J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

8 Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2 (2020), Setara iPhone 11 Pro!

Kamis, 16 Apr 2020, 15:30 WIB
Gak sabar nunggu iPhone SE terbaru di Indonesia? Sebelum membelinya, simak dulu kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2 (2020) serta prediksi harganya di sini!

Di tengah pandemi virus Corona (Covid-19) di seluruh dunia, Apple secara mengejutkan merilis seri HP iPhone murah lewat iPhone SE 2020 atau juga dikenal dengan iPhone SE 2.

Dibanderol dengan harga lumayan terjangkau, iPhone SE 2 ini juga digadang-gadang bakal menjadi saingan serius dari jajaran HP Android murah berkualitas di kelasnya.

Nggak sabar menunggu kehadiran iPhone SE 2 di Indonesia? Sebelum itu simak dulu ulasan fitur serta kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2 yang wajib kamu ketahui terlebih dulu.

Kelebihan dan Kekurangan iPhone SE 2 Terbaru di 2020, Obat Kangen Seri iPhone Lawas!

Berselang empat tahun setelah iPhone SE generasi pertama dirilis, iPhone kembali mewujudkan keinginan pengguna yang membutuhkan iPhone dengan desain compact lewat iPhone SE 2 ini.

Punya desain klasik dengan konfigurasi tombol Home di bagian muka, iPhone SE 2 juga punya dimensi lebih kecil dibanding seri terbaru, seperti iPhone X Series dan iPhone 11 Series.

Untuk menyelami lebih dalam mengenai fitur iPhone SE 2, mending langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini, geng. Check this out!

Kelebihan iPhone SE 2 (2020)

Banyak kelebihan iPhone SE 2 yang membuatnya menjadi HP iPhone terbaru yang worth it untuk kamu miliki di tahun 2020. Apa saja alasannya? Simak beberapa poin berikut.

1. Dibekali Chipset Apple A13 Bionic, Setara iPhone 11 Series

Kelebihan Iphone Se 2 Chipset E788a

Salah satu kelebihan iPhone SE 2 yang paling dinanti adalah performanya yang bahkan jauh lebih kencang daripada iPhone X, lho.

Hal ini dikarenakan iPhone SE 2 yang dirilis pada 2020 ini dibekali dengan dapur pacu yang sama dengan seri iPhone 11 dan iPhone 11 Pro, yakni Apple A13 Bionic.

Dibanding seri iPhone 8 yang dijadikan inspirasi desainnya, iPhone SE 2 ini punya performa CPU 1,4 kali lebih kencang dan GPU 2 lebih kencang dari Apple A11 Bionic, geng.

Sayangnya, Apple nggak merinci berapa kapasitas RAM yang digunakan pada iPhone SE 2. Namun yang pasti Apple memastikan aplikasi dan game bakal berjalan lancar di perangkatnya ini.

2. Dukungan iOS 13 Terbaru

Kelebihan Iphone Se 2 Ios 54373

Dengan komponen dalamnya yang benar-benar fresh dan canggih, kamu pun nggak perlu mengkhawatirkan mengenai sistem operasi yang digunakannya.

iPhone SE 2 telah dibekali dengan iOS 13 lengkap dengan beberapa fitur iOS 13 terbaru, seperti Dark Mode, Siri Shortcuts, dan lainnya.

Untuk masalah pembaruan pun, iPhone SE 2 diprediksikan masih dapat pembaruan OS hingga 5 tahun ke depan. Hal ini mengingat siklus 5 tahunan iOS iPhone yang sudah berlaku selama ini.

3. Pilihan Internal Storage Besar Hingga 256GB

Kelebihan Iphone Se 2 Storage D6d9d

Apple pun nggak pelit dalam menghadirkan beberapa opsi pilihan internal storage (memori internal) pada seri iPhone terbarunya ini.

Berbeda dibanding dengan iPhone 8 yang hanya menyediakan dua buah pilihan internal storage, yakni 64GB dan 256GB saja.

iPhone SE 2 hadir dalam tiga buah varian internal storage, yakni 64GB, 128GB, dan 256GB sebagai yang paling besar. Tinggal pilih sesuai kebutuhanmu, geng!

4. Tombol Home dan Touch ID Kembali Lagi

Kelebihan Iphone Se 2 Touch Id Fe741

Salah satu fitur yang dinantikan publik pada iPhone SE 2 adalah kembalinya tombol Home dan Touch ID.

Apalagi ditengah pandemi Corona, di mana kamu akan sangat sulit menggunakan opsi Face ID yang hanya disediakan pada seri iPhone X dan iPhone 11 apalagi saat harus menggunakan masker.

Di sini kamu bisa merasakan sensasi memencet tombol Home seperti dulu dan juga sistem keamanan Touch ID yang punya beragam fungsi bukan hanya untuk membuka kunci iPhone saja.

5. Desain dan Pilihan Warna yang Lebih Fresh

Kelebihan Iphone Se 2 Desain Eec31

Secara desain, iPhone SE 2 memang mengadopsi seri iPhone 8 dengan menggunakan material bodi belakang kaca dan bingkai aluminum, geng.

Namun dari pilihan warnanya, iPhone SE 2 lebih fresh dengan menghadirkan tiga opsi, yakni Black, White, dan Red yang menjadi favorit banyak kalangan saat ini.

Kemudian peletakkan logo Apple kini bergeser ke bagian tengah, mengikuti desain yang diterapkan pada seri iPhone 11.

iPhone SE 2 juga sudah memiliki sertifikat tahan air (water resistant) lewat IP67 yang mampu menyelam hingga 1 meter selama 30 menit. Kamu juga nggak perlu khawatir akan cipratan benda cair dan debu.

Oh ya, buat kamu yang sudah memiliki seri iPhone 7 atau iPhone 8 kamu bisa menggunakan aksesorismu di sini. Jadi lebih hemat dan nggak perlu beli baru, kan?

6. Kamera yang Dilengkapi Potrait Mode

Kelebihan Iphone Se 2 Kamera 6ccd7

Untuk sektor fotografi, iPhone SE dilengkapi dengan sebuah kamera utama 12MP (f/1.8) yang mengandalkan fitur Potrait Mode untuk menghasilkan foto dengan latar belakang blur.

Kamu juga bisa menikmati beberapa fitur seperti Depth Control untuk mengatur tingkat blur, Potrait Lighting dengan enam tipe pencahayaan, dan Smart HDR.

Sementara untuk perekaman video, kamu bisa merekam hingga kualitas 4K @60 fps dan juga telah ada fitur QuickTake seperti pada seri iPhone 11, geng.

Sementara itu ada juga kamera depan 7MP (f/2.2) yang juga sudah dilengkapi dengan Potrait Mode, Depth Control, Potrait Lighting, dan Quick Take, serta mampu merekam video 1080p @30 fps.

Kekurangan iPhone SE 2 (2020)

Jangan keburu tergiur untuk membeli iPhone SE 2 ini, sebab ada beberapa kekurangan iPhone SE 2 yang mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kamu, nih!

1. Adaptor Fast Charging Perlu Biaya Tambahan

Kekurangan Iphone Se 2 Charger 14241

Dalam situs resminya, iPhone SE 2 punya baterai berkapasitas sama seperti iPhone 8 dengan daya tahan hingga 8 jam untuk streaming video dan 40 jam untuk memutar musik.

Yang menarik, iPhone SE 2 juga telah mendukung wireless charging dan juga fast charging 18W yang mampu mengisi 50% baterai dalam 30 menit saja.

Sayangnya, tentu kamu membutuhkan biaya ekstra untuk membeli adaptor fast charging 18W yang mana harganya berkisar Rp500-600 ribuan untuk produk original Apple.

Lebih mahal dua kali lipat apabila dibanding adaptor QuickCharge 3.0 untuk Android yang rata-rata dibanderol Rp200-300 ribuan.

2. Lebih Pilih iPhone SE 2 atau iPhone 8?

Kekurangan Iphone Se 2 Harga F60c8

Yang jadi pertanyaan, dengan kisaran harga Rp6-8 jutaan apakah iPhone SE 2 tergolong masuk ke dalam bujet kamu? Belom tentu, geng.

Misalnya kamu nggak membutuhkan spesifikasi kencang untuk bermain game, tampaknya seri iPhone 8 masih tergolong worth it untuk kamu miliki di 2020.

Dengan harga saat ini berkisar Rp4-5 jutaan, kamu masih bisa menikmati desain iPhone klasik yang juga mendukung iOS 13 dan pembaruannya hingga 2022 atau bahkan lebih, lho.

Spesifikasi dan Harga iPhone SE 2 (2020) di Indonesia, Begini Prediksinya!

Spesifikasi Harga Iphone Se 2 E5bd5
Sumber foto: apple.com (Spesifikasi iPhone SE 2 yang setara seri iPhone 11 membuatnya jadi incaran banyak kalangan saat ini.)
Detail Spesifikasi iPhone SE 2
Dimensi 138.4 x 67.3 x 7.3 mm
Bobot 148 gram
Layar Retina IPS LCD capacitive touchscreen

4.7 inci 750 x 1334 piksel
Chipset Apple A13 Bionic (7nm+)

Hexa-core (2x2.65 GHz Lightning + 4x1.8 GHz Thunder)
GPU Apple GPU (4-core graphics)
Sistem Operasi iOS 13
RAM -GB
Memori Internal 64/128/256GB
Kamera Beakang 12MP, f/1.8, PDAF, OIS (wide)

Dual-LED dual-tone flash, HDR
Kamera Depan 7MP, f/2.2 (wide)

HDR
Baterai 1.821 mAh
Jaringan GSM/CDMA/HSPA/EVDO/LTE
SIM Dual SIM (Nano-SIM & eSIM, dual stand-by)
Fitur Water resistant IP67, Home button, Touch ID, fast charging 18W, wireless charging
Warna Black, White, Red
Tanggal Rilis April 2020 (Amerika Serikat)

iPhone SE 2 secara resmi diperkenalkan pada pertengahan April 2020 ini hadir dalam tiga pilihan warna, yakni Black, White, dan Red. Untuk harga iPhone SE2 yang resmi dirilis adalah sebagai berikut.

  • iPhone SE 2 (64GB) - Rp6,3 jutaan (399 dolar AS)
  • iPhone SE 2 (128GB) - Rp7 jutaan (449 dolar AS)
  • iPhone SE 2 (256GB) - Rp8,7 jutaan (549 dolar AS)

Untuk pemesanannya sendiri akan mulai mengadakan pre-order pada 17 April untuk pasar Amerika Serikat dan akan mulai masa pengiriman pada 24 April mendatang.

Lalu bagaimana dengan prediksi harga iPhone SE 2 di Indonesia? Jaka sendiri memperkirakan HP Apple terbaru ini akan resmi dirilis melalui Apple Premium Seller di Tanah Air pada 2-3 bulan mendatang.

Harga iPhone SE 2 ini juga kemungkinan akan mengalami peningkatan dengan banderol mulai Rp7-9 jutaan. Apakah kamu tertarik untuk memilikinya?

Akhir Kata

Nah itulah tadi sekian ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone SE 2 beserta prediksi spesifikasi dan harga iPhone SE 2 di Indonesia.

Bagaimana, apakah setelah membaca ulasan di atas kamu jadi makin tertarik untuk memiliki iPhone SE 2 ini? Silakan tulis komentarmu di bawah dan sampai jumpa pada artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar iPhone atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 2 56cec

Daftar Harga iPhone Terbaru Desember 2020, Semua Banting Harga!

Hp Iphone Paling Laku Banner 955c0

HP iPhone Paling Laris Sepanjang Masa, iPhone 11 Gak Termasuk?

Negara Harga Iphone Paling Mahal F5c8d

7 Negara dengan Harga iPhone Paling Mahal di Dunia, Indonesia Termasuk?

Alasan Tidak Perlu Beli Hp Iphone 11 Cc8df

7 Alasan Kenapa Kamu Jangan Beli iPhone 11, Harganya Makin Gak Masuk Akal?

Alasan Iphone Jadul Masih Layak Dibeli 42789

5 Alasan iPhone Jadul Masih Layak Beli Dibandingkan iPhone 11, Mending Xiaomi?

Fitur Tersembunyi Ios 13 74662

7 Fitur Tersembunyi di iOS 13 yang Tidak Orang Sadari, Android Mana Punya!

Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Perbedaan iPhone SE 2016 dan iPhone SE 2020, Beda Jauh Banget?

Perbedaan iPhone SE 2016 dan iPhone SE 2020, Beda Jauh Banget?

iPhone 7 Plus vs iPhone 8 | Duel iPhone Jadul, Masih Worth It Dibeli?

iPhone 7 Plus vs iPhone 8 | Duel iPhone Jadul, Masih Worth It Dibeli?

iPhone X Harga dan Spesifikasi, Masih Worth it di Tahun 2020?

iPhone X Harga dan Spesifikasi, Masih Worth it di Tahun 2020?

Daftar Harga HP iPhone Terbaru Juni 2020, iPhone SE 2020 Cuma 8 Jutaan!

Daftar Harga HP iPhone Terbaru Juni 2020, iPhone SE 2020 Cuma 8 Jutaan!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal