J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Jangan Format Flashdisk Kamu Jadi NTFS Jika Tidak Mau Seperti Ini!

Jangan Format Flashdisk Kamu Jadi NTFS Jika Tidak Mau Seperti Ini!

Sabtu, 26 Des 2015, 15:00 WIB
melalui artikel berikut ini mari kita ulas lebih mendalam lagi mengenai partisi apa sih yang paling cocok dengan flashdisk kesayangan kamu.

Setelah sebelumnya kita telah membahas mengenai FAT32, NTFS, exFAT, Mana Format Partisi Harddisk yang Paling Bagus?, melalui artikel berikut ini mari kita ulas lebih mendalam lagi mengenai partisi apa sih yang paling cocok dengan Flashdisk kesayangan kamu.

BACA JUGA
  • Flashdisk Tidak Terbaca di PC/Laptop? Begini Cara Memperbaikinya!
  • Cara Mudah Membuat Partisi Pada FlashDisk
  • FlashDisk Tidak Bisa Diformat? Ini Solusinya, Mudah dan GRATIS!

Jangan Format Flashdisk Kamu Jadi FAT32 Jika..

Apabila kamu belum menyadari, semua Flashdisk yang selama ini kita jumpai memiliki format partisi yang sama. Perangkat penyimpanan portable tersebut menggunakan FAT32 sebagai format partisi standarnya. Mengapa demikian? Bukankah FAT32 merupakan format partisi yang sudah tua dan masih banyak jenis partisi yang lebih modern?

Format Partisi Flashdisk 1

Jawabannya ialah karena Flashdisk merupakan media penyimpanan yang memang sering digunakan untuk beragam perangkat dan sistem operasi. Dikarenakan FAT32 adalah jenis partisi yang sudah lama hadir, maka perangkat dan sistem operasi yang compatible dengan partisi tersebut akan lebih banyak dibandingkan dengan yang lain.

Akan tetapi, permasalahan mulai muncul ketika kamu harus menyalin file-file yang berukuran di atas 4 GB, seperti contohnya file ISO, installer game tunggal, file kompresi, dan lain-lain. FAT32 tidak dapat menyimpan file-file besar dengan ukuran di atas 4 GB tersebut. Walaupun Flashdisk kamu memiliki ukuran penyimpanan hingga 16 GB pun, file berukuran besar itu tidak dapat disimpan.

Maka dari itu, jenis partisi NTFS hadir untuk menyelesaikan masalah yang sudah umum terjadi itu. NTFS hampir tidak memiliki batasan dalam ukuran penyalinan file tunggal. Ia bahkan dilengkapi dengan fitur kuota hingga keamanan yang lebih baik.

Nah tapi, pasti kamu akan mengalami masalah yang cukup merepotkan apabila kamu sering beraktivitas menggunakan beragam perangkat dan beragam sistem operasi. Ini dikarenakan NTFS adalah format partisi yang masih tergolong baru dan belum banyak perangkat yang mendukung. Jangankan perangkat portable lainnya, sistem operasi seperti Mac OS bahkan tidak dapat menulis ke perangkat dengan format partisi NTFS.

Format Partisi Flashdisk 2

Jadi, kamu perlu memperhatikan perilaku sehari-hari ya. Jika kamu sadar bahwa kamu sering meng-copy file dengan ukuran yang besar, maka NTFS bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika kamu membutuhkan Flashdisk dengan kompatibilitas yang tinggi, maka jenis partisi FAT32 masih menjadi pilihan utama untuk kamu.

Untuk info lengkap mengenai perbandingan kompatibilitas dari masing-masing partisi, kami juga dapat tabel yang telah disusun oleh tim How-to Geek nih.

Format Partisi Flashdisk 3

ARTIKEL TERKAIT
Disable Update November Windows 10 Banner

Cara Menghindari Hilangnya Software Penting di Update Terbaru Windows 10

Smartphone Kotor Banner

AWAS, Inilah 4 Titik Paling Jorok dan Menjijikkan yang Ada Di Smartphone Kamu!

Keyboard Kotor Banner

Hiiiy... Ada 3000 Organisme Hidup Di Atas Keyboard Komputer Kamu yang Kotor dan Berdebu!

Zodiak Menyeramkan Banner

SERAM! 12 Simbol Zodiak Ini Bisa Mendatangkan Mimpi Buruk Bagi yang Melihat

APPS TERKAIT
Bdusbimmunizer Icon
Bitdefender USB Immunizer 2.0.1.9
Apps
Rufus 128
Rufus 3.1 3.4
Apps Akeo
Universal Usb Installer Icon Icon
Universal USB Installer 1.9
Apps USB Pen Drive Linux
Usb Otg Checker Icon
USB OTG Checker 5.5
Apps HSoftDD
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal