J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • HOME
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
 

              7 Tips Penting Untuk Melindungi Data Privasi di Smartphone Kamu

              7 Tips Penting Untuk Melindungi Data Privasi di Smartphone Kamu

              00
              Jumat, 18 Des 2015, 19:30 WIB
              Coba kamu bayangkan, seberapa banyak aplikasi yang kamu instal dan gunakan di smartphone kamu. Beberapa diantaranya ada yang bisa mengumpulkan data dari smartphone kamu. Maka melindungi privasi kamu sangatlah penting.

              Anda mungkin selalu menggunakan smartphone setiap hari. Selain membuat panggilan dan mengirim SMS, Anda mungkin juga menggunakan GPS-nya pada aplikasi maps atau update di media sosial, browsing Internet, dan toko online. Ini adalah beberapa kegiatan yang dapat menempatkan privasi Anda dalam resiko.

              Coba kamu bayangkan, seberapa banyak aplikasi yang kamu instal dan gunakan di smartphone kamu. Beberapa di antaranya ada yang bisa mengumpulkan data dari smartphone kamu, lalu mengirimnya ke server lain dengan bantuan malware.

              Tips Melindungi Data Privasi di Smartphone Anda

              Mengambil tindakan pencegahan dasar untuk menjaga keamanan smartphone Anda adalah hal yang wajib. Nah, berikut ini adalah tips untuk melindungi data privasi di smartphone kamu.

              1. Gunakan HTTPS

              084c683fd746423bff83e5d3248a5c85

              Saat browsing bahkan belanja di ponsel (atau komputer), anda harus selalu mencari URL "https" ini bukan "http". URL https menunjukkan tingkat tambahan keamanan, dan harus muncul pada URL sebelum anda akan bertukar informasi pribadi, seperti nomor kartu kredit saat belanja online.

              2. Kunci Smartphone dengan PIN atau Kunci Pola

              D006af71dbebd0bee56b25eadcf578a0

              Sudah tidak asing lagi keamanan smartphone dengan PIN ataupun kunci pola. Karena pengaturan yang mudah, simple, dan tentunya smartphone akan aman. Untuk mengaturnya bisa melalui aplikasi maupun dari perangkat smartphone itu sendiri.

              3. Download Aplikasi dari Sumber Terpercaya

              Ffb2971567b081c1674dbd1d07f59a13

              Jika anda ingin men-download aplikasi maupun game, pilihlah web download yang terpercaya, seperti Google Play. Namun, pastikan juga anda memeriksa review yang sudah tersedia dan membaca kebijakan privasi untuk melihat fitur aplikasi atau game yang memiliki akses pada perangkat.

              4. Backup Data

              8e34976df9f4d97e6963eac21225791e

              Sebagai bentuk pencegahan dasar, melakukan backup juga berhubungan dengan tujuan melindungi dan memulihkan informasi apabila terjadi masalah pada smartphone Anda. Tak heran sistem operasi pada saat ini sering mengalami masalah yang mengakibatkan seluruh informasi akan hilang.

              5. Perbarui Sistem Operasi dan Aplikasi

              D6fdd1072a83e4a2982f2bc1151a48e4

              Inilah hal penting pada platform jaman sekarang. Pastikan Anda melakukan update termasuk update sistem operasi maupun aplikasi-aplikasi yang tersedia di perangkat Anda. Pada dasarnya update tersebut akan menambah fitur baru tetapi juga menawarkan keamanan yang diperketat. Selain itu, perangkat Anda pun akan semakin aman dan yang jelas up to date.

              6. Log Out dari Situs Setelah Melakukan Pembayaran

              Di 2015 sudah ada banyak toko online dan pembeli pun meningkat karena tidak perlu lagi ribet keluar rumah untuk belanja apapun. Namun, jika Anda sudah melakukan transfer uang atau membeli barang dari toko online dari smartphone, sebaiknya Anda langsung logout dari situs tersebut setelah Anda selesai. Dan termasuk juga tidak menyimpan username dan password pada smartphone Anda. Juga hindari transaksi ketika berada pada jaringan Wi-Fi publik.

              7. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth Jika Tidak Digunakan

              4af1a1b8936c17619649a7b2065ae575

              Wi-Fi dan Bluetooth adalah salah satu cara yang umum digunakan para hacker agar terhubung ke perangkat dan mengakses file Anda. Mematikan Wi-Fi dan Bluetooth saat tidak digunakan akan menjaga data di smartphone Anda tetap aman.

              Seperti itulah tips untuk menjaga keamanan data di smartphone Anda. Selalu menjaga diri adalah tindakan penting di era digital ini.

              APPS TERKAIT
              Superbeam Icon
              SuperBeam | WiFi Direct Share 4.0.3
              Apps LiveQoS
              20130902135423_772
              AirDroid
              Apps Sand Studio
              Hotspot_icon
              Hotspot Shield VPN for Android
              Apps AnchorFree GmbH
              Basickeylogger Icon
              Basickeylogger 1.0
              Apps giuliomvr

              Keluar dari JalanTikus

              Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

              Ya
              Batal