J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Harta Karun Tak Ternilai yang Belum Ditemukan, Hilang Selamanya?

Sabtu, 30 Jan 2021, 19:00 WIB
Dari banyaknya harta karun di dunia, 5 harta ini belum ditemukan bahkan setelah berabad-abad. Berupa apa sajakah harta karun itu?

Sejak zaman dahulu hingga hari ini, tentu kamu banyak mendengar cerita dan legenda mengenai harta karun sangat berharga yang berasal dari seluruh dunia hilang tanpa jejak.

Berbagai harta karun ini berasal dari garis waktu sejarah yang berbeda-beda dan raib secara misterius - entah terkubur di lokasi tersembunyi, dicuri, atau menghilang begitu saja.

Tak diragukan lagi, berbagai harta karun tersebut akan mengubah sejarah dan menjadi sumber pengetahuan bagi kita semua, tapi sayangnya harta-harta tersebut tak pernah ditemukan bahkan setelah berabad-abad pencarian harta karun dilakukan.

Sebenarnya banyak sekali lho, harta karun dunia yang hilang. Tapi, ada beberapa yang memiliki arti khusus bagi sejarah. Apa saja, ya?

1. Amber Room

Bernsteinzimmer03 C87a6

Selama Perang Dunia II, Nazi menyembunyikan banyak harta karun, menimbun barang-barang yang mereka curi dari seluruh dunia.

Sama halnya dengan dengan Amber Room, salah satu harta yang hilang pada periode itu.

Ruangan yang terletak di Istana Catherine di St. Petersburg itu dihiasi dengan warna kuning yang bersinar dan bernilai uang itu dijarah oleh Nazi selama perang meletus.

Meskipun ukurannya sangat besar, namun tidak ada yang dapat menemukan keberadaan ruangan itu dan apa saja yang ada di dalamnya.

2. Harta Ksatria Templar

Knights Templar Battle 3326c

Pada abad pertengahan, perkumpulan bernama The Knights Templar ini adalah salah satu yang paling rahasia dan keberadaannya dalam sejarah menjadi menarik bagi banyak kalangan di masa kini.

Saking antusiasnya, ada sebuah golongan yang berfokus memburu harta karun yang dijarah perkumpulan tersebut. Konon, harta tersebut bernilai sekitar USD1 miliar.

Harta karun yang terdiri dari emas, perak, permata mahkota, dan berbagai dokumen keagamaan sensitif tersebut dilaporkan hilang tak berbekas sejak abad ke-14.

Banyak yang percaya bahwa perkumpulan Ksatria Templar masih ada dan berkumpul di sekitar Yerusalem.

3. Peking Man

Peking Man D04dd

Bukan berupa perhiasan berharga, Peking Man adalah harta berbentuk tulang prasejarah manusia yang ditemukan di sebuah penggalian arkeologi pada tahun 1927 silam.

Fosil Homo erectus yang ditemukan di Beijing, Cina itu hilang selama Perang Dunia II di Cina pada tahun 1941 ketika Korps Marinir AS memindahkannya ke kapal untuk dibawa menuju Amerika Serikat.

Padahal, saat itu para arkeolog nyaris menemukan seluruh tubuh yang berasal dari 750.000 tahun lalu. Diduga, harta ini turut tenggelam di kapal Awa Maru pada 1945.

4. Perhiasan King John

British King John Google Art Project 03c8f

Raja John dari Inggris (1166 - 1216) dikenal gemar mengoleksi perhiasan dan lempengan emas. Tak heran jika ia memiliki koleksi yang tak terhitung jumlahnya.

Pada tahun 1216, sang raja melakukan perjalanan ke Lynn di Norfolk di daerah yang disebut the Swamp karena terdiri dari daerah rawa berbahaya yang luas.

Di sana, Raja John terjangkit disentri sehingga memutuskan untuk kembali ke Kastil Newark untuk berobat. Ia dan rombongannya pulang lewat rute yang aman meski membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mencapai istana.

Sayangnya, raja dan rombongannya itu hilang dan tak pernah ditemukan lagi, termasuk perhiasan yang dibawanya dalam kereta yang ditumpanginya.

Raja John ditemukan meninggal beberapa hari kemudian dan hartanya hilang. Kira-kira, harta itu hilang ke dalam rawa-rawa atau karena dicuri kerabatnya sendiri, ya?

5. Makam Genghis Khan

Genghis Khan 70afb

Kematian tokoh sejarah dari Mongolia ini diselimuti misteri, bahkan penyebab kematiannya pada musim panas 1227 tersebut masih belum diketahui hingga sekarang.

Ada spekulasi bahwa ia meninggal akibat luka yang didapatnya selama pertempuran, atau luka akibat terjatuh dari kudanya seperti yang dikatakan Marco Polo.

Sesuai keinginannya sendiri, Genghis Khan dimakamkan di kuburan tanpa tanda di Pegunungan Burkhan Khaldun, Mongolia.

Segala cara diketahui dilakukan untuk menutupi lokasi pasti makam tanpa nisan maupun mausoleum itu, bahkan konon katanya setiap tentara yang terlibat dalam penguburan tersebut dibunuh untuk menjaga kerahasiaan lokasi.

Setelah penelitian dan penggalian berabad-abad, tidak ada jejak kuburan yang berhasil ditemukan. Lahan di sekitar makam misterius Genghis Khan pun ditutup untuk umum dan dilindungi tentara hingga saat ini.

Akhir Kata

Sejumlah harta karun di atas hanyalah secuil dari banyak harta di dunia ini yang tak terhingga nilainya dan juga tak pernah diketahui keberadaannya.

Tak selalu berbentuk emas berlian, barang-barang berharga yang mampu membawa kita mengikuti jejak-jejak sejarah ini juga akan mampu memberi titik terang akan berbagai peristiwa bersejarah di masa lampau.

Menurutmu, apakah harta karun tersembunyi yang ada di dunia akan dapat ditemukan suatu saat nanti?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Harta Karun Dibelakang Rumah Banner
5 Harta Karun yang Ditemukan Di Belakang Rumah, Nomor 2 Paling Wow
Inovasi Drone Paling Unik Banner 0a89f
7 Inovasi Drone Ini Sangat Unik dan Tidak Biasa, Bisa Cari Harta Karun!
445671 Picsay B6c17
7 Harta Karun Melegenda yang Hingga Kini Masih Terus Diburu
10 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa Belajar Sejarah Gak Pake Ngantuk 930d3
10 Film Sejarah Terbaik Sepanjang Masa, Belajar Sejarah Gak Pake Ngantuk!
Gambar Sejarah Banner
20 Foto Bersejarah yang Pasti Belum Pernah Kamu Lihat
Bencana Alam Paling Mematikan Dalam Sejarah Banner Ffbc2
5 Bencana Alam Paling Mematikan Dalam Sejarah, Banyak Korban Berjatuhan!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal