J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Inilah Penyebab Google Indonesia Bisa Dibajak Hacker

Inilah Penyebab Google Indonesia Bisa Dibajak Hacker

Senin, 6 Okt 2014, 14:46 WIB
Google, situs yang dikenal paling aman ini ternyata bisa dibajak dan ditembus keamanannya oleh sekelompok hacker yang menamakan dirinya MaDLeeTs

Tadi pagi, sekitar pukul 05.00 WIB, situs Google Indonesia Google.co.id berhasil diretas oleh sekelompok Hacker yang menamakan dirinya MaDLeeTs. Berdasarkan pengakuan dan berbagai sumber yang ikut meramaikan, Kelompok MaDLeeTs berasal dari Pakistan. Tapi yang pasti, MaDLeeTs berhasil membuat lumpuh Google untuk sementara waktu. Di Twitter saja sudah banyak yang membicarakan tentang Google, Kamu bisa lihat langsung di sini https://twitter.com/search?q=google.co.id.

Google Hack Jalantikus
Hanya saja, Hacker ini tidak benar-benar melakukan deface langsung terhadap server Google yang terkenal aman ini. Melainkan, mereka melakukan semacam perubahan pada alamat DNS si Google, atau biasa disebut dengan "DNS Hijacked". Seperti kita ketahui, DNS (domain name system) adalah sebuah sistem yang bekerja untuk menjadikan nama domain yang mudah diingat. Hebatnya, si hacker berhasil memanipulasi DNS tersebut, sehingga mengarahkannya ke host yang sudah mereka siapkan untuk halaman depan, sehingga seolah-olah root web tersebut sudah diretas. Dalam kasus ini, seperti dikutip dari sebuah diskusi di Kaskus, peretas mengalihkan DNS "google.co.id" di alamat IP "192.99.147.160" dialihkan ke "host b0x1.madleets.com" yang beralamat IP "167.114.12.10". Google.co.id Bermasalah di Speedy?
Telkom_Indonesia
Sejak tadi pagi, seluruh ISP telah berangsur pulih dalam propagasi DNS si Google ini, tapi kenapa hanya Telkom Speedy yang masih bermasalah hingga saat ini? Seperti yang saya katakan tadi, Hacker tersebut tidaklah membobol server Google, melainkan hanya melakukan "DNS Hijacked". Nah, dalam kasus ini, si peretas masuk ke server Telkom dengan menyisipkan script tertentu kedalamnya. Script yang dimaksud adalah Script iklan milik telkom, Script tersebut bekerja dengan menyisipkan kode Javascript pada setiap halaman web yang dibuka pengguna. Kode tersebut akan memanggil konten iklan yang berada di server berdomain "cfs.u-ad.info". Setelah script berhasil dipasang, maka dengan otomatis orang yang mengakses Google.co.id yang harusnya muncul iklan dari Telkom dengan domain ""cfs.u-ad.info" akan diarahkan ke "host.b0x1.madleets.com" yang beralamat IP "167.114.12.10". Hasilnya, setiap pengguna Telkom Speedy yang membuka "www.google.co.id" yang seharusnya melihat tampilan iklan dulu malahan dibawa masuk ke situs palsu Google Indonesia buatan peretas.
Androis Studio Icon Icon
Android Studio 1.5.1.0
Apps Developer Tools Android Developer
DOWNLOAD


Baca juga: 7 Rahasia di Balik Search Engine Google



Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Kemenkominfo Blokir DNS Google, Buat Apa?

Kemenkominfo Blokir DNS Google, Buat Apa?

7 Rahasia Dibalik Search Engine Google

7 Rahasia Dibalik Search Engine Google

Google Luncurkan Layanan Google Tips

Google Luncurkan Layanan Google Tips

Google Apps Tidak Lagi Support Internet Explorer 9

Google Apps Tidak Lagi Support Internet Explorer 9

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal