J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Ilmuwan Muslim yang Tak Banyak Diketahui Orang, Penemuannya Memajukan Dunia!

Jumat, 19 Feb 2021, 19:30 WIB
Ini deretan ilmuwan Muslim yang tak banyak diketahui orang, namun berkontribusi dalam memajukan berbagai macam bidang di dunia!

Tahukah kamu, bahwa berbagai macam kemajuan pengetahuan dan teknologi dalam berbagai bidang yang kita nikmati pada saat ini ditemukan oleh para ilmuwan Muslim?

Mulai dari penghambat saluran kalsium, minyak esensial, matematika, bahkan metode karantina yang dijalankan saat pandemi ditemukan oleh ilmuwan Muslim, loh.

Masih banyak lagi kontribusi ilmuwan Islam yang memajukan peradaban dan pengetahuan manusia dalam banyak hal.

Penasaran siapa saja? Simak daftar ilmuwan Muslim yang tak banyak diketahui orang, namun penemuannya sangat berguna di bawah ini!

1. Ibnu Sina (980-1037)

Yang pertama adalah Ibnu Sina atau dikenal dengan nama Avicenna di Barat. Ia adalah seorang ilmuwan Islam, filsuf, penulis, dan dokter.

Ilmuwan dengan nama lengkap Abu Ali al-Husein bin Abdullah bin Hassan Ali bin Sina ini juga dianggap sebagai Bapak Pengobatan Dunia Modern Awal dan Bapak Farmakologi Klinis berkat penemuan-penemuannya yang esensial di bidang kedokteran.

Penemuannya yang memajukan bidang tersebut di antara lain adalah minyak esensial, uji klinis, metode karantina, penghambat saluran kalsium, fitoterapi, farmakope, farmakologi klinis, uji coba terkontrol secara acak, dan lain-lain.

2. Al-Khawarizmi (780-850)

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu hal yang berpengaruh dalam kemajuan teknologi adalah matematika. Nah, tokoh yang menemukan hal tersebut adalah al-Khawarizmi atau Bin Musa al-Khawarizmi.

Bukan hanya ahli matematika, namun ia juga berkontribusi dalam berbagai macam bidang lainnya seperti astronomi, astrologi, bahkan geografi. Oleh karena itulah ia dianggap sebagai Bapak Aljabar.

Temuan-temuan al-Khawarizmi di antara lain adalah Aljabar, Aritmatika, Kuadran sinus, dan Instrumen mural.

3. Jabir bin Hayyan (721-815)

Dikenal dengan nama Geber di Barat, Jabir bin Hayyan adalah seorang polymath terkemuka, kimiawan, alkimiawan, serta ahli astronomi dan astrologi.

Ia berkontribusi sebagai orang pertama yang menemukan asam sulfat, klorida, nitrat, dan mampu mengidentifikasi zat-zat yang bisa melarutkan emas.

Ilmuwan dengan nama lengkap Abu Musa Jabir bin Hayyan ini menemukan distilasi, kristalisasi, tabung kimia, penyaringan, dan kalsinasi.

4. Ibnu Al-Nafis (1213-1288)

Mirip seperti Jabir bin Hayyan, Ibnu Al-Nafis juga merupakan seorang polymath. Ia berkecimpung di bidang kedokteran, bedah, fisiologi, anatomi, biologi, studi Islam, yurisprudensi, dan filsafat.

Ilmuwan Muslim satu ini merupakan orang pertama yang mampu mendeskripsikan dan menggambarkan secara jelas mengenai sistem peredaran darah manusia.

Tidak sampai disitu, ia juga menjadi orang pertama yang mendokumentasikan sirkuit paru-paru demi kepentingan medis. Salut!

5. Umar Khayyam (1048-1131)

Terakhir, ada Umar Khayyam yang terkenal akan klasifikasi dan solusi persamaan kubiknya, di mana ia memberi perpotongan kerucut sebagai solusi geometris.

Selain menjadi seorang matematikawan, ia juga adalah seorang astronom, filsuf, sekaligus penyair.

Kalender Jalali yang merupakan kalender matahari dengan siklus interkalasi 33 tahun yang sangat tepat juga salah satu temuannya sebagai seorang astronom.

Akhir Kata

Nah, itu dia kumpulan ilmuwan muslim dengan temuan paling berguna, namun tak diketahui banyak orang.

Banyak dari mereka yang memajukan berbagai macam bidang penting, contohnya seperti kedokteran dan astronomi.

Baca artikel mengenai Sains atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Penemu Yang Membenci Temuannya Sendiri Banner 1574e
5 Penemu yang Membenci Temuannya Sendiri, Apa Penyebabnya?
Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains Banner 1c498
7 Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains, Bikin Merinding!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal