J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Hewan yang Muncul Lagi Setelah Punah | Ada yang di Indonesia!

Sabtu, 23 Jan 2021, 19:00 WIB
Ternyata masih ada hewan yang muncul lagi setelah dinyatakan punah, bahkan beberapa di antaranya ditemukan di Indonesia! Simak selengkapnya di sini.

Ada banyak spesies hewan di dunia ini yang masuk dalam daftar terancam punah lantaran habitat mereka yang tergusur keberadaan manusia. Namun, ada juga hewan yang muncul lagi setelah dinyatakan punah.

Alam memang mempunyai misteri dalam mempertahankan siklus kehidupan di dalamnya. Tidak terkecuali hewan-hewan yang sudah dianggap punah tetapi kembali muncul berikut ini.

Hewan-hewan ini bisa dikatakan tergolong 'aneh', meski terlihat tidak jauh berbeda dari hewan yang biasa kita temui.

Agar kamu tidak penasaran, berikut ini Jaka sudah merangkum dengan lengkap daftar hewan yang muncul lagi setelah dinyatakan punah.

Kamu mungkin patut berbangga, lantaran beberapa hewan yang dulunya dianggap punah ini kembali ditemukan masih hidup di Indonesia!

Seperti beberapa waktu lalu jagat media sosial Tanah Air yang dihebohkan dengan keberadaan spesies 'baru' di dataran tinggi Papua dekat pertambangan milik Freeport.

Ternyata spesies ini bukan tergolong 'baru' bahkan disebut sebenarnya spesies kuno dan primitif yang kembali ditemukan. Kalau sudah penasaran simak artikel selengkapnya berikut ini.

1. Anjing Bernyanyi Papua

Hewan Yang Hampir Punah 2d446

Anjing liar dataran tinggi Papua yang beberapa waktu lalu viral di jagat media sosial Indonesia. Lantaran memiliki kemampuan yang unik, lolongannya yang terdengar seperti menyanyi.

Para ilmuwan sempat mengira spesies anjing ini benar-benar punah di alam liar. Namun, semua berubah di tahun 2016, ketika jejak kaki mereka ditemukan di dalam hutan dataran tinggi Papua.

Ekspedisi pun dilakukan dan tak lama kemudian para peneliti mendapatkan foto salah satu anjing di lokasi terpencil, jauh dari peradaban manusia. Menariknya, anjing yang difoto tersebut tampak hamil.

Artinya, terdapat lebih banyak lagi spesies anjing itu di lokasi tersebut. Spesies anjing ini dianggap sebagai spesies anjing paling kuno dan primitif yang ada saat ini.

Bahkan baru-baru ini dikabarkan Universitas Cenderawasih akan meneliti lebih jauh spesies tersebut dengan didukung oleh Freeport.

2. Takahe

Gambar Hewan Yang Sudah Punah Ff528

Takahe adalah spesies burung berwarna cerah yang diperkirakan telah punah pada tahun 1851. Burung itu secara resmi dinyatakan punah pada akhir 1800-an dan kebanyakan orang lupa bahwa spesies ini pernah ada.

Sampai Geoffery Orbell melakukan ekspedisi ke Pegunungan Murchison di Fiordland untuk menemukan burung itu pada tahun 1948. Tim ekspedisi menemukan jejak kaki, kemudian memotret, dan juga menangkap beberapa burung.

Mereka membuktikan kepada dunia bahwa burung ini belum punah. Meski burung tersebut memang masih terancam punah dan jumlah mereka makin menyusut hingga saat ini.

3. Petrel Bermuda

Hewan Yang Punah Di Tahun 2018 465aa

Cahow yang juga dikenal sebagai petrel bermuda adalah jenis spesies burung laut berhidung tabung. Mereka sangat jarang terlihat bahkan hingga saat ini.

Para pelaut Spanyol di tahun 1500-an menggunakan pulau-pulau Bermuda sebagai titik perhentian dan peristirahatan selama penjajahan suku Inca. Mereka sering kali mengandalkan petrel yang berlimpah untuk makanan.

Lantaran kolonisasi dan perusakan habitat aslinya tersebut. Burung-burung itu jumlahnya cepat menyusut dan akhirnya dinyatakan punah pada awal 1600-an.

Namun, 300 tahun kemudian ahli zoologi William Beebe mendapati seekor burung laut yang terluka yang ia identifikasi sebagai petrel bermuda. Beberapa tahun kemudian, dia memelihara burung dari jenis yang sama sebelum melepaskannya untuk rehabilitasi.

4. Coelacanth

Hewan Laut Yang Sudah Punah Di Indonesia 3bbbb

Coelacanth mungkin adalah spesies Lazarus (makhluk yang sudah menghilang) paling terkenal saat penemuannya pertama kali.

Ahli paleontologi dulu masih mengganggap jika spesies ikan ini sudah lama punah. Sampai pada tahun 1938, ikan tersebut tiba-tiba tersangkut di jaring ikan.

Seorang kurator museum bernama Marjorie Courtenay Latimer saat itu ditelepon untuk diminta datang melihat spesies ikan yang aneh tersebut.

Setelah memeriksa hewan sepanjang 150 cm itu, Marjorie sadar dirinya belum pernah melihat hewan ini dan memutuskan untuk berkonsultasi dengan rekan-rekannya.

Setahun kemudian, akhirnya disepakati bahwa ikan itu sebenarnya adalah seekor coelacanth! Hewan tersebut masih hidup hingga saat ini, tetapi ia menjadi makhluk laut dalam yang sukar ditemukan.

5. Monito Del Monte

Hewan Punah Yang Ditemukan Masih Hidup 180c6

Monito del monte adalah mamalia kecil yang berasal dari Chile dan Argentina. Meskipun hewan itu masih ada, banyak orang percaya bahwa spesies ini telah punah 40.000 tahun yang lalu.

Ilmuwan menyebut hewan ini sebagai fosil hidup, meskipun awalnya dianggap sebagai hewan pengerat. Hewan ini sebenarnya tergolong sebagai marsupial dengan garis keturunan yang berasal dari pertengahan Era Kenozoikum!

Bahkan populasi mereka tampaknya bertahan cukup baik, jadi mamalia kecil ini mungkin akan bertahan selama jutaan tahun yang akan datang.

6. Kadal Teror

Hewan Yang Belum Punah 0474b

Selain memiliki nama yang cukup 'mengagumkan', kadal teror atau yang dikenal juga sebagai terror skink memiliki masa lalu yang panjang dan misterius. Kadal ini ditemukan di Kaledonia Baru, dekat lepas pantai Australia.

Namun, hanya sedikit informasi yang didapat para ilmuwan mengenai reptil ini. Alasannya, para ilmuwan hanya pernah melihat salah satu dari reptil ini sebelumnya, pada tahun 1870.

Setelah itu hewan ini tidak pernah terlihat kembali, para ilmuwan berasumsi bahwa mereka telah punah. Namun, pada tahun 2003, para peneliti di pulau itu kembali menemukan, menangkap, dan memfilmkan salah satu kadal tersebut!

Setelah memastikan spesies ini masih ada. Mereka melepaskan hewan itu kembali ke habitatnya dan spesies tersebut sekarang terdaftar sebagai spesies yang terancam punah.

7. Tarsius Kerdil

Ikan Yang Sudah Punah 0edd1

Tarsius kerdil atau pygmy tarsier tergolong sebagai mamalia terkecil di dunia dan menjadi salah satu yang paling rentan punah. Panjangnya kurang dari 10 cm, beratnya 31 gram di usia dewasa, dan hanya tinggal di Indonesia.

Hewan ini sebelumnya terakhir terlihat di tahun 1930 dan para ilmuwan menyatakan spesies ini sudah punah. Hingga salah satu makhluk kecil itu akhirnya ditemukan di perangkap tikus pada tahun 2000!

Para ilmuwan memasang jaring dan berhasil menangkap beberapa yang hidup dan sejak itu mereka meneliti habitat dan jumlahnya. Upaya konservasi masih berjalan hingga sekarang lantaran masih sangat sedikit informasi yang didapatkan mengenai hewan ini.

Akhir Kata

Itu tadi deretan hewan yang muncul lagi setelah dinyatakan punah. Apakah ada hewan lainnya yang perlu ditambahkan ke dalam daftar ini?

Simak juga daftar hewan yang dulunya dianggap tidak ada oleh para ilmuwan bahkan dinilai sebagai mitos di artikel berikut:

Makhluk Mitologi Islam 18d90
5 Hewan Yang Awalnya Tidak Dipercaya Ada | Ada Yang Asli Indonesia!
Hewan yang awalnya tidak dipercaya ada oleh ilmuwan berikut ini membuktikan bahwa masih ada tempat di bumi yang menyimpan makhluk eksotis dan unik.
LIHAT ARTIKEL

Berikan komentar dan bagikan artikel ini ke teman-temanmu yang lainnya. Nantikan info dan kabar menarik lainnya di JalanTikus.com.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

ARTIKEL TERKAIT
Pageooo 8086d
8 Gorila di Kebun Binatang Ternyata Positif COVID-19, Kok Bisa?
Pandemi Covid19 2021 Bisa Lebih Buruk Dari 2020 41167
WHO: Pandemi COVID-19 di 2021 Bisa Lebih Buruk dari 2020
Sin133 F56ff
Vaksin COVID-19 Bisa Memperbesar Penis, Hoaks atau Bukan?
Lukisan345 3850a
Lukisan Goa Tertua di Dunia Ditemukan di Indonesia, Begini Penampakannya!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal