Peringatan Hari Kanker Anak Sedunia 2021, Yuk Berpartisipasi!

Senin, 15 Februari 2021 merupakan Hari Kanker Anak Sedunia yang ke-19. Sejak tahun 2002, tanggal tersebut telah menjadi kolaborasi internasional yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran mengenai kanker anak serta memberi dukungan untuk anak penderita kanker, penyintas, serta keluarga mereka.

Peringatan yang secara internasional disebut International Childhood Cancer Day (ICCD) ini pertama kali dicanangkan oleh sebuah organisasi bernama The International Confederation of Childhood Cancer Parent Organization yang kini telah berubah nama menjadi Childhood Cancer International.

Acara tahunan yang didukung oleh jaringan global di hampir 100 negara di 5 benua ini berencana untuk menyebarkan dukungan bahwa setiap anak berhak untuk mendapatkan perawatan kanker yang terbaik tanpa memandang negara asal, ras, atau kelas sosial dan ekonomi mereka.

Menurut Pan American Health Organization (PAHO), kanker merupakan penyebab utama kematian anak-anak dan remaja di seluruh dunia dengan 400.000 diagnosis kanker di seluruh dunia setiap tahunnya.

Tingkat kelangsungan hidup pengidap kanker anak pun belum merata. Di negara maju, harapan hidup memang tinggi yakni 80%, tapi di negara berkembang, harapan hidup rata-rata hanya sebesar 20%.

Hari Kanker Anak Sedunia 2021 69a78

Maka dari itu, World Health Organization (WHO) memiliki target yang dituangkan dalam sebuah program bernama Global Initiative for Childhood Cancer Initiative (GCCI).

Target tersebut adalah untuk mencapai setidaknya 60% kelangsungan hidup pada penderita kanker anak di seluruh dunia pada tahun 2030.

Untuk mencapai hal ini, WHO berharap negara-negara di seluruh dunia dapat meningkatkan kapasitas dalam hal pelayanan dan prioritas.

WHO juga meluncurkan paket teknis bernama CureAll untuk memandu negara-negara di dunia dalam mencapai GCCI. CureAll rencananya akan dirilis bertepatan dengan Hari Kanker Anak Sedunia pada 15 Februari 2021.

Dengan diagnosis yang tepat, kematian akibat kanker pada anak dapat dikurangi - tentunya dukungan fasilitas dan pengobatan yang memadai juga diperlukan agar anak-anak penderita kanker dapat bertahan hidup.

Kanker Anak di Indonesia

Yayasan Kanker Anak Indonesia 0374a

Menurut Yayasan Onkologi Anak Indonesia (YOAI), di Indonesia sendiri ada sekitar 11.000 anak yang didiagnosa mengidap kanker setiap tahunnya, dengan 650 diantaranya terjadi di Jakarta.

Sebagian besar dari anak-anak tersebut berasal dari keluarga tidak mampu. Jenis kanker yang paling banyak dijumpai adalah leukemia, yang mencapai lebih dari 50% dari total kasus, dan retinoblastoma yang menyerang mata.

Dilansir dari Hello Sehat, Kementerian Kesehatan melaporkan pada tahun 2015 bahwa sekitar 59% anak-anak pengidap kanker menderita masalah mental, sementara itu 15% di antaranya mengalami gangguan kecemasan, 10% anak mengalami depresi, dan 15% anak mengalami post traumatic stress disorder (PTSD).

Karena itulah dukungan dari orang-orang sekitar sangat penting bagi anak-anak yang harus hidup berdampingan dengan kanker.

Kondisi psikologis yang baik diharapkan dapat meningkatkan harapan hidup anak-anak dengan kanker hingga mencapai kesembuhan.

Kampanye 2021

Hari Kanker Anak Sedunia 23392

Tentunya Hari Anak Sedunia membutuhkan lebih banyak kesadaran dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk kamu.

Jika kamu ingin memberikan dukungan secara langsung, kamu bisa berpartisipasi secara langsung sesuai dengan tema tahun ini, yaitu #throughourhands .

Tak perlu susah-susah, kamu juga bisa ikutan event Drawing on Handprint yang dilaksanakan secara online. Setelah itu, kamu tinggal mengunggah foto dengan frame yang disediakan CCI ke berbagai kanal sosial media seperti Instagram dan FB, tak lupa menyertakan hashtag tertentu.

Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik >>>di sini<<<.

Yuk, sebarkan kesadaran lebih untuk Hari Anak Sedunia dan ciptakan harapan bersama-sama!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal