J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Daftar Lengkap HP yang Tidak Bisa Menggunakan WhatsApp Lagi, HP Kamu Termasuk?

Daftar Lengkap HP yang Tidak Bisa Menggunakan WhatsApp Lagi, HP Kamu Termasuk?

Selasa, 7 Jan 2020, 17:00 WIB
Bulan kemarin, WhatsApp mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mendukung beberapa HP. Cek di daftar HP yang sudah tidak didukung oleh WhatsApp di sini!

Apakah kalian bisa hidup tanpa adanya aplikasi chatting WhatsApp, geng? Jaka kurang tahu bagaimana situasi kalian tapi hampir semua kenalan Jaka menggunakan aplikasi ini.

Bisa dibilang, aplikasi WhatsApp sekarang sudah dijadikan medium utama bagi Jaka dan teman-teman Jaka untuk berkomunikasi dan sulit bagi Jaka untuk hidup tanpa WhatsApp.

Makanya, dengan WhatsApp yang mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan dukungan untuk beberapa HP, kita harus menyimak berita ini baik-baik, geng!

Daftar HP yang Sudah Tidak Didukung Oleh WhatsApp

Berbeda dengan layanan lainnya seperti aplikasi ojek online yang biasanya memiliki dukungan yang sangat terbatas, WhatsApp dikenal sebagai aplikasi sejuta umat.

HP yang merupakan peninggalan jaman Belanda saja biasanya masih bisa menjalankan aplikasi tersebut tapi sepertinya kebaikan WhatsApp juga ada batasnya.

Di bulan Desember 2019, mereka mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mendukung beberapa HP lama, geng!

Saat ini, syarat untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp haruslah MINIMAL menggunkan iOS versi 8 dan Android versi 3.0 (Honeycomb).

Apakah HP kalian termasuk salah satunya? Kalian bisa langsung cek di daftar HP yang sudah tidak didukung oleh WhatsApp dari Jaka!

1. iPhone 4

IPhone 4 56d3d

Saat pertama kali dirilis di pertengahan 2010, produk iPhone 4 membawa banyak perubahan pada lini iPhone seperti kamera depan yang baru muncul di iPhone.

Sayangnya, iPhone 4 juga nggak bebas dari masalah dan Apple sampai sempat dituntunt oleh pengguna iPhone 4 atas antena pada HP ini yang banyak terkena masalah.

Tetap saja, hal ini tidak mengurangi popularitas produk ini dan iPhone 4 terus didukung oleh Apple sampai tahun 2014 dengan sistem operasi iOS 7, geng.

Sayangnya, bagi kalian yang masih menggunakan HP ini, kalian harus siap-siap kehilangan WhatsApp karena mereka sudah mengumumkan akan berhenti mendukung iOS 7.

Untuk kalian pengguna iPhone 4, WhatsApp masih bisa digunakan sampai tanggal 1 Februari 2020 jadi kalian punya waktu beberapa minggu untuk cari penggantinya.

2. Semua HP dengn OS Microsoft & Nokia Lumia

Lumia 930 6f384

Setelah beberapa tahun mendorong sistem operasi Windows Phone untuk menjadi kompetitor Android dan iOS, Microsoft akhirnya melayangkan bendera putih.

Di tahun 2017, mereka mengumumkan sudah menghentikan pengembangan untuk Windows Phone dan dukungan akan diberhentikan sepenuhnya di bulan Januari 2020, geng.

Makanya, bersamaan dengan dicabutnya dukungan dari Microsoft, WhatsApp juga sudah mengumumkan bahwa mereka juga akan ikut mencabut dukungan mereka di 31 Desember 2019.

Hal ini berarti bagi kalian yang masih menggunakan HP Lumia kolaborasi antara Nokia dan Microsoft, kalian sudah tidak bisa menggunakan aplikasi WhatsApp lagi.

Hal ini tentu saja adalah berita buruk bagi kalian yang menggunakan HP Lumia terakhir seperti Lumia 950 yang sebenarnya baru dirilis di tahun 2015 lalu, geng!

3. HP Elite x3

HP Elite X3 262b3

Meskipun Lumia adalah produk Windows Phone yang paling terkenal, masih ada juga beberapa produk berkualitas yang menggunakan sistem operasi tersebut, seperti HP Elite x3.

Datang dari perusahaan HP yang sudah terkenal dari produk laptopnya, HP Elite x3 adalah produk yang dikhususkan untuk komunitas profesional, geng.

Dengan memanfaatkan fitur Continuum yang tersedia di Windows 10 Mobile, HP Elite x3 dapat digunakan sebagai HP dan komputer di waktu yang bersamaan.

Sayangnya, kegagalan Windows 10 Mobile di pasaran memaksa Microsoft untuk mendukung sistem operasi ini dan WhatsApp sudah tidak bisa digunakan lagi di HP ini.

4. Samsung Galaxy S1

Samsung Galaxy S A9028

Kalau seri Samsung Galaxy S bisa masuk sekolah, di tahun ini kemungkinan mereka sudah masuk ke kelas 5 berkat umur mereka yang tahun ini sudah genap 10 tahun, geng!

Kabarnya, mereka juga akan membawa perubahan besar untuk penerus HP ini dengan nama yang loncat dari Samsung Galaxy S10 menjadi Samsung Galaxy S20.

Tapi di sini Jaka mau membahas HP nenek moyangnya yaitu Samsung Galaxy S1 yang sayangnya sudah tidak lagi bisa menggunakan WhatsApp per tanggal 1 Februari 2020.

Hal ini dikarenakan WhatsApp sudah tidak lagi mendukung Android 2.3.7 (Gingerbread) dan hanya bisa digunakan di Android 3.0 (Honeycomb) ke atas.

Yah, mengingat umur HP kentang satu ini yang memang sudah kepanjangan, mungkin sudah waktunya HP ini dipensiunkan saja, geng.

5. Google Nexus One

Google Nexus One 3deaa

Jujur, Jaka senyum-senyum sendiri membaca review Google Nexus One yang banyak dipuji atas layarnya yang besar padahal hanya memiliki layar 3,7 inci, geng!

HP ini merupakan kerja sama antara Google dan HTC dan kualitasnya berhasil menyaingi produk flagship lainnya di tahun 2009.

Sekarang, lini produk Nexus sudah digantikan oleh lini Pixel yang juga dirancang oleh staf yang sama setelah Google membeli tim desain HTC di tahun 2018.

Sayangnya, meskipun produk ini datang langsung dari Google, HP ini hanya mendapat dukungan software selama satu tahun dan berhenti di Android 2.3.7 (Gingerbread).

Walhasil, sama dengan Samsung Galaxy S generasi pertama, HP ini sekarang sudah tidak bisa menggunakan WhatsApp lagi, geng!

Akhir Kata

Itulah, geng, daftar HP yang sudah tidak didukung oleh WhatsApp. Nggak cuma HP kentang dari jaman bahela yang masuk di sini karena masih ada produk dari tahun 2016 loh.

Makanya, kita sekarang jangan memilih HP berdasarkan spesifikasinya saja karena dukungan update software dari brand tersebut juga penting.

Apakah kalian masih menggunakan HP di atas? Apa kalian keberatan dengan menghilangnya dukungan dari WhatsApp? Langsung share di kolom komentar ya!

Baca juga artikel seputar Smartphone atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
Banner F0f23

7 HP Kentang yang Masih Layak Dibeli dan Dipakai di 2020, Beli Sekarang!

Fitur Tersembunyi Android 10 03082

7 Fitur Tersembunyi Android 10 | Lebih Canggih dari iOS 13?

Fitur Baru Ios13 Banner A8bae

5 Fitur iOS 13 Terbaru yang Sudah Ada di Android Sejak Lama, Apple Cuma Jiplak?

Cover Custom D3f89

7 Fitur Baru di iOS 13 yang Keren Banget, Ada Fitur Khusus Gamers?

Bocoran Samsung Galaxy S11 60184

7 Bocoran Awal Samsung Galaxy S11 | Pakai Prosesor Terbaru Snapdragon 865?

Whatsapp Scam Banner2

5 Jenis Penipuan Berbahaya yang Menyerang Pengguna WhatsApp

Tags Terkait:

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal