20+ Instagram Tools Terbaik 2022, Followers Nambah, Bisnis Lancar!

Default

Instagram tools yang akan Jaka bahas di artikel ini wajib banget kamu install di perangkatmu. Apalagi kalau kamu memang lagi ingin menambah jumlah followers serta interaksi/engagement biar bisnismu lancar kayak selebgram atau akun centang biru!

Harus diakui, Instagram menjadi media sosial yang sangat menjanjikan untuk menghasilkan cuan. Khususnya buat kamu yang punya bisnis atau usaha. Kamu yang awalnya orang "biasa" juga bisa jadi selebgram selama bisa mengelola akunmu dengan tepat.

Kabar baiknya, di luar sana ada berbagai macam jenis Instagram tools yang bisa kamu manfaatkan. Bukan cuma tools analytic atau buat naikin followers yang wajib kamu install. Kamu juga harus punya tools penunjang, seperti buat edit foto/video, rapihin feed, hingga bot comment.

Maka dari itu, kamu wajib banget install Instagram tools terbaik 2022 buat meningkatkan branding bisnis maupun personal. Ingat, geng. Semua demi akun Instagram kamu yang terlihat keren biar kayak selebgram atau akun resmi!

Instagram Tools untuk Edit Gambar dan Foto

Sebagai aplikasi media sosial yang visual-sentris, sudah jelas Instagram tools yang menjadi prioritas adalah aplikasi edit gambar atau foto. Makanya, bisa dibilang kualitas visual postingan foto adalah kunci sukses di IG.

Nggak peduli kamu punya kemampuan analisa yang bagus, strategi yang jitu, atau tools penunjang serbalengkap. Jika postingan gambar atau fotomu terlihat "B" aja alias nggak menarik, orang juga pasti ogah buat mampir ke akun kamu atau melirik postinganmu

Sebaliknya, jika gambar atau foto yang kamu posting bagus dan terlihat aesthetic, setidaknya orang pasti akan tertarik dan followers juga perlahan akan meningkat.

Butuh bantuan buat bikin postingan visual di Feed atau Stories yang aesthetic? Cek aja aplikasi-aplikasi edit foto IG di bawah ini!

1. VSCO

VSCO 4098d

Bicara soal aplikasi edit foto, VSCO nggak bakal bisa lepas dan bakal selalu keluar sebagai rekomendasi. Nggak heran, aplikasi ini memang dipercaya banyak pengguna Instagram untuk menghasilkan hasil edit gambar yang aesthetic, tapi nggak norak.

VSCO memang sangat populer dan sering direkomendasikan oleh selebgram dan content creator. Bahkan, saking populernya, aplikasi ini sudah menjadi hashtag paling sering digunakan (#vscocam).

Cara edit fotonya pun terbilang mudah dan cepat. Efek dan filter-nya juga punya banyak opsi serta bisa kamu atur elemennya sesuai keinginan.

>>> Download VSCO Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik 2022 <<<

Vsco Icon
VSCO: Photo & Video Editor 150
Apps Photo & Imaging VSCO
DOWNLOAD

2. Canva

Canva D6505

Selain VSCO, Canva menjadi Instagram tools untuk edit foto yang sama populernya. Jika VSCO lebih ke arah fotografi, Canva bisa dimanfaatkan untuk editing segala macam konten visual, seperti gambar desain, animasi, poster, dan sebagainya.

Ada lebih dari 8.000 template, icon, ilustrasi, font, hingga filter gratis yang bisa kamu gunakan untuk berkreasi di Canva. Variasi inilah yang membuat aplikasi ini digemari karena membuat postinganmu berbeda dari yang lain.

Kalau kamu punya rezeki lebih, Jaka sangat sarankan kamu untuk mencoba versi premium seharga 12,95 dolar per tahunnya. Soalnya, masih ada sangat banyak template premium yang tersedia untuk menambah keunikan postinganmu.

>>> Download Canva Aplikasi Edit Gambar Instagram Terbaik 2022 <<<

Canva Create Beautiful Designs Anywhere Icon
Canva - Create Beautiful Designs Anywhere 2.86.2
Apps Productivity Canva
DOWNLOAD

3. Snapseed

Snapseed 6c6db

Instagram tools untuk visual terakhir yang Jaka rekomendasikan adalah Snapseed. Sebenarnya aplikasi Android & iOS ini punya fitur editing yang tidak jauh beda dari aplikasi-aplikasi di atas. Lalu, apa keistimewaan Snapseed?

Satu hal yang diincar dari aplikasi ini adalah keringkasan serta efisiensinya. Soalnya, ada satu fitur bernama "Stacks" yang bisa membantumu menyimpan preset/pengaturan editing yang sudah kamu kerjakan.

Jadi, saat kamu selesai edit dan ingin lanjut ke konten lainnya, preset editan kamu takkan hilang. Makanya, APK ini cocok banget buat kamu yang ingin benar-benar beda dengan settingan filter yang orisinal.

>>> Download Snapseed Aplikasi Edit Gambar Instagram Terbaik 2022 <<<

Instagram Tools untuk Edit Konten Video

Bukan cuma foto, konten video juga menjadi salah satu daya tarik utama dalam strategi branding. Sebab, nggak semua orang menikmati konten foto karena mungkin maksud tujuan dari konten tersebut nggak bisa dicerna 100%.

Makanya, konten video sekarang juga menjadi salah satu perhatian utama content creator. Apalagi, Instagram sekarang punya fitur Live, Reels, hingga Stories yang memungkinkan kita memposting konten video berdurasi pendek hingga panjang.

Nah, sekarang kamu nggak perlu bayar mahal-mahal buat sewa videografer buat bikin konten video yang keren, geng. Soalnya, Instagram tools yang Jaka rekomendasikan di bawah ini bisa membantumu mengedit video ala profesional!

1. Boomerang

Boomerang E543c

Sebenarnya aplikasi ini sudah langsung terpasang di IG kamu. Nggak heran, soalnya Boomerang memang dibuat langsung oleh Instagram sendiri.

Tanpa perlu Jaka jelaskan panjang lebar, kamu pasti sudah tahu bagaimana cara kerja Boomerang. Jadi, kamu bisa memposting video pendek dan berulang-ulang/looping seperti GIF.

Meski terlihat sepele, konten Boomerang nyatanya menjadi salah satu yang paling digemari, geng. Jadi, Jaka ingatkan kamu untuk tetap gunakan fitur ini. Bisa saja kamu memang lupa atau nggak sadar karena saking banyaknya fitur atau filter di IG saat ini!

2. Life Lapse

Life Lapse APK Aeb00

Kalau Boomerang khusus untuk konten video berdurasi pendek, aplikasi Life Lapse justru kebalikannya. Video yang lebih cocok diedit di aplikasi ini adalah yang berdurasi panjang.

Instagram tools yang satu ini punya fungsi untuk membuat video stop-motion yang terbilang aesthetic dan digemari banyak orang saat ini.

Untuk memoles videonya biar lebih oke, Life Lapse menyediakan banyak fitur penunjang. Misalnya, kamu bisa menambah foto di video. Kamu juga bisa mengatur ukuran video hingga memasukkan musik ke dalamnya.

>>> Download Life Lapse Aplikasi Edit Video IG <<<

3. InShot

InShot 52516

InShot Pro menjadi salah satu aplikasi edit video andalan para pengguna Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur penting dengan ragam efek menarik yang instagramable.

Ada banyak pilihan efek filter yang bisa kamu pilih sesuai selera. Sama seperti Life Lapse, kamu juga bisa menambah gambar, musik, teks, hingga stiker pada video.

Selain itu, Instagram tools yang satu ini juga punya berbagai macam efek transisi dan visual. InShot juga menyediakan fitur editing video yang krusial, seperti menggabungkan video, memotongnya, hingga mengonversi formatnya.

Inshot Ba7f8
InShot 1.667.1295
Apps Fotografi InShot Inc.
DOWNLOAD

Instagram Tools Terbaik untuk Konten Stories Aesthetic

Saat ini, Instagram bisa dikatakan punya dua jenis konten, yaitu konten utama yang ada di profil dan muncul di Feed (termasuk Reels, Live, dan Video), serta konten yang ada di Stories IG.

Perlu kamu ketahui, algoritma postingan Instagram saat ini bisa dibilang agak "random". Soalnya, konten yang masuk ke feed kamu tidak muncul sesuai waktu postingan alias tidak real-time.

Maka dari itu, postingan Stories yang masih bisa dilihat secara runut bisa dimanfaatkan dengan baik untuk branding, promosi, atau jualan. Jika kamu lihat tren saat ini, postingan Stories brand-brand ternama juga sama aesthetic-nya dengan konten di feed, geng.

Nah, buat kamu yang ingin bikin konten Stories superestetik, Instagram tools di bawah ini dijamin bakal membantumu.

1. GoDaddy

OVER De2a3

Gambar atau foto saja kadang tidak bisa merepresentasikan seluruh makna pada sebuah postingan. Makanya, dibutuhkan copy atau caption yang sesuai dan engaging agar postinganmu dilirik banyak orang.

By the way, caption nggak selalu harus ditaruh di kolom caption, geng. Kamu juga bisa memasangnya di dalam foto. Tentunya caption tersebut harus ringkas dan to-the-point, ditambah dengan font yang aesthetic biar keliatan keren.

Nah, kalau kamu butuh aplikasi edit foto yang bisa mewujudkan hal tersebut, GoDaddy patut banget kamu lirik. Di Instagram tools yang satu ini, tersedia banyak stiker, font, hingga ilustrasi untuk keperluan membuat konten Stories atau Feed.

>>> Download GoDaddy Aplikasi Edit Gambar Instagram Terbaik 2022 <<<

2. Unfold

Unfold 47963

Kalau kamu adalah tipe storyteller, Unfold bakal menjadi aplikasi yang pas banget buat branding personal maupun bisnis yang kamu punya.

Menggunakan Unfold, kamu benar-benar seperti diajak bercerita dengan konten Stories yang akan kamu buat. Misalnya, untuk pertama kali kamu diajak memilih template, foto, lalu font yang sesuai. Semuanya diproses secara berurutan oleh aplikasi ini.

Di luar itu, Unfold sebenarnya punya fitur yang tidak jauh beda dengan aplikasi edit foto kebanyakan. Namun, hal yang membedakan Unfold dengan APK-APK lainnya adalah user experience-nya. Secara keseluruhan, Unfold sangat mudah digunakan dan mampu menciptakan konten yang kita inginkan.

>>> Download Unfold Instagram Tools Terbaik 2022 untuk Konten Stories <<<

Instagram Tools Terbaik yang Bikin Feed IG Makin Aesthetic

Buat yang punya usaha online di Instagram, kamu pasti tahu betapa pentingnya profil akun dan postingan Feed-nya.

Meski kamu sudah memiliki foto dan video yang terlihat bagus, tentu saja, mengelola Feed yang konsisten sangat penting jika kamu ingin memancing lebih banyak followers!

Mungkin kamu pernah lihat Feed akun selebgram atau penjual yang fotonya dipisah-pisah hingga terlihat seperti satu foto dalam satu halaman Feed. Nah, tools-tools IG di bawah ini bisa melakukannya, geng!

Page Ee97f
Cara Membuat Feed Instagram Nyambung, Biar Makin Estetik Ala Selebgram!
Ingin tahu cara membuat feed Instagram nyambung biar akunmu makin estetik dan instagenik? Cek aja panduannya di sini!
LIHAT ARTIKEL

1. PREVIEW

PREVIEW 42442

PREVIEW adalah aplikasi yang paling direkomendasikan untuk mengelola Feed dan postingan akun IG kamu. Di sini, kamu bisa melakukan perencanaan tema, penjadwalan postingan, hingga mengatur tema postingan yang dapat disesuaikan dengan filter.

Bukan cuma itu, aplikasi ini digemari juga karena punya fitur yang lengkap. Kamu bisa melakukan edit foto, gambar, hingga video di sini. Template, font, atau filter-nya juga terbilang lengkap sehingga kamu bisa melakukan semuanya.

>>> Download PREVIEW APK Terbaik untuk Kelola Feed IG <<<

2. Later

Later C31e3

Kamu punya bisnis dan mempromosikannya di IG, tapi jarang punya waktu luang untuk memposting, editing, atau merencanakan konsepnya? Tenang aja, geng. Ada aplikasi Later yang dijamin bakal membantumu dalam melakukan hal-hal tersebut.

Aplikasi ini bisa dibilang seperti asisten pribadi untuk akun IG kamu. Sebab, Later akan mengatur dan merencanakan postingan Feed kamu dengan fitur scheduling-nya.

Later juga memungkinkanmu untuk mengatur posisi postingan demi mengatur "keseimbangan" pada Feed kamu. Jadi, kamu tinggal memilih foto yang kamu ingin pindahkan, lalu simpan. Simpel dan mudah banget, geng!

>>> Download Later APK Terbaik untuk Kelola Feed IG <<<

Instagram Tools Terbaik untuk Analytic + Scheduling

Ada sebuah misteri yang ingin diketahui semua orang dan hingga saat ini cukup sulit dipecahkan: bagaimana cara kerja algoritma Instagram?

Meskipun kita mungkin tidak memahami seluk-beluk apa yang memicu algoritmanya, setidaknya pihak Instagram masih mengizinkan kita untuk melihat data analitik berupa statistik, terutama data untuk berapa jumlah viewer dari sebuah postingan.

Dan jika banyak orang melihat, kemungkinan besar postingan kamu masuk ke laman Explore jadi sangat besar. Hal ini tentu bisa jadi "jurus jitu" untuk menambah followers.

Nah, agar bisa melihat data-data statistik dan analitik postingan Instagram, silakan cek list-nya di bawah ini:

1. Instagram Insight

Instagram Insight 58966

Bicara soal analitik untuk Instagram, salah satu tools yang paling mudah adalah fitur analitik Instagram sendiri, yakni Instagram Insights.

Fitur gratis ini memberikan banyak informasi berharga, mulai dari viewer postingan kamu hingga informasi mengenai followers kamu, termasuk di mana mereka berada, jenis kelamin, usia, hingga kapan waktu mereka paling aktif di Instagram.

Nah, di sinilah kamu bisa memanfaatkan data tersebut untuk menjadwalkan postingan di jam prime time. Memang algoritma Instagram masih acak. Akan tetapi, setidaknya hal tersebut memperbesar kemungkinan postinganmu dilihat oleh orang banyak.

>>> Download Instagram Insight Tools Analytic IG Terbaik <<<

2. SocialBee

SocialBee 067b1

Buat kamu yang sangat sibuk, SocialBee dapat menjadi tools yang dapat mempermudah urusan per-IG-an kamu beserta bisnis yang kamu jalankan di sana.

Dirancang untuk menghemat waktu, SocialBee memungkinkan kamu menjadwalkan postingan gambar, video, Carousel, dan Stories ke profil Instagram kamu.

Selain scheduling, aplikasi ini juga menyediakan fitur analitik. Jadi, kamu bisa mengetahui data analitik pada postingan IG kamu, mulai dari views, reach, impressions, hingga pertumbuhan followers akun kamu.

Tools ini memang agak "beda" karena kamu harus berlangganan untuk bisa menikmati fitur-fiturnya. Akan tetapi, semuanya bakal terasa sebanding karena tools ini bisa melakukan scheduling di platform medsos populer, seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Pinterest.

>>> Download SocialBee Tools Analytic & Scheduling IG Terbaik <<<

Instagram Tools untuk Promosi Website Kamu

Kamu yang berbisnis di IG pasti tahu betapa sulitnya "memancing" followers IG untuk mengunjungi website kamu. Sebab, kamu memang tidak bisa memasukkan link situs ke postingan Feed dan caption-nya.

Sebagai alternatif, kamu bisa memasukkannya ke Stories. Namun, Stories juga jadi wadah yang kurang ideal karena kontennya hanya bertahan selama 24 jam.

Sebenarnya, kamu bisa memasukkan link website atau jualan ke postingan Feed. Akan tetapi, kamu harus mengaktifkan Instagram for Business dan membuat postingan iklan di sana. Sayangnya, lagi-lagi cara ini kurang ideal karena cukup mahal.

Nah, tenang saja, geng, kamu masih bisa ajak followers masuk ke website atau link jualan kamu, kok. Caranya adalah dengan memasang tools-tools di bawah ini ke keterangan profil kamu. Dari sanalah kamu bisa mengatur website yang kamu ingin jadikan target kunjungan follower kamu.

1. Linktree

Linktree 00ae1

Linktree adalah Instagram tools gratis untuk mengoptimalkan traffic Instagram kamu. Dengan Linktree, kamu dapat mengarahkan followers Instagram ke blog, marketplace, portofolio, dan bahkan akun media sosial kamu yang lain.

Cara menggunakannya juga mudah. Kamu hanya perlu menghubungkan Linktree ke profil Instagram kamu. Lalu, kamu akan menerima satu tautan untuk dibagikan di bio Instagram kamu.

Di sana, kamu dapat mempersonalisasi tampilan situs Linktree dan menambah tautan dan tombol ke berbagai halaman web. Memperbarui tautan di Linktree kamu semudah menyalin dan menempelkannya ke akun kamu, dan mengaturnya kembali sesuai keinginan.

>>> Cek Linktree Instagram Tools untuk Promosi Website Kamu <<<

2. Linkin.bio

Linkin Bio 8573a

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Instagram hanya memberi kamu satu URL yang dapat diklik (tautan di bio profil kamu). Makanya, akan sulit untuk mengarahkan traffic ke website blog atau situs jualan kamu.

Dengan Linkin.bio, kamu dapat menambahkan tautan ke salah satu postingan Instagram yang telah kamu publikasikan.

Tools ini memang aman dan sudah sangat terpercaya. Sayangnya, kamu hanya bisa menggunakannya dengan tools Later. Jadi, kamu harus berlangganan Later agar fungsi dari tools ini bisa berfungsi.

>>> Cek Linkin.bio Instagram Tools Terbaru 2022 <<<

Instagram Tools untuk Memasukkan Postingan IG Kamu ke Website

Kalau masukin link ke IG susah, lain halnya kalau kamu mau masukin postingan IG kamu ke website atau blog yang kamu kelola. Semuanya bisa kamu lakukan dengan tools-tools khusus untuk memasukkan postingan IG ke website.

Strategi ini patut kamu perhatikan. Sebab, kalau kamu punya traffic yang bagus di website, kenapa tidak mengubahnya menjadi follower di IG dengan memajang postingan Feed-nya ke sana!

Nggak perlu basa-basi lagi, kamu bisa cek rekomendasi tools-nya di bawah ini:

1. Juicer

Juicer D036e

Juicer menawarkan cara super sederhana untuk menggabungkan semua hashtag brand kamu dan postingan media sosial seperti Instagram menjadi satu feed yang menarik di situs blog kamu.

Untuk cara menggunakannya, kamu hanya perlu membuat akun, lalu hubungkan akun IG kamu serta hashtag yang ingin kamu gunakan di website. Selanjutnya, kamu cuma perlu copy lalu paste kode embed-nya ke CMS website kamu.

>>> Download Juicer untuk Memasukkan Postingan IG ke Website <<<

2. Feed Them Social

Feed Them Social A3d41

Sama seperti Juicer, Feed Them Social adalah Instagram tools yang memungkinkan kamu membuat dan menampilkan feed akun medsos kamu ke website, termasuk Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest, dan sebagainya.

Untuk bisa menggunakannya, kamu hanya perlu download widget Wordpress Feed Them Social dan hubungkan dengan akun IG kamu. Selanjutnya, Feed Them Social akan menghasilkan link pendek yang harus kamu salin ke laman HTML Wordpress kamu.

>>> Download Feed Them Social untuk Memasukkan Postingan IG ke Website <<<

(BONUS) Bagaimana Cara Meningkatkan Followers IG?

Melihat pembahasan di atas, mungkin kamu jadi kepikiran untuk mencari cara meningkatkan followers IG selain menggunakan Instagram tools.

Kamu saat ini mungkin punya usaha atau bisnis yang sedang ingin dikembangkan di media sosial. Atau kamu hanya ingin meningkatkan jumlah followers karena ingin menjadi selebgram atau ingin mendapat pendapatan alternatif melalui endorsement.

Sayangnya, harus diakui meningkatkan followers di IG bukanlah perkara yang mudah. Dibutuhkan strategi yang jitu serta konsep yang matang agar akun kamu benar-benar di-notice oleh followers. Kecuali dari awal kamu memang seorang selebritas dari awal.

Namun, jangan patah arang, geng. Kamu masih bisa menarik perhatian followers dengan berbagai cara, seperti seperti memakai caption-caption lucu hingga merapikan feed Instagram supaya terlihat lebih aesthetic.

Selain itu, masih ada banyak cara lagi. Selengkapnya bisa kamu simak pada artikel di bawah ini, geng!

Cara Menambah Followers Ig Tanpa Aplikasi 1408b
Cara Menambah Followers IG Tanpa Aplikasi & Dengan Aplikasi, Gratis!
Cara menambah followers IG tanpa aplikasi ternyata bisa dilakukan lho! Simak cara menambah followers aktif tanpa aplikasi & dengan aplikasi di IG berikut.
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah dia sejumlah rekomendasi Instagram tools terbaik 2022 yang wajib kamu install untuk menambah followers dan meningkatkan cuan di IG. Ingat, semua butuh proses dan nggak bisa langsung terwujud secara instan, geng. Satu hal yang pasti, jangan cepat menyerah jika hal tersebut memang menjadi impian kamu!

Baca juga artikel seputar Instagram atau artikel menarik lainnya dari Tanri Raafani.

ARTIKEL TERKAIT
Cara Mendapatkan 1000 Followers Instagram Afb84
Cara Menambah 1000 Followers Instagram Gratis Secara Permanen
Caption Instagram Kekinian A92c9
777+ Caption Instagram Kekinian Aesthetic, Singkat, & Lucu 2022, Auto Banjir Likes!
Untitled Design 2021 08 30t173928 266 701d7
10 Cara Hack Instagram Orang Lain Terbaru 2021 & Cara Mencegahnya
Cara Menambahkan Musik Instagram Stories Banner 3f7e7
Cara Membuat Instagram Music di Instagram Stories 2020, 100% Works!
Aplikasi Penambah Followers Instagram C1749
7 Aplikasi Penambah Followers Instagram Gratis & Terbaik 2020
Cara Repost Instagram Fedf1
Cara Repost Postingan IG Buat Feed & InstaStory, Bisa Tanpa Aplikasi!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal