J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Ustadz Jaka: Hukum Mudik Saat Lebaran

Minggu, 3 Jul 2016, 01:00 WIB
Lebaran sebentar lagi. Dan orang pun sudah mulai rame-rame mudik. Sebenarnya mudik itu gimana sih dalam pandangan agama Islam? Apakah ada ajaran mudik?

Pertanyaan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Alhamdulillah. Sudah memasuki penghujung bulan Ramadan nih, Tadz. Dan kita sudah bisa menemukan keramaian tentang mudik dimana-mana. Bahkan bukan tidak mungkin jika ada yang sudah sampai di kampung halamannya karena sudah mudik dari jauh-jauh hari.

Pertanyaan Saya adalah, apakah mudik adalah hal yang berkaitan dengan ajaran Islam? Soalnya kok banyak orang rela berdesak-desakan hanya demi mudik menjelang hari raya Idul Fitri.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Yuni, 26 tahun

BACA JUGA
  • Ustadz Jaka: Berciuman Saat Puasa, Batalkah?
  • Ustadz Jaka: Pake Inhaler Saat Puasa, Batalkah?
  • Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menelan Ludah Saat Puasa?

Jawaban

Lebaran identik dengan kegiatan bersilaturahmi untuk mengunjungi kerabat-kerabat dekat dan jauh. Hanya demi bisa berkumpul dengan keluarga, banyak di antara kita yang rela mudik dan bermacet-macetan menuju kampung halaman. Setelah kumpul dengan keluarga, jangan lupa untuk bersilaturahmi dengan mereka.

Sesungguhnya bukanlah orang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang membalas kebaikan, namun orang yang menyambung silaturahmi adalah orang yang menyambung hubungan dengan orang yang telah memutuskan silaturahmi. (SahihAdabul Mufrad (68) bab Laisal Wasil bil Mukafi)

Mudik Dalam Islam 1

Mudik sendiri bukanlah bagian dari ajaran Islam, karena tidak ada satu perintah pun baik dari Al-Qur an maupun As-Sunnah tentang mudik. Hanya saja, karena terjadi di penghujung bulan Ramadan dan banyak di antara kita yang memanfaatkan momentumnya sehingga dianggap sebagai ajaran Islam.

Daripada sibuk dengan kegiatan mudik, kenapa tidak menyibukkan diri dengan berburu faidah lailatul qadr? Jelas lebih diridhai Allah dan juga sesuai sunnah rasul. Tapi bukan berarti bahwa mudik itu haram.

Apabila yang dimaksud mudik lebaran sebagai bentuk kegiatan untuk memanfaatkan momentum dan kesempatan untuk menjernihkan suasana keruh dan hubungan yang retak, jelas ini baik dan Islam tidak melarang. Tapi jika sudah dipaksakan serta diyakini sebagai bentuk kebiasaan yang memiliki kaitan dengan ajaran Islam, ini sudah menjadi hal yang dilarang. Sebab seluruh macam tradisi dan kebiasaan yang tidak bersandar pada petunjuk syariat Islam adalah Bid'ah dan tertolak.

Mudik Dalam Islam 2

Aku wasiatkan kepada kalian untuk bertakwa kepada Allah, patuh dan taat walaupun dipimpin budak habasyi, karena siapa yang masih hidup dari kalian maka akan melihat perselisihan yang banyak. Maka berpegang teguhlah kepada sunnahku dan sunnah para Khulafaur Rasyidin yang memberi petunjuk, berpegang teguhlah kepadanya dan gigitlah dengan gigi geraham kalian. Waspadalah terhadap perkara-perkara baru (_bid ah_) karena setiap perkara yang baru adalah _bid ah_ dan setiap yang _bid ah_ adalah sesat. [Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah]

Jadi, mudik itu adalah hal yang baik dan diperbolehkan Islam. Hanya saja jangan dianggap sebagai ajaran Islam ya! Selamat mudik dan berkumpul dengan keluara.

ARTIKEL TERKAIT
Hukum Mencuri Wifi

Ustadz Jaka: Apa Hukumnya Menggunakan WiFi Tanpa Izin?

Hantu Di Bulan Puasa 4

Ustadz Jaka: Apakah Selama Bulan Puasa Masih Bisa Melihat Hantu?

Hukum Update Status Sosial Media Puasa 3

Ustadz Jaka: Apakah Amalan Puasa Hangus Gara-gara Update Status?

Quran Answer Hukum Membaca Alquran

Ustadz Jaka: Hukum Membaca Al-Qur'an di Aplikasi Smartphone di Toilet / WC

Tidak Shalat Tarawih

Ustadz Jaka: Meninggalkan Tarawih Karena Sibuk Kerja?

APPS TERKAIT
Google Maps Icon
Google Maps for Android 10.35.2
Apps Google Inc.
Al Quran Indonesia Icon
Al Quran Indonesia 2.5.8
Apps Andi Unpam
Muslim Pro Azan Quran Qibla Android
Muslim Pro: Azan, Quran, Qibla 6.5.4
Apps Muslim
365katamutiara Icon
365 Kata Mutiara Islam 2.3
Apps Isnaini
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
25 Meme Mudik Lebaran yang Bikin Lupa Sama Macet

25 Meme Mudik Lebaran yang Bikin Lupa Sama Macet

Inilah 9 Barang yang Wajib Dibawa Agar Perjalanan Mudik Semakin Nyaman!

Inilah 9 Barang yang Wajib Dibawa Agar Perjalanan Mudik Semakin Nyaman!

Percaya Gak? Lebaran 2016 Adalah Lebaran Tercanggih Sepanjang Masa

Percaya Gak? Lebaran 2016 Adalah Lebaran Tercanggih Sepanjang Masa

11 Tips Hemat Baterai Saat Mudik Agar Tahan Seharian | Gak Butuh Power Bank!

11 Tips Hemat Baterai Saat Mudik Agar Tahan Seharian | Gak Butuh Power Bank!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal