J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Alasan Jangan Download Aplikasi di Google Play Store, Banyak Virus?

5 Alasan Jangan Download Aplikasi di Google Play Store, Banyak Virus?

Rabu, 22 Jan 2020, 12:00 WIB
25 juta download di Google Play Store terpapar malware yang bisa mengambil data pribadi para penggunanya. Apa penyebabnya? Apa bahaya lain yang ada di Play Store?

Google Play Store menjadi tempat utama untuk mendownload berbagai macam aplikasi bagi para pengguna smartphone Android.

Platform download aplikasi ini hampir selalu ada di setiap smartphone dengan OS Android karena sifatnya yang central untuk para pengguna smartphone.

Sayangnya, hal ini tidak membuat Google Play Store sepenuhnya menjadi aplikasi yang aman digunakan oleh para pengguna Android.

5 Alasan Jangan Download Aplikasi di Google Play Store

Dibalik kepopulerannya, Google Play Store ternyata masih memiliki berbagai macam ranah abu-abu di mana para penggunanya bisa mendapatkan kerugian dari hal tersebut.

Jumlah aplikasi yang luar biasa banyaknya dan juga kepentingan pribadi yang dimiliki Google membuat potensi kerugian pengguna selalu ada.

Apa aja sih bahaya dan kerugian yang bisa kalian dapatkan saat mengakses aplikasi yang satu ini? Berikut informasi selengkapnya.

1. Privasi Tidak Terjamin

Dynamicedge Com Ee959
Sumber foto: dynamicedge.com

Hal yang paling sering menjadi perdebatan dan dipermasalahkan di berbagai belahan negara terkait salah satu perusahaan teknologi terkaya ini adalah kerahasiaan data penggunanya.

Banyak produk Google yang terkena masalah karena dinilai terlalu banyak mengambil dan menyimpan data dari penggunanya, dan Google Play Store pun tidak terkecuali.

Google Play Store menyimpan data aplikasi mana saja yang pernah diinstall di smartphone kalian dan seberapa sering kalian mengaksesnya.

Google Play Store bahkan menyimpan data aplikasi yang sudah dihapus dan juga aplikasi yang sempat terinstall meski hanya beberapa detik saja.

Data ini bisa digunakan untuk menentukan pola perilaku pengguna smartphone dan memberikan rekomendasi iklan dan promosi lain yang paling sesuai dengan perilaku mereka.

2. Terlalu Banyak Monopoli

Ilovemydesign Com Eb4a1
Sumber foto: ilovemydesign.com

Memberikan keleluasaan kepada satu perusahaan untuk mengontrol peredaran semua aplikasi yang ada bukanlah hal yang sehat.

Jika platform untuk download aplikasi hanya Google Play Store saja, maka Google akan punya kuasa untuk sepenuhnya mengendalikan peredaran aplikasi yang ada.

Salah satu kasus yang berhubungan dengan hal ini adalah ketika Google menolak untuk memasukkan game battle royal Fortnite ke dalam Google Play Store.

Game yang satu ini sebetulnya memiliki jumlah penggemar yang luar biasa banyaknya dan berpotensi untuk sukses di platform Android.

Dengan kondisi saat ini bila Google bilang tidak, maka sebagus apapun sebuah aplikasi tetap tidak akan bisa beredar di Google Play Store.

3. Tidak Semua Aplikasi Ada di Google Play Store

Epicgames Com 0ccff
Sumber foto: epicgames.com

Google punya kewenangan sepenuhnya untuk memilih aplikasi mana saja yang ingin mereka distribusikan di Google Play Store, dan hal ini berimbas pada banyaknya aplikasi yang dihapus dari Play Store.

Selain game seperti Fortnite, banyak juga aplikasi lain yang dilarang oleh Google dan membuat para pengguna Android kesulitan untuk mendapatkan akses ke aplikasi tersebut.

Aplikasi seperti FireTube yang memungkinkan penggunanya untuk mendengarkan musik di YouTube dengan mematikan layarnya dilarang karena alasan yang kurang jelas.

Selain berimbas pada pengguna android yang kesulitan untuk mengakses aplikasi yang mereka mau, hal ini juga bisa mempengaruhi para developer aplikasi karena ruang gerak mereka dibatasi.

4. Banyak Mallware Terselip di Aplikasi Play Store

Jerobit Com 51088
Sumber foto: jerobit.com

Meskipun dikembangkan oleh salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia, keamanan masih menjadi isu yang tidak bisa dianggap sebelah mata di Google Play Store.

Menurut sebuah artikel yang ditulis di situs CNet, 25 juta download melalui Google Play Store terpapar malware pada tahun 2018.

Kasus ini masih berkembang di tahun berikutnya di mana banyak aplikasi yang mengambil data pribadi dari para penggunanya meskipun para penggunanya sudah menolak permintaan aplikasi tersebut.

Hal ini diperparah oleh masalah keamanan yang terjadi pada extension di Google Chrome yang membuat data para pengguna aplikasi ini bisa diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

5. Harus Sign-In dengan Akun Google

Today Com 0db26
Sumber foto: today.com

Berbeda dengan aplikasi Google lainnya, Google Play Store memaksa para penggunanya menggunakan akun Google untuk mengakses aplikasi tersebut.

Komitmen yang dirasa berlebihan ini seolah-olah meminta paksa data pribadi setiap orang yang hendak menggunakan Google Play Store.

Padahal tidak semua pengguna Google Play Store melakukan pembayaran atau in game purchase yang mengharuskan mereka memasukkan data tambahan.

Banyak official site developer yang memperbolehkan aplikasi mereka untuk didownload oleh berbagai macam orang tanpa harus memasukkan data apapun.

Akhir Kata

Itu dia beberapa alasan kenapa Google Play Store bisa menjadi berbahaya untuk digunakan ketimbang mendownload aplikasi secara langsung.

Salah satu situs yang bisa kalian gunakan untuk download aplikasi secara aman dan terpercaya tanpa memasukkan data apapun adalah jalantikus.com, geng.

Aplikasi yang kita upload dijamin 100% works dan sudah kita tes sebelumnya loh, geng.

Baca juga artikel seputar Apps atau artikel menarik lainnya dari Restu Wibowo.

ARTIKEL TERKAIT
Produk Pertama Perusahaan Teknologi Banner 3bfe9

7 Produk Pertama Perusahaan Teknologi Terkenal, Ada yang Bisnis Makanan!

Banner Jadi 407de

10 Aplikasi Android Teraneh yang Bisa Kamu Download, Gak Ada Faedahnya!

Aplikasi Keren Canggih Android Terbaru 2020 Banner 2ea5d

13 Aplikasi Keren & Canggih di HP Android Terbaru 2020, Jarang Ada yang Tau!

Aplikasi Android Terbaru 2019 Banner F154d

Daftar Aplikasi Android Terbaru 2019 | Wajib Kamu Coba!

8 Aplikasi Dewasa Android Yang Bikin Batal Puasa Khusus 18 Tahun Ke Atas Fe3d8

8 Aplikasi Dewasa Android yang Bikin Batal Puasa | Khusus 18 Tahun ke Atas!

Aplikasi Font Android Banner Aeaf4

12 Aplikasi Font Android Terbaik 2020 | 100% Works Tanpa Root!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal