Akun YouTube Di Banned? Makanya Hindari 5 Hal ini

15 May 2017

Menjadi seorang YouTuber kini memang dilakoni oleh kebanyakan orang. Bukan tanpa alasan, menjadi seorang content creator di YouTube memang menjanjikan beragam keuntungan, di antaranya seperti penghasilan yang besar dan juga ketenaran. Namun, bukan berarti hal itu mudah dilakukan.

YouTube sendiri memiliki beragam peraturan ketat untuk para pemilik akun. Beberapa peraturan tersebut jika dilanggar memiliki konsekuensi yang tidak main-main, yakni antara akun Youtube di banned berwaktu atau bahkan permanen jika pelanggaran dirasa berat. Oleh karena itu, Jaka akan memberikan tips atau cara jika akun YouTube di banned dengan menghindari 5 hal dibawah ini!

Hindari 5 Hal Ini Kalo Nggak Mau Akun YouTube Di Banned!

1. Foto Profil dan Sampul

foto profil dan sampul

Mungkin ini terkesan sepele dan jarang diperhatikan oleh para YouTuber, khususnya pemula. Namun, hal ini bisa jadi batu sandungan kalau kamu sembarangan memakai gambar untuk profil dan sampul channel kamu. YouTube sangat tidak suka atas pelanggaran hak cipta, termasuk pada foto yang ada di akun kamu.

Oleh karena itu, biasanya para pengguna YouTube memasang foto dan sampul untuk channel mereka yang berasal dari pencarian google image. Padahal ini sangatlah dilarang di YouTube, karena dapat melanggar hak cipta. Maka dari itu, gunakanlah foto original atau gambar buatan kamu sendiri untuk kamu pasang di profil dan sampul channel milikmu.

2. Judul dan Thumbnail Video Tak Sesuai Isi

judul dan thumbnail

Ya, mungkin kamu pernah melihat video yang judul atau thumbnail-nya tak sesuai dengan isi video yang ada. Hal ini juga sangat dilarang keras di YouTube karena dianggap sebagai penipuan.

Memang dalam membuat judul dan thumbnail kita dituntut untuk semenarik mungkin agar orang mau menonton video buatan kita. Namun, kamu harus hati-hati karena jika tak sesuai dan terkesan hanya mengejar view, tinggal menunggu waktu, channel kamu akan segera di-banned oleh pihak YouTube.

3. Deskripsi yang Berlebihan

deskripsi

Mengejar SEO On page adalah syarat utama agar videomu bisa dengan mudah ditemukan dan banyak ditonton oleh orang-orang. Tentu, teknik ini menjanjikan, tapi kamu harus tetap hati-hati menggunakannya.

Beberapa kasus terjadi saat deskripsi video tak sesuai dengan isi video itu sendiri, di mana banyak kata-kata populer tersemat demi mengejar SEO. Hal ini memang membuat videomu mudah ditemukan, namun mudah juga untuk di-banned oleh YouTube. Ya, karena kata-kata yang tak sesuai dan berlebihan akan dianggap sebagai spam oleh YouTube.

4. Meta Tag Berlebihan

meta tag

Sama seperti deskripsi, Meta Tag pada video YouTube juga berguna agar video kamu mudah ditemukan dan bisa berada pada halaman pertama YouTube. Tapi, kini YouTube sangat memperketat aturan untuk bagian satu ini.

Ya, masih sama seperti halnya deskripsi, kamu tak boleh berlebihan dalam memasukkan tag hanya demi video kamu mudah ditemukan dan dapat banyak penonton. Karena tag yang berlebih atau bahkan melenceng dari isi video, akan dianggap spam oleh pihak YouTube, dan ganjarannya akun kamu tentu akan terkena banned.

5. Re-upload Video Milik Orang Lain

copyright

Seperti yang dikatakan pada poin pertama, YouTube sangat tidak menyukai pelanggaran hak cipta. Re-upload video tanpa seizin pemiliknya adalah hal yang bisa membuat kamu di-banned permanen oleh YouTube.

Sebaiknya jika kamu tetap ingin melakukan re-upload, mintalah izin pada pemilik video yang bersangkutan atau kamu bisa gunakan video dengan lisensi sumber terbuka. Selain itu, ada juga beberapa orang yang menyematkan cuplikan video orang lain, hal ini juga dikhawatirkan dapat mengundang 'badai' banned terhadap akun kamu. Lebih baik lakukanlah sedikit editing pada cuplikan video tersebut.

Ya, itulah cara jika akun YouTube kamu di banned, maka hindari 5 Hal di atas. Semoga hal ini bermanfaat untuk kamu yang tengah gencar mengunggah video di YouTube.

SUKA
0%
LUCU
0%
KAGET
0%
ANEH
0%
TAKJUB
0%
SEDIH
0%
MARAH
0%
TAKUT
0%

Tentang Penulis

Profile Picture
REPUTASI
KONTRIBUSI

Komentar