7 Hewan Paling Pintar di Dunia, Kemampuannya Bisa Menyaingi Manusia?

Sejauh ini, ilmuwan memperkirakan terdapat 8,7 juta spesies hewan di dunia sebagaimana dilansir BBC. Jenisnya pun beragam, mulai dari yang kecil dan imut, hingga yang dianggap sebagai makhluk paling berbahaya di Bumi.

Bukan hanya dari segi fisik, tingkat kecerdasan mereka juga berbeda. Sebagian hewan memiliki kecerdasan yang lebih tinggi dibanding spesies lainnya.

Bukan hewan yang hidup di laut dalam, hewan-hewan cerdas tersebut terhitung mudah untuk ditemui manusia, setidaknya di kebun binatang.

Mau tahu apa saja hewan paling pintar di dunia? Simak daftar dan penjelasan di balik kepintaran mereka berikut ini.

1. Orang Utan

Orang Utan 17bdf

Orang utan saat ini dianggap sebagai primata paling cerdas, mengalahkan simpanse. Mereka telah diajari menggergaji kayu, menggunakan palu untuk memaku, dan menyedot cairan melalui selang.

Meskipun hal-hal tersebut bisa dilakukan dengan hafalan, namun yang membuat orang utan dianggap pintar adalah kemampuan mereka memahami tujuan dilakukannya aktivitas tersebut.

Contohnya, seekor orang utan diajari cara membangun struktur sederhana menggunakan peralatan yang tersedia di alam liar. Ketika dilepas dari penangkaran, orang utan tersebut membangun struktur yang sama untuk berlindung dari hujan.

2. Lumba-lumba Hidung Botol

Bottlenose Dolphin Ca5e6

Lumba-lumba hidung botol memiliki pemahaman bahasa tingkat lanjut, membuat mereka mampu memahami isyarat, kata-kata umum seperti "bola", dan dapat merujuk pada kumpulan objek dengan karakteristik serupa.

Hewan yang sering dijadikan objek sirkus ini juga mengerti konsep numerik. Mereka memproses informasi secara akustik maupun visual yang memungkinkan mereka mengenali tampilan di layar TV.

Selain itu, mereka juga bisa memilih opsi "Aku tidak tahu" pada suatu tes yang sulit. Hal ini mengindikasikan konsep metakognisi yang merupakan indikator kesadaran diri tingkat tinggi.

3. Simpanse

Chimpanzee 8a37c

Pernah menonton Planet of the Apes (1968) yang menjadi film dengan teori sains paling akurat? Pada film tersebut, diperlihatkan bahwa para simpanse memiliki hierarki sosial yang lebih tinggi dibanding manusia.

Meskipun hal ini tidak terjadi di dunia nyata, namun tidak bisa dimungkiri bahwa mereka memang cerdas. Simpanse bisa melakukan tugas kognitif dan kreatif, serta memiliki daya ingat yang lebih baik dibanding hewan lain.

Selain itu, mereka juga bisa berkomunikasi dengan manusia menggunakan bahasa isyarat. Bahkan, pada 2006, ilmuwan menemukan fakta bahwa DNA simpanse 98% sama dengan manusia.

4. Gajah

Elephant C729c

Gajah terkenal dengan sifat altruisme karena akan melakukan segala cara demi melindungi anak-anaknya. Bukti lain kepintaran mereka adalah mengobati diri sendiri dengan mengunyah daun dari pohon tertentu ketika sakit.

Gajah juga bisa menguburkan sesamanya, sesuatu yang tidak dilakukan oleh spesies lain di Bumi selain manusia. Belalainya juga multifungsi dan bisa dilatih untuk digunakan melukis.

Kemampuan mereka dalam mengenali refleksi di cermin dan memahami bahwa itu adalah refleksi mereka sendiri menjadi bukti tambahan mengenai kecerdasan gajah.

5. Buruk Gagak

Crow 4062e

Burung yang sering muncul di film horor terseram karena sering dianggap sebagai pertanda buruk ini sebenarnya hewan yang pintar, lho. Mereka bisa berhitung, membedakan bentuk kompleks, dan melakukan observasi.

Jenis New Caledonian Crow bisa membuat semacam pisau untuk memotong daun dan rumput, serta kawat yang digunakan untuk meraih serangga dari tempat persembunyiannya.

Bukan hanya itu, burung gagak biasanya melemparkan kerang dan kacang ke jalanan dan menunggu mobil melindas makanan tersebut. Hal ini memudahkan burung gagak dalam membuka cangkang yang keras dan menikmati isi di dalamnya.

6. African Grey Parrot

African Grey Parrot 9ebb1

Nuri abu-abu Afrika adalah burung yang sangat ramah, pengasih, dan cerdas. Mereka mampu mempelajari ratusan kata dan suara. Beberapa ilmuwan mengatakan bahwa burung jenis ini sama pintarnya dengan anak berusia 5 tahun.

Salah satu African Grey Parrot yang paling terkenal adalah Alex yang menjadi bahan percobaan psikolog Irene Pepperberg selama 30 tahun. Hingga akhir hidupnya, Alex bisa mengidentifikasi 50 objek berbeda dan mengenali jumlah hingga 6.

Selain itu, dia bisa membedakan 7 warna dan 5 bentuk, serta memahami konsep lebih besar, lebih kecil, sama, berbeda, di atas, dan di bawah. Ia juga paham 150 kata dan menggunakannya untuk berkomunikasi, contohnya dengan mengatakan "Aku akan pergi" ketika ia merasa lelah diuji coba.

7. Babi

Pig D4a09

Sudah sejak lama babi dianggap lebih pintar dari anjing. Ironisnya, mereka juga salah satu hewan paling bersih di dunia. Seekor babi tidak akan mau buang air di dekat tempat tinggal mereka jika diberi pilihan.

Tidak kalah dengan manusia, induk babi juga bisa "bernyanyi" untuk anak-anaknya ketika sedang merawat mereka. Siapa sangka, babi juga mahir bermain video game yang sulit untuk anak-anak.

Sebagaimana primata dan hewan-hewan pintar lainnya, mereka belajar dari saling mengamati satu sama lain, bahkan sering mengakali temannya. Contohnya, seekor babi sering mengikuti babi lainnya ke tempat makan dan pada akhirnya justru merebut makanan tersebut.

Akhir Kata

Itu dia hewan-hewan yang dianggap paling pintar di dunia. Kecerdasan mereka yang di atas rata-rata hewan pada umumnya tentu menarik para ilmuwan untuk meneliti mereka lebih lanjut. Bukan tidak mungkin ditemukan kemampuan-kemampuan baru selain yang telah disebutkan di atas, kan?

Baca juga artikel seputar Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
1 Jam Di Luar Angkasa Berapa Tahun Di Bumi 883f9
7 Hal Aneh yang Dialami Astronaut di Luar Angkasa | UFO Ternyata Ada?
Makhluk Mitologi Islam 18d90
5 Hewan yang Awalnya Tidak Dipercaya Ada | Ada yang Asli Indonesia!
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Hal Haram Astronot Luar Angkasa
5 Hal Haram Dilakukan Astronot di Luar Angkasa, Padahal No.1 'Seru'
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal