Indonesia Juara Pertama Belanja Online Meski Internet Lambat

Default

Indonesia dilaporkan menjadi negara nomor satu dengan penduduk yang paling banyak berbelanja di e-commerce atau belanja online pada tahun 2020.

Riset dari perusahaan marketing We Are Social berjudul Digital 2021 menunjukkan sekitar 87 persen masyarakat Indonesia mengaku berbelanja online sebulan terakhir.

Sementara itu, posisi Indonesia diikuti oleh Inggris (85,5 persen), Thailand (83,6 persen), Malaysia (82,9 persen), dan Jerman (81,6).

Laporan tersebut tidak sebanding dengan pendapatan rata-rata e-commerce Indonesia yang hanya 219 juta dollar AS atau Rp3,08 triliun (kurs Rp14.090) pada 2020.

Fakta lainnya, meski gencar belanja online, laporan itu menyebut Indonesia sebagai salah satu negara dengan internet terlambat, berada di urutan 44 dari 46 negara yang disurvei.

Hasis pengetesan Ookla, kecepatan internet Indonesia hanya mencapai 17,26 Mbps, sedangkan rata-rata kecepatan internet di dunia adalah 42,70 Mbps.

Indonesia Juara Pertama Belanja Online 77794

Kemudian, Indonesia dilaporkan sebagai negara dengan tingkat penggunaan aplikasi transportasi online tertinggi di dunia dengan persentase 65,3 persen.

Posisi ini disusul oleh Brasil (54,1 persen), Singapura (51 persen), Meksiko (49,5 persen), dan Malaysia (49 persen).

Sejalan dengan itu, Indonesia juga menjadi juara dalam penggunaan aplikasi pesan antar makanan. Persentase penggunaan aplikasi ini mencapai 74,4 persen.

Setelah Indonesia, peringkat selanjutnya ditempati oleh Brasil (66,6 persen), Malaysia (66,5 persen), dan China (66,4 persen).

Kegiatan belanja online di Indonesia pun kabarnya semakin tinggi selama pandemi seperti survey yang dilakukan InMobi berjudul "Marketing in the Era of Mobile".

Selain e-commerce, sektor bisnis digital lainnya juga meningkat selama pandemi, mulai dari belanja bahan makanan, kirim makanan, sampai game online.

Baca juga artikel seputar Berita atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Netizen Indonesia Banner 1 96722
Riset: Netizen Indonesia Paling Gak Sopan dan Barbar, Suka Nyinyir?
Kota Dengan Internet Tercepat Di Indonesia Banner
5 Kota Dengan Internet Tercepat di Indonesia, Jakarta Bukan Pertama?
Kota Yang Memiliki Internet Tercepat Di Indonesia Banner E9f7b
Ini Kota dengan Internet Tercepat di Indonesia, Bukan Jakarta?
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal