Viral Bayi Hiu Berwajah Manusia di NTT | Bukan Azab, Ini Penjelasan Ilmiahnya!

Default

Ikan berwajah manusia beberapa kali ditemukan oleh masyarakat, terutama di kawasan perairan Indonesia seperti yang terjadi baru-baru ini.

Pada Selasa (24/2/2021), dilaporkan adanya penemuan seekor hiu dengan wajah unik oleh seorang nelayan di Kabupaten Rote Ndao, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Abdullah Fero, pelayan yang menemukan hiu viral itu, mengatakan ia tengah melaut pada hari Minggu (21/2/2021) saat dirinya tak sengaja menjaringnya menggunakan ikan hiu dengan jaring trawl.

Ia menemukan bahwa hiu betina tersebut sedang hamil karena ketika perutnya dibelah dan terdapat tiga ekor bayi hiu.

Salah satu bayi hiu tersebut memiliki wajah yang berbeda jauh dengan dua saudaranya yang mirip dengan induknya.

Sama seperti hiu lainnya, ikan tersebut memiliki kepala dengan ujung lancip dan tubuh berwarna putih keabu-abuan.

Hanya saja kedua mata terletak di sisi yang sama dan dekat dengan mulut, mirip seperti proporsi wajah manusia pada umumnya.

Padahal biasanya mata hiu terletak di kedua sisi samping kepala dengan mulut di bagian bawah wajah.

Viral Hiu Mirip Manusia 8bafe

Karena itulah, rumah Abdullah langsung dipenuhi warga yang penasaran dengan penemuan bayi hiu yang disebut-sebut memiliki wajah mirip manusia.

Tak cuma ingin melihat secara langsung, beberapa orang bahkan mengatakan hendak membeli bayi hiu itu - seperti dilansir dari Kompas.

Video dari hiu bayi tersebut kemudian viral dan menggemparkan warganet se-Indonesia, mengingatkan kita semua dengan penemuan ikan pari berwajah mirip manusia yang sempat beredar beberapa tahun lalu.

Ikan Berwajah Manusia 93b4e

Sayangnya, fenomena-fenomena ini malah dikaitkan dengan mitos-mitos terkait kutukan dan azab, padahal sebenarnya ada penjelasan ilmiah soal penemuan semacam itu.

Mengutip dari Livescience via detikhealth, fenomena tersebut dikenal dengan istilah "Pareidolia", di mana seseorang dapat melihat kemiripan suatu benda pada bermacam-macam objek.

Salah satu bentuk paling umum dari Pareidolia adalah ketika seseorang meyakini bahwa sebuah benda atau makhluk memiliki kemiripan dengan wajah manusia.

Seorang pakar neurosains Universitas Toronto, Kanada bernama Kang Lee mangatakan bahwa hal ini menunjukkan betapa kuatnya imajinasi yang dimiliki manusia hingga mampu mempengaruhi persepsi indra penglihatan, seperti yang dikutip Kompas dari BBC.

Inilah mengapa kita seringkali menemukan benda-benda dan hewan yang terlihat memiliki bagian yang mirip dengan wajah manusia, misalnya saja pada buah dan sayuran.

Wajah Manusia Di Mars 11b8e

Bahkan, warga dunia sempat digegerkan dengan penemuan 'wajah manusia' pada bebatuan di permukaan planet Mars pada tahun 1976 yang tentu saja salah satu dari fenomena Pareidolia.

Nah, sekarang sudah tahu kan, mengapa kita kerap melihat benda dan satwa yang memiliki pola tertentu - salah satunya wajah manusia? Bukan azab, apalagi kutukan!

Jangan lupa bagikan informasi ini ke teman-teman dan keluarga supaya tidak ada yang salah paham lagi, ya.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal