J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Hoaks Terbesar yang Berhasil Menipu Dunia, Kamu Percaya Yang Mana?

Kamis, 4 Feb 2021, 10:00 WIB
Coba, kamu paling percaya sama berita hoaks yang mana?

Sejak dulu hingga kini, masyarakat sudah akrab dengan yang namanya berita palsu atau hoaks. Jadi, jika kamu berpikir bahwa hoaks baru terjadi belakangan ini, kamu salah besar.

Bedanya, jika dulu masyarakat lebih gampang percaya karena kurangnya sarana klarifikasi terkait, kini sudah banyak situs cek hoaks terpercaya yang bakal memberitahu apakah suatu berita betul-betul terjadi atau hanya hoaks semata.

Nah, kamu mungkin akan teringat berita hoaks di masa kecil yang begitu menggemparkan, fantastis, dan hebohnya saat membaca artikel ini. Jaka punya daftar hoaks yang berhasil menipu dunia dari dulu hingga sekarang. Bisa jadi, kamu salah satu yang tertipu!

Jika belakangan ini dunia tertipu dengan berita bahwa vaksin Covid-19 bisa membesarkan alat kelamin pria, dulu masyarakat juga tertipu dengan berita hoaks di bawah ini.

1. Penampakan Peri di Cottingley

Hoaks Yang Berhasil Menipu Dunia 1 Custom 377d0

Pada zaman dahulu, masyarakat Eropa dan Amerika percaya dengan keberadaan peri seperti yang dikisahkan di negeri dongeng. Ditambah, pada waktu itu muncul foto yang menggambarkan 2 gadis kecil sedang bermain bersama peri.

Peri-peri tersebut diklaim tinggal di sebuah desa Inggris bernama Cottingley. Saat itu, banyak orang berbondong-bondong pergi ke Cottingley untuk berburu peri.

Semua itu berubah di tahun 1983, saat Elsie Wright dan Frances Griffiths mengaku sebagai 2 gadis yang ada di foto. Mereka pun mengatakan bahwa foto tersebut hoaks. Mereka sengaja menempelkan peri-peri di foto dari beberapa buku dongeng yang mereka kumpulkan sehingga nampak betulan.

2. Penampakan Wujud Asli Alien

Hoaks Yang Berhasil Menipu Dunia 2 Custom A210b

Ceritanya pada tahun 1947, sebuah pesawat alien jatuh di daerah New Mexico, tepatnya di kawasan Roswell. Tak lama dari rongsokan, diangkatlah sesosok jasad yang wujudnya nggak seperti manusia.

Sosok tersebut memiliki kepala yang besar dengan hidung kecil serta tubuh yang benar-benar berbeda dari manusia. Makhluk ini kemudian disebut sebagai alien, persis seperti yang digambarkan dalam film-film.

Hingga tahun 2006, kabar serta dokumentasi ini dipercaya sebagai kenyataan, hingga seseorang bernama Ray Santilli mengaku bahwa dokumentasi tersebut hanyalah hoaks. Ialah yang membuatnya, lengkap dengan properti boneka alien. Astaga!

3. Pohon Spaghetti

Hoaks Yang Berhasil Menipu Dunia 3 Custom B320d

Mungkin kamu bakal skeptis jika hoaks diberitakan oleh media-media murahan. Namun, apa yang terjadi jika media sebesar BBC sendiri yang melakukannya?

Ceritanya pada 1 April 1957, bertepatan dengan hari April Mop, BBC menyiarkan liputan khusus tentang tumbuhnya pohon spaghetti di Swiss.

Masalahnya, saat itu masyarakat Britania Raya belum begitu familiar dengan makanan khas Italia tersebut. Alhasil, satu negara langsung heboh. Mereka bahkan tak berhenti menelepon BBC, gimana sih cara menanam pohon spaghetti? Apa harus disiram dengan saus tomat tiap hari? Aduh!

4. Crop Circles

Hoaks Yang Berhasil Menipu Dunia 4 Custom E3c19

Nah, generasi 1990-an pastinya masih ingat betul pemberitaan munculnya crop circles di beberapa wilayah pertanian di dunia, khususnya Eropa dan Amerika.

Singkatnya, crop circles dipercaya sebagai fenomena di mana alien mampir ke Bumi dan 'meninggalkan' jejak berupa kumpulan lingkaran bersudut simetris di ladang. Seperti di film-film alien, nih!

Sayangnya, semua itu hoaks. Fakta di baliknya, crop circles hanyalah akal-akalan pemilik ladang yang ingin mencari sensasi. Caranya gampang banget! Ia hanya butuh mengendarai traktor sambil membentuk sudut lingkaran di ladang. Yah, nggak jadi deh melihat UFO!

5. Gelang Power Balance

Hoaks Yang Berhasil Menipu Dunia 5 Custom 8f2a3

Hayo, siapa yang pernah pakai gelang Power Balance? Sesuai namanya, gelang ini diklaim mampu menyeimbangkan badan kita sehingga jauh lebih stabil dan nggak gampang jatuh.

Ketika viral di tahun 2010-an, gelang ini dipakai oleh banyak sekali atlet karena mereka merasa jadi lebih stabil dan imbang. Contohlah saja Dominique Dawes, Michael Jordan, hingga Cristiano Ronaldo.

Hingga akhirnya, Power Balance Headquarters memberikan pengakuan mengejutkan bahwa sebenarnya, gelang 'magnetik' tersebut nggak jauh beda seperti gelang biasa pada umumnya.

Ini dilakukan setelah perusahaan tersebut diprotes besar-besaran oleh kalangan ilmuwan karena menyebarkan berita sesat bahkan pseudoscience mengenai produk mereka.

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan khusus Jaka mengenai hoaks terbesar yang berhasil menipu dunia. Gimana menurutmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Page C784e
Viral Ikan Penis yang Sempat Bikin Geger Media Sosial, Ini 5 Fakta di Baliknya!
Page 92745
Percaya atau Tidak, 5 Hal Mengerikan Ini Bisa Kamu Alami saat Tidur!
4444 2a05c
5 Misteri Terbesar Alam Semesta yang Tak Terjawab, Hanya Tuhan yang Tahu!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Banner Jadi B4d0a
7 Film Science Fiction yang Dibenci oleh Ilmuwan, Ngawur Parah?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal