada menciptakan sebuah informasi baru. Pada mesin tersebut telah diberikan beberapa kategori yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan.

7282663621a7f5b54a33540dbcafefaf
Kabar baiknya, WolframAlpha bukan satu-satunya alternatif pengganti Google. Mesin pencari lain seperti Scan CC, Pipl, dan Onion.link, juga sama-sama memberikan keamanan dan tidak melacak informasi pribadi penggunanya.

4. Sekali Lagi! Masalah Privasi dan Kepercayaan

14484e89bef35d928b13e8053ce8dae7
Masalah privasi dan kepercayaan adalah alasan terbesar untuk meninggalkan Google dan algoritma penelurusannya. Jumlah pencarian yang dilakukan setiap hari oleh Google mencapai jumlah yang fantastis. Mungkin ada puluhan exebyte data dari setiap satu materi yang ada di Google. Bukan hanya itu, ada banyak lagi data pribadi, data pencarian pribadi di dalamnya, dan masih banyak lagi lainnya yang mungkin terlihat sepele tapi ini bisa dimanfaatkan oleh mereka.

Jadi kesimpulannya, apakah kini sudah waktunya meninggalkan pencarian Google? Atau pertanyaan intinya adalah apakah kita bisa hidup tanpa layanan Google? Termasuk di dalamnya ada Youtube, Google Documents, SpreadSheet, Google Maps, Android, dan lain sebagainya.

Mungkin kita juga jangan lupakan moto perusahaan Google selama ini yakni, Don t be Evil . Apa artinya? Yuk jangan lupa komentar di bawah ya.

ARTIKEL TERKAIT
Autodraw Aplikasi Baru Dari Google Yang Bikin Kamu Jago Melukis
Begini Cara Melukis Profesional dengan Google AutoDraw
83afd4071a6859d69af908671a535dac
Cara Mencoba Aplikasi Android Di Google Chrome Tanpa Install
Apliaksi Boros Baterai Banner 0b33d
15 Aplikasi yang Bikin Boros Baterai, Nomor 6 Kita Pakai Setiap Hari!
Ponsel Unik Nokia Banner
10 Ponsel Unik yang Pernah Dibuat Nokia, yang Mana Milikmu?
Paket Internet 3 950de
Paket Internet 3 (Tri) Harga Terbaru Desember 2020, Murah!
APPS TERKAIT
Youtube Logo 6cd54
YouTube 15.11.34
Apps Google Inc.
Capsa Royale Icon
Capsa Royale 3.1.1
Games 88 Entertaiment
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
6 Hal Menyeramkan Gara-gara Google yang Bisa Menimpa Kamu
6 Hal Menyeramkan Gara-gara Google yang Bisa Menimpa Kamu
10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati
10 Produk Terkenal Google yang Gagal dan Tidak Diminati
Waspada! 5 Informasi Ini 'Dicuri' Google Tanpa Sepengetahuan Kamu
Waspada! 5 Informasi Ini 'Dicuri' Google Tanpa Sepengetahuan Kamu
Ngerasa Risih? Inilah Cara Menghentikan Pemantauan Dari Google
Ngerasa Risih? Inilah Cara Menghentikan Pemantauan Dari Google

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal