J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah 10 Istilah Teknologi yang Punya Padanan Dalam Bahasa Indonesia!

Inilah 10 Istilah Teknologi yang Punya Padanan Dalam Bahasa Indonesia!

Minggu, 1 Jan 2017, 11:00 WIB
Terkadang dalam berkomunikasi kita menggunakan istilah yang berasal dari serapan atau asli bahasa asing. Sebenarnya ada loh padanan kata bahasa Indonesia untuk istilah teknologi yang umum dikenal.

Dalam percakapan sehari-hari kita tentunya menggunakan banyak sekali istilah. Nggak menutup kemungkinan istilah yang kamu gunakan itu berasal serapan bahasa asing. Sebagai orang Indonesia, tentunya kamu harus membiasakan diri menggunakan bahasa Indonesia dong.

Kalau sudah membahas teknologi, pastinya banyak istilah serapan, bahkan ada lebih banyak lagi yang masih menggunakan bahasa asing. Padahal, banyak dari kata-kata itu yang ternyata punya padanan katanya dalam bahasa Indonesia loh! Nggak percaya?

BACA JUGA
  • Bukan Bahasa Asing, Ini 4 Kamus Digital Untuk Belajar Bahasa Daerah!
  • Waduh! Kemampuan Bahasa Inggris Orang Indonesia Kalah dari Negara Tetangga?
  • Cara Terjemahkan Bahasa Asing di Android Tanpa Berpindah Aplikasi

10 Istilah Teknologi yang Punya Padanan Dalam Bahasa Indonesia

1. Gawai

Gawai
Sumber foto: Foto: Getty Images

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia _** gawai _ punya pengertian kerja atau pekerjaan. Selain itu gawai juga bisa berarti **alat atau perkakas. Jadi bisa disimpulkan gawai yang merupakan padanan kata _** gadget **_ punya arti alat yang digunakan untuk bekerja atau berkomunikasi.

2. Tetikus

Tetikus
Sumber foto: Foto: Gadget Mag

Peranti yang satu ini memang memiliki bentuk menyerupai tikus. Tidak heran apabila _ mouse _ punya padanan kata _ tetikus _ dalam bahasa Indonesia. Selain berfungsi menggerakkan kursor, tetikus juga digunakan untuk memasukkan data dan perintah ke dalam komputer selain keyboard alias papan ketik.

3. Daring

Daring Luring
Sumber foto: Foto: Evan Marc Kartz

Saat ini media _ online _ telah menjamur dan merambah ke berbagai kalangan. Semua orang bisa mengaksesnya dengan mudah melalui gawai yang terhubung dengan internet. Ternyata online punya padanan kata dalam bahasa Indonesia, yakni _ daring _ alias dalam jaringan .

4. Peramban

Peramban
Sumber foto: Foto: Daily Mail

Di masa yang canggih ini sangat mudah untuk mencari segala sesuatu apa pun, kapan pun, dan di mana pun. Dengan bantuan _ peramban _, hidup jadi terasa lebih mudah. Peramban merupakan padanan kata _ browser _, yang berasal dari kata dasar ramban yang berarti mencari.

5. Tautan

Tautan
Sumber foto: Foto: Galore Host

Jika kamu sudah menggunakan peramban, pasti nggak akan asing dengan hal ini. Untuk menuju sebuah halaman web kamu pastinya butuh yang namanya _ tautan _ kan? Padanan kata _ link _ ini memiliki arti bertaut, kaitan, atau hubungan.

6. Unduh

Unduh
Sumber foto: Foto: Fettim

Kalau ada film atau seri terbaru di internet, kamu pasti nggak akan sabar buat segera mengunduhnya kan? Istilah _ unduh _ tampaknya sudah dipahami semua orang sebagai padanan kata dari _ download _. Unduh sendiri berasal dari bahasa Jawa yang berarti memanen atau menerima pasangan pengantin (unduh mantu).

7. Unggah

Unggah
Sumber foto: Foto: Huffington Post

Selain ada unduh, tentu juga ada proses unggah. _** Unggah _ juga sudah umum digunakan oleh seluruh orang sebagai padanan kata **_ upload _. Sama seperti unduh, unggah juga berasal dari bahasa Jawa yang memiliki arti menaikkan sesuatu ke tempat yang lebih tinggi.

8. Tagar

Tagar
Sumber foto: Foto: Active Media

Seperti #OmTeloletOm, segala sesuatu yang menjadi heboh di media sosial kebanyakan dimulai dengan sebuah _** tagar _. Tagar alias "tanda pagar" ini merupakan padanan dari kata **_ hashtag _ yang memang merujuk pada tanda # .

9. Swakarya

Swakarya
Sumber foto: Foto: YouTube

Kamu kenal kan dengan istilah DIY alias _ do-it-yourself _? Segala inovasi ataupun karya yang dibuat dengan ide kreatif pribadi pembuatnya memiliki padanan kata _ swakarya _. Menurut KBBI, swakarya punya arti hasil kerja sendiri.

10. Swafoto

Swafoto
Sumber foto: Foto: India Today

Siapa sih yang tidak suka melakukan aktivitas yang satu ini? Ya, _** selfie _ sangat menyenangkan di kala jenuh atau bosan melanda. Sama seperti swakarya, padanan kata _ swafoto **_ juga punya pengertian foto sendiri atau beramai-ramai.

Nah, itulah 10 istilah teknologi yang ternyata punya padanan dalam bahasa Indonesia. Buat kamu yang belum terbiasa memakainya, memang jadi agak asing ya. Apakah kamu tahu istilah teknologi lainnya? Jangan ragu share pendapat kamu pada kolom komentar ya!

Bannner: Gaming Psych

ARTIKEL TERKAIT
Xiaomi Mi Fresh

Xiaomi Piston Fresh, Earphone Canggih Harga Cuma Rp 50 Ribuan!

Smartphone Android Jadi Monitor Banner

Cara Membuat Android Sebagai Monitor Kedua Pada Laptop

Hal Lucu Saat Berteman Dengan Orang Tua Di Sosial Media

5 Hal yang Terjadi Jika Berteman dengan Orang Tua di Sosmed

Gionee M2017

Gionee M2017, Smartphone Terbaru Baterai 7.000 mAh, RAM 6 GB

Jack Di Kartu Remi Banner

Terungkap! Ini Dia Sosok Sebenarnya JACK di Kartu Remi

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Learn Bahasa Indonesia Icon
Learn Bahasa Indonesian 3.2
Apps Codegent
Marbel Belajar Peribahasa Icon Icon
Marbel Belajar Peribahasa 1.3
Apps Educa Studio
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal