J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

11 Hal yang WAJIB Kamu Lakukan Pada Laptop Baru, Nomor 4 Paling Penting

11 Hal yang WAJIB Kamu Lakukan Pada Laptop Baru, Nomor 4 Paling Penting

Kamis, 12 Okt 2017, 14:00 WIB
Jika kalian berencana ingin membeli laptop baru sebaiknya harus memperhatikan beberapa hal agar laptop yang ingin kalian beli tidak mengecewakan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan pada laptop yang baru dibeli.

Beberapa orang mengatakan bahwa laptop tidak diperlukan lagi karena menurut mereka laptop kurang portabel daripada tablet dan kurang kuat daripada PC desktop. Padahal, faktanya laptop sangat membantu di suatu kondisi tertentu. Terutama jika kalian adalah seorang pelajar, kalian pasti akan sangat membutuhkan laptop.

Bagi pekerja yang tidak sering berada di dalam ruangan juga akan sangat membutuhkan laptop. Nah, jika kalian berencana ingin membeli laptop baru, sebaiknya harus memperhatikan beberapa hal agar laptop yang ingin kalian beli tidak mengecewakan. Berikut adalah beberapa hal yang harus kalian lakukan pada laptop yang baru beli.

BACA JUGA
  • 15 Game PC Ringan RAM 2GB dengan Grafis Terbaik di 2019 | Laptop Kentang Pasti Ngangkat!
  • Cara Main Game Android di PC atau Laptop Tanpa Lambat Meski RAM 1GB

11 Hal yang WAJIB Kamu Lakukan Pada Laptop Baru, Nomor 4 Paling Penting

1. Update Sistem Operasi

D5e4320e2e7f324a2b75fa91909ef93b

Entah kalian membeli laptop di mana, kemungkinan besar karena kalian benar-benar sangat membutuhkannya dan pasti kalian ingin laptop tersebut bisa awet dalam waktu panjang. Nah, oleh karena itu, laptop yang kalian miliki tidak akan mengalami permasalahan jika kalian rutin memperbaruinya, dan pastinya pembaruan pada sistem operasi lebih penting dari yang selama ini kalian perkirakan.

Bagaimana cara update sistem operasi? Berikut ini caranya:

  • Pada Windows, aktifkan Windows Update.
  • Di Mac, ikuti pembaruan perangkat lunak saat ada pemberitahuan.
  • Di Linux, update lebih banyak untuk kepentingan daripada keamanan, namun tetap penting. Pelajari terlebih dahulu tentang mengelola dan memperbarui paket perangkat lunak serta memperbarui kernel Linux.
  • Di Chrome OS, semuanya ditangani di background dan tidak terlihat oleh pengguna. Kapan pun kalian tersambung ke Wi-Fi, Chrome OS akan selalu memeriksa pembaruan dan mendownload apa pun yang ditemukan.

2. Hapus Bloatware

08a586ce2595b184ba75f33013400dbb

Bloatware adalah perangkat lunak yang tidak diinginkan atau tidak diperlukan bagi kebanyakan pengguna. Aplikasi ini jarang digunakan dan membuang banyak ruang drive yang berharga. Ada cara termudah untuk membersihkan bloatware pihak ketiga yakni dengan memasang salah satu aplikasi khusus, misalnya seperti aplikasi Bulk Uninstaller.

Aplikasi tersebut akan memindai seluruh aplikasi yang telah terinstal pada sistem dan kalian juga harus menghapusnya jika aplikasi tersebut tidak lagi diperlukan. Pastikan kalian juga memeriksa terlebih dahulu aplikasi-aplikasi yang kalian butuhkan sebelum benar-benar menghapusnya!

3. Install Software Antivirus

529ed79f532e721ab18a925e12d8e4c7

Semua laptop membutuhkan perangkat lunak antivirus, bahkan untuk Mac dan Linux! Mitos yang mengatakan jika Windows adalah satu-satunya sistem operasi yang tidak aman itu tidak sepenuhnya benar. Itu sebabnya Jaka merekomendasikan kalian untuk memasang perangkat lunak antivirus, khususnya pada perangkat laptop yang baru. Jika kalian tidak menginginkan antivirus yang terus berjalan di background secara real-time, maka kalian bisa memiliki antivirus MalwareBytes yang dapat memindai komputer kalian setiap seminggu sekali.

4. Install Software Anti Pencurian

1041eaae465afbb8aade61b2a308ad18

Pencurian laptop adalah salah satu hal terburuk yang bisa saja terjadi. Kalian tidak hanya kehilangan perangkat, tapi semua data penting di dalamnya, dan setelah diambil sudah pasti laptop kalian kemungkinan tidak akan kembali.

Beruntungnya, pada sistem operasi Windows 10 memiliki built-in fitur keamanan yang disebut ** Find My Device ** yang bisa menemukan laptop kalian jika dicuri atau hilang. Jika kalian tidak menyukai fitur itu, atau saat ini kalian menggunakan produk Mac atau Linux, maka kalian dapat menggunakan versi gratis seperti aplikasi Prey (yang juga mendukung perangkat mobile Android dan iOS).

5. Optimalkan Pengaturan Daya

Aa93d7d38ea10b38da4d3b266bfa8eb1

Jika kalian lebih sering menggunakan laptop saat bepergian, maka yang harus menjadi prioritas adalah memaksimalkan masa penggunaan baterai. Beberapa tweak sederhana mengklaim dapat menghemat penggunaan baterai antara enam jam dan sembilan jam per charge.

Pertama, kurangi kecerahan display. Juga pertimbangkan untuk menggunakan mode Sleep atau Hibernate karena hal ini dapat menghemat banyak masa pakai baterai saat bepergian.

Untuk yang lebih sering internetan, cobalah gunakan browser yang menawarkan penghematan daya, contohnya adalah browser Opera. Karena browser ini sudah dilengkapi dengan mode hemat baterai, tidak seperti kebanyakan browser lainnya.

6. Mengatur Backup Otomatis

69b345a6c61559c9f9b3c4bd223a1482

Bayangkan apabila enam bulan dari sekarang kalian akan mengalami hal ini, seperti laptop yang penuh dengan dokumen, file proyek, presentasi, dan semua jenis data pribadi lainnya. Kemudian laptop kalian secara tiba-tiba crash dan semua file itu hilang untuk selamanya.

Nah, hal itu tidak akan terjadi jika kalian menyiapkan sistem backup dari sekarang selagi bisa. Beruntungnya, pada Windows 10 memiliki beberapa metode backup built-in yang telah ditingkatkan lebih baik, seperti System Restore, Backup and Restore, Recovery Drive Creator, dan banyak lagi.

Juga pada Mac yang memiliki fitur Time Machine. Linux juga memiliki sejumlah alat dan utilitas aplikasi backup bagus yang dapat menyelamatkan data kalian dengan mudah.

7. Set Up Cloud Storage dan Sinkronisasi

0fbcc954cdd3afd2182cf7508030373a

Cloud storage adalah cara terbaik untuk membuat data kalian bisa diakses di mana pun kalian berada, bahkan bisa berfungsi sebagai sistem semi-backup. Apa itu cloud storage? Pada dasarnya, cloud storage adalah penyimpanan file dengan cara sinkronisasi file yang ada di laptop kalian dengan server.

Jika seandainya laptop kalian pernah rusak atau dicuri, maka file kalian sampai kapan pun akan tetap aman di cloud storage. Tiga layanan cloud storage terpopuler saat ini adalah Dropbox, Google Drive, dan OneDrive. Mereka masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, tapi semuanya menawarkan banyak fitur gratis, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba semuanya yang paling kalian sukai.

8. Meminimalisir Kerusakan Akibat Panas

A3a6061c0a8b46d2c836765a9a7605a9

Jangan lupa bahwa laptop lebih rentan terhadap panas dibanding PC desktop dan tablet. Casis desktop cukup besar untuk ventilasi dan tablet tidak perlu khawatir dengan penumpukan debu, sedangkan laptop memiliki sirkulasi udara yang buruk dan banyak titik yang jika dibiarkan akan menyebabkan debu menumpuk.

Kelebihan panas dapat menyebabkan CPU kalian mengalami penurunan performa, yang berarti kinerja sistem menjadi melambat. Kelebihan panas juga bisa mempersingkat masa pakai harddisk internal dan menyebabkan baterai kehilangan total kapasitas pengisian.

9. Sesuaikan Pengaturan Sistem

5c96524e66499da25681d957d0894d7d

Lakukan beberapa pengaturan pada sistem laptop yang baru kalian beli. Kalian bisa memulai dengan men-tweak tema sistem, wallpaper desktop, tata letak taskbar, dan lain-lain yang mungkin kalian perlukan.

10. Pasang Aplikasi Favorit Kalian

0e50ca95c8dbf309ba888ef9e800207f

Setelah mengikuti beberapa poin di atas, sekarang laptop kalian bersih dan siap untuk digunakan, saatnya untuk menginstal semua aplikasi yang diperlukan. Gunakan aplikasi installer khusus agar dapat menginstal banyak aplikasi dengan mudah, salah satunya yang dapat kalian coba adalah aplikasi Ninite.

Ninite membuat file installer kustom berdasarkan pada puluhan aplikasi populer yang bisa kalian pilih. Kemudian instal semuanya menggunakan satu file installer tunggal. Pastikan untuk menyimpan file mentahan installer, hal ini agar kalian tidak harus selalu download installer tersebut jika kalian ingin menggunakan aplikasi yang pernah di-uninstall.

11. Mulai Menggunakan VPN Sekarang Juga

1a50b1c190eac2e73bed795da9e32f99

Virtual private network (VPN) merupakan aplikasi untuk mengenkripsi koneksi kalian, melindungi laptop dari penyadapan, memungkinkan kalian untuk mengakses konten yang diblokir, dan dengan VPN akan menyulitkan hacker untuk melacak aktivitas web kalian. Tapi, apakah penggunaan VPN selalu aman? Tentu tidak, khususnya jika kalian menggunakan VPN yang sifatnya gratisan.

Karena VPN gratisan memiliki risiko dan biasanya ada harga yang harus dibayar oleh pengguna, yaitu masalah keamanan. VPN Gratisan bisa menjual data pelacakan web kalian kepada pihak ketiga untuk membiayai operasional mereka dan sebagainya. Maka dari itu, berhati-hatilah jika ingin menggunakan VPN yang sifatnya gratis.

Itulah 11 hal yang wajib kalian lakukan setelah membeli laptop baru. Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu sudah melakukan hal-hal tersebut pada laptop baru kamu? Siakan bagikan pengalaman kamu setelah membeli laptop baru di kolom komentar di bawah ini ya.

Tags Terkait:

APPS TERKAIT
Mobile Legends Bang Bang Icon
Mobile Legends: Bang Bang 1.4.52.4885
Games Moonton
Jalantikus Icon
JalanTikus 2.5.2
Apps JalanTikus.com
Babe Baca Berita Indonesia Icon
Babe - Baca Berita 7.6.2
Apps Mainspring
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Waspada! 6 Hal Ini Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

Waspada! 6 Hal Ini Wajib Dilakukan Setelah Membeli Laptop Baru

5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Dicuri

5 Aplikasi untuk Melacak Laptop yang Dicuri

12 Tips Penting Membeli Laptop Berkualitas yang Cocok Buat Kamu

12 Tips Penting Membeli Laptop Berkualitas yang Cocok Buat Kamu

Cara Mudah Melacak Laptop yang Hilang atau Dicuri

Cara Mudah Melacak Laptop yang Hilang atau Dicuri

Tags Terkait:

Tunggu sebentar...

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal