J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              IOS VS Android, Mana yang Lebih Baik Untuk Gaming?

              IOS VS Android, Mana yang Lebih Baik Untuk Gaming?

              00
              Jumat, 26 Jan 2018, 16:00 WIB
              Semua aspek dalam gaming memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua OS tersebut.

              Perdebatan panjang tentang IOS dan Android mungkin memang tak akan pernah usai. Kali ini kita akan membahas soal game dalam kedua OS tersebut.

              Semua aspek dalam gaming memang memiliki perbedaan yang cukup signifikan diantara kedua OS tersebut. Jaka telah menyusun IOS VS Android, Mana Yang Lebih Baik Untuk Gaming?. Simak ulasannya di bawah ini!

              BACA JUGA
              • Perbandingan Android Oreo vs iOS 11, Siapa Pemenangnya?
              • Root Vs Jailbreak, Ini Bedanya Modding di Android dan iOS
              • 8 Alasan Kenapa Smartphone Android Lebih Baik dari iOS

              IOS VS Android, Mana Yang Lebih Baik Untuk Gaming?

              1. Perilisan Game

              Kita mulai dengan hal yang paling mendasar, yaitu tentang perilisan game. Harus kita akui, banyak pengembang game lebih memilih memasarkan gamenya lebih dahulu pada IOS ketimbang Android.

              Yang menyebabkan hal ini adalah soal 'uang'. Kasusnya adalah kebanyakan para pengguna IOS jauh lebih royal dibanding pengguna Android. Beberapa tokoh mengatakan perbandingannya terpaut hingga 33 persen di antara keduanya. Itulah yang membuat Apple dapat membayar para developer lebih dari 25 miliar Dolar sejak tahun 2008.

              2. Pengembangan Game

              Berapa banyak perangkat Apple yang menggunakan IOS? Pasti masih bisa dihitung hingga sekarang yang terbaru iPhone X. Sekarang bagaimana dengan perangkat yang menggunakan Android? Pada tahun 2015, Google mengatakan ada lebih dari 18.000 perangkat Android yang bersaing di seluruh dunia.

              Setiap satu dari 18.000 perangkat tersebut memiliki hardware yang berbeda, berbagai ukuran layar, dan kombinasi tombol yang berbeda. Tentu saja ini yang membuat pengembang lebih memilih fokus terhadap IOS ketimbang Android yang sangat rumit. Sekalipun mereka menguji pada Android, mereka hanya akan menguji pada empat hingga lima ponsel terkemuka saja, selebihnya mereka menunggu feedback dari para pengguna. Ironis bukan?

              3. Pengalaman pengguna yang konsisten

              Caa7af519a9ea83b30bc545f75afc8fb

              Masih soal perbandingan yang sama pada topik di atas. Jika kalian mendownload game pada IOS, pastinya kalian juga sudah sangat yakin game tersebut lancar dimainkan di perangkat kamu maupun perangkat Apple lainnya.

              Keterbalikannya dengan IOS, jika kalian menggunakan Android kalian tentu tidak bisa memastikan hal tersebut sebelum mencobanya secara langsung, apalagi jika kalian menggunakan perangkat yang berbeda merek. Pastinya pengalaman yang dirasa tak akan sama, bahkan pada beberapa kasus, saat mereka membeli perangkat yang jauh lebih canggih, game favorit justru tidak dapat dimainkan.

              4. Game Palsu

              3ab6e512152fd2d5bf3fc2b905f3c5e0

              Oke untuk kali ini IOS dan Android memiliki masalah yang sama dengan peredaran game palsu yang bahkan dimanipulasi menjadi malware.

              Misalnya pada pertengahan 2016 kala Pokemon GO meledak di pasaran. Puluhan ribu pengguna IOS maupun Android, terjebak karena mendownload aplikasi palsu. Bahkan beberapa di antara aplikasi tersebut tersisip virus di dalamnya.

              5. Frames Per Second

              Mungkin bagi gamer PC ini adalah hal yang serius diperhatikan, tapi para gamer mobile jarang memperhatikan soal ini. Lantas , antara IOS dan Android, yang mana yang paling baik dalam soal skor FPS?

              Sebenarnya setiap ponsel dibatasi Frame Rate mereka di rata-rata 30FPS untuk menjaga daya tahan baterai. Namun, IOS dalam bermain game lagi-lagi memenangkan sektor sebagai pencapai FPS tertinggi. Seperti pada pengujian iPhone SE dan 6S dengan game Lara Croft Go dapat mencapai 60 FPS. Sebagai perbandingan Android pada pengujian perangkat Galaxy S7 Edge dan HTC 10 hanya mampu mengelola hingga 44 FPS.

              Kesimpulan

              Bisa dikatakan kesimpulan kali ini antara IOS dan Android dalam soal gaming jelas IOS menang telak. Tapi hal itu bukan berarti Android adalah OS yang buruk untuk gaming, hanya saja terlalu banyak perangkat yang berbeda, membuat mereka sedikit tertinggal.

              Jadi jika kalian memainkan game di IOS kalian sudah tidak perlu khawatir. Tapi untuk pengguna Android, ada baiknya terlebih dahulu memastikan dari berbagai aspek sebelum memilih perangkat, agar nantinya pengalaman bermain game tidak ada kendala.

              Itulah IOS VS Android, Mana Yang Lebih Baik Untuk Gaming? Jika kalian memiliki pendapat lain mengenai hal ini, silahkan komentar di bawah ya!

              APPS TERKAIT
              Jalantikus Icon
              JalanTikus 2.5.2
              Apps JalanTikus.com
              Babe Baca Berita Indonesia Icon
              Babe - Baca Berita 7.6.2
              Apps Mainspring
              Youtube Icon
              YouTube
              Apps Google Inc.
              20130131112039_546
              LINE Komputer 4.8.3.1128
              Apps Naver
              Komentar

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal