J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Haruskah Saya Mencabut Charger HP Ketika Tidak Digunakan?

Haruskah Saya Mencabut Charger HP Ketika Tidak Digunakan?

Kamis, 3 Nov 2016, 14:00 WIB
Pernahkah kamu berpikir, berbahaya gak sih mencolokkan charger smartphone secara terus menerus ke listrik bahkan ketika tidak digunakan? Apakah ada dampak buruknya, mulai dari komponen yang cepat rusak ataukah listrik yang semakin boros?

Pernahkah kamu berpikir, berbahaya gak sih mencolokkan charger smartphone secara terus menerus ke listrik bahkan ketika tidak digunakan? Apakah ada dampak buruknya, mulai dari komponen yang cepat rusak ataukah listrik yang semakin boros?

Melalui artikel berikut ini, kami akan membongkar dan menggali lebih lanjut mengenai dilemma yang melanda banyak orang tersebut. Haruskah saya mencabut charger HP ketika tidak digunakan? Baca hingga akhir artikel ini untuk mendapatkan jawabannya ya.

BACA JUGA
  • Hebat! Mahasiswi Ini Ciptakan Charger dari Cangkir
  • Buktikan Kecepatan dan Kualitas Charger Smartphone Kamu Disini!
  • Wow, Charger Ini Bisa Charge 10 Gadget Sekaligus

Haruskah Saya Mencabut Charger HP Ketika Tidak Digunakan?

Charger Hp 1
Sering kali kita melihat orang lain yang malas untuk mencabut charger HP dari stop kontak ketika baterai sudah terisi hingga penuh. Jangankan orang lain, kita sendiri acap kali lupa atau malas untuk mencabutnya kan. Lalu apakah ada dampak buruk dari kebiasaan jelek tersebut?

Orang-orang dari How-to Geek akhirnya menjawab pertanyaan tersebut dengan demonstrasi yang meyakinkan. Mereka memasang sebuah pengukur Watt yang bernama Kill a Watt untuk mengetahui, berapa sih daya yang dibutuhkan oleh sebuah charger ketika ia terpasang pada stop kontak. Praktek ini dilakukan untuk mengetahui, seberapa boros charger menyerap daya ketika tidak dicabut dari sumber listrik di rumah.

Hasilnya cukup mengejutkan. Sebuah charger yang dipasang sebagai alat tes dari percobaan ini tidak mengubah angka Watt yang tertera pada alat Kill a Watt tersebut. Namun mungkin itu hanya daya yang terlalu kecil dan tidak sanggup untuk ditampilkan oleh alat pendeteksi Watt tersebut. How-to Geek kemudian mencoba kembali dengan cara yang lebih ekstrim. Mereka mencoba memasang enam charger dari enam perangkat yang berbeda secara bersamaan demi mengungkap kembali berapa Watt yang dibutuhkan jika stop kontak terpasang oleh banyak charger.

Charger Hp 2
Wow, hasilnya juga masih di luar dugaan. Total Watt yang dibutuhkan oleh enam charger yang dipasang secara bersamaan tersebut hanya berjumlah 0,3 Watt saja. Boros? Nggak juga.

Vampir Daya Ternyata Hanya Mitos

Dulu ada istilah yang sering kali muncul di internet maupun di poster-poster yang terpasang di berbagai tempat, yaitu mengenai Vampire Power atau penyedot daya yang tidak kita sadari di rumah. Daya tersebut disedot melalui Charger-charger yang terpasang tanpa dipakai dan mereka akan mengonsumsi daya secara perlahan namun pasti.

Charger Hp 3

Ternyata melalui praktek ini akhirnya kita tahu, bahwa Watt yang dibutuhkan oleh charger ketika tidak digunakan rupanya kecil sekali. Jika kamu memang sayang dengan anggaran listrik di rumah, lebih baik untuk mencabut perangkat elketronik yang pasti-pasti aja deh, seperti kulkas atau AC ketika tidak digunakan.

Sumber: How-to Geek

Ampere Icon Icon
Ampere 2.13
Apps Productivity Braintrapp
DOWNLOAD

ARTIKEL TERKAIT
6 Teknologi Gagal Banner

6 Teknologi Canggih yang Gagal di Tahun 2015

Foto Aneh

15 Foto dengan Ekspresi Paling Menarik yang Pernah Ada di Internet

Youtube Viral Videos Banner

10 Video YouTube Paling Viral Selama Tahun 2015

Anime Seksi

21+ Ilustrasi Tokoh Anime yang Disulap Menjadi Super Seksi

Adobe Samsung

5 Nama Perusahaan Teknologi yang Selalu Salah Sebut

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Dbs Icon
DU Battery Saver
Apps DU APPS Studio
Avast Battery Saver Icon Icon
Avast Battery Saver 1.0.861
Apps Avast Software
Go Battery Saver Icon
GO Battery Saver & Power Widget 4.31.1
Apps GO Launcher EX
Logo Wakelock
Wakelock Detector-Save Battery 1.6.1
Apps UzumApps
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal